11.11.17

Berpetualang Menjelajahi Objek Wisata Lava Tour Merapi Jogja

Gunung Merapi adalah salah satu objek wisata paling populer di Yogyakarta. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Yogyakarta untuk mendaki salah satu gunung api paling aktif di Indonesia ini hhe.. Namun, tidak semua orang suka mendaki gunung, karena mendaki gunung itu repot dan butuh waktu, kesabaran, serta stamina. Nah untuk kalian yang tidak suka naik gunung, masih ada cara lain untuk menikmati keindahan Gunung Merapi yaitu melalui Lava Tour.
Lava Tour Gunung Merapi bukan tour melewati lava gunungapi yang menyala-nyala, tapi kalian justru akan dibawa keliling-keliling menggunakan jeep menikmati suasana pegunungan yang sejuk di kaki Gunung Merapi, jadi kalian gak perlu khawatir karena lava tour ini sama sekali tidak berbahaya. Hhehe
Sudah ada banyak agensi di Yogyakarta yang menawarkan jasa lava tour ini, dan paket yang ditawarkan pun beragam tergantung panjang jalur dan banyaknya lokasi wisata yang dikunjungi, sehingga harganya juga bervariasi. Untuk Paket short harganya sekitar Rp350.000,00. Paket medium sekitar Rp450.000,00 dan Paket long Rp550.000,00. Untuk lokasi wisata yang dikunjungi tentunya akan lebih banyak jika kamu mengambil paket long, tetapi hanya selisih 1 atau 2 lokasi saja, dengan paket short pun kalian sudah bisa menikmati lokasi wisata utama yang ditawarkan lava tour. Oiya, biasanya agensi-agensi lava tour juga menawarkan paket sunrise lho dengan harga sekitar Rp400.000,00. Saran saya kalau mau mencoba lava tour lebih baik dilakukan pagi hari, karena kalau sudah siang sinar mataharinya lumayan menyengat hhe. Selain itu jangan lupa bawa baju ganti karena nanti kalian akan basah-basahan. Perhatikan pula cuaca, pastikan cuacanya cerah karena dengan begitu Gunung Merapi akan terlihat dengan jelas, jangan saat mendung, kalau mau ekstrim sekalian kalain bisa coba waktu hujan, lebih terasa petualangannya, tapi ingat jangan saat mendung.
Nah berikut adalah beberapa lokasi wisata yang pasti dikunjungi saat lava tour:

1. Kali Opak​ atau Kali Kuning

Seperti kubilang sebelumnya kalian akan basah-basahan, nah biasanya basah-basahannya ini saat kalian melewati Kali Opak atau melewati Kali Kuning. Saking asiknya basah-basahan saya lupa foto, jadi saya ambil dari blog sebelah nih ​https://lavatourmerapi.co/
Lava Tour Melewati Sungai


2. Museum Mini Sisa Hartaku

Nah kalau di sini nanti kalian akan dibawa melihat-lihat barang-barang yang hangus terbakar akibat erupsi merapi serta foto-foto yang diambil pasca erupsi. Kalian bisa belajar dari sejarah di sini, edukatif banget!
Museum Sisa Hartaku


3. Kaliadem dan Bunker Merapi

Di Kaliadem ini kalian bisa foto-foto dengan latar belakang Gunung Merapi. Di sini juga terdapat Bunker Merapi yang menelan 2 korban saat berlindung di dalamnya pada saar erupsi Gunung Merapi pada tahun 2006.  Di sisi barat Kaliadem ini juga ada makam Mbah Maridjan, biasanya lava tour juga melewati lokasi ini.
Kaliadem


Oke.. itu dia tempat-tempat yang biasanya dikunjungi saat lava tour Merapi. Oiya, untuk kalian yang bisa mengendarai sepeda motor kalian juga bisa menyewa motor trail lho, saya yakin pasti gak kalah asyik dan nuansa berpetualangnya lebih terasa, tapi hati-hati ya, perhatikan keselamatan. Untuk biaya sewa motor trail ini biasanya sekitar Rp250.000,00 an untuk 3 jam.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post


EmoticonEmoticon

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner