30.10.16

Keadaan Fisik India

Negara India merupakan salah satu negara yang terletak di Asia selatan yang yang berupa semenanjung dengan garis pantai sepanjang 7.000 km dan merupakan bagian dari anak benua India. Letak astronomis India berada pada 8º LU - 37º LU dan 68º BT - 97º BT dengan luas wilayah negara yaitu 3.316.500 km2. India adalah letak dari peradaban kuno seperti Peradaban Lembah Sungai Indus dan merupakan tempat kelahiran dari empat agama utama dunia yaitu Hindu, Budha, Jainisme, dan Sikhisme. Negara ini merupakan bagian dari Britania Raya sebelum meraih kemerdekaan pada 1947. Selama kurang lebih 300 tahun India dijajah oleh Inggris. Lalu pada tanggal 15 Agustus 1947 India memperoleh kemerdekaannya yang pada saat itu India masih bersatu dengan Pakistan. Kemerdekaan India berselang dua tahun dua hari dari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekarang mayoritas penduduk India beragama Hindu yang beribukota di New Delhi berpisah dengan Pakistan yang mayoritas penduduknya beragama Islam yang beribukota di Islamabad. 
Batas – batas Negara di India yaitu: 
• Utara berbatasan dengan Nepal, Bhutan, dan Cina. 
 • Timur berbatasan dengan Bangladesh, Myanmar, dan Teluk Benggala. 
• Selatan berbatasan dengan Sri Langka dan Samudera Hindia. 
• Barat berbatasan dengan Pakistan dan Laut Arab. 

Berdasarkan bentang alamnya, wilayah di India dapat dibagi menjadi 5 yaitu:
 a. Seluruh negara-negara bagian India di Utara dan Timur laut dibentuk oleh Banjaran daerah pegunungan Himalaya. Di daerah ini terdiri dari pegunungan dan dataran tinggi. 
b. Dataran rendah Gangga di Tengah yang merupakan wilayah hamparan Indo-Gangetik yang subur karena dilalui oleh Sungai Gangga dan Sungai Bharma Putra sehingga menjadi daerah pertanian dan terpadat penduduknya. 
c. Semenanjung India di selatan. Semenanjung India di selatan hampir seluruhnya merupakan bagian dari hamparan Dekan (Plato Deccan). 
d. Di sebelah Barat dan Timur terdapat sisi hamparan yang terdiri dari dua banjaran pesisir yang berbukit-bukit yaitu Pegunungan Ghats Barat dan Ghats Timur. 
e. Di sebelah barat yang berbataskan Pakistan tenggara terdapat Gurun Thar. 

India memiliki beberapa sungai besar seperti Sungai Gangga, Sungai Brahmaputra, Sungai Yamuna, Sungai Godavari, dan Sungai Krishna. Sungai-sungai tersebutlah yang menyebabkan suburnya hamparan-hamparan di sebelah utara India sehingga cocok untuk ditanam. Sungai-sungai besar India juga dapat dijadikan transportasi antara lain Sungai Gangga, Sungai Indush, dan Sungai Brahma Putra. Hutan yang ada di India adalah Hutan Tropis, Hutan Musim, dan sabana dan stepa. Cuaca India adalah iklim muson tropika. ada 3 musim utama yang dapat dibedakan dengan jelas yaitu:
a. Musim dingin (Oktober-Februari) Suhu udara berkisar 240-270 C di sebelah selatan sedangkan di bagian utara rata-rata 150 C. Musim dingin ditandai dengan kemarau hampir di seluruh India, kecuali bagian tenggaranya yang dipengaruhi angin tenggara dari teluk Benggala. 
b. Musim panas (Maret-Mei) Di beberapa tempat suhu mencapai 350-500 C. Angin bertiup dominan dari timur laut. 
c. Musim hujan (Juni-September) Suhu udara rata-rata 300 C. Saaat itu angin bertiup dari barat daya., menjatuhkan hujan di pantai Malabar, Assam, Lembah Gangga dan Himalaya
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post


EmoticonEmoticon

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner