k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK
Bookmark

Geografi Benua Afrika

Benua Afrika adalah benua terbesar ketiga setelah Asia dan Amerika. Berdasarkan kepadatan penduduknya, benua Afrika menempati urutan ketiga setelah Asia dan Eropa. Benua Afrika juga disebut dengan julukan Benua Hitam, karena mayoritas penduduknya berkulit hitam.

Gambaran Umum Benua Afrika

Peta Benua Africa

1. Luas Wilayah Benua Afrika.
2. Luas benua Afrika kurang lebih 30.295.000 km2.
3. Letak Astronomis Benua Afrika.
4. Benua Afrika terletak antara 380 LU-350 LS dan 170 BB-510 BT.
5. Letak Geografis Benua Afrika. Menurut letak geografisnya benua Afrika terletak antara Samudera Hindia dan Samudera Atlantik.
6. Batas-batas wilayah Benua Afrika. Batas-batas benua Afrika adalah sebagai berikut:
a. Utara : Laut Tengah.
b. Timur : Laut Merah dan Samudera Hindia.
c. Selatan : Samudera Hindia dan Samudera Atlantik.
d. Barat : Samudera Atlantik.
7. Bentang Alam Benua Afrika.
Daerah Afrika terdiri dari Pegunungan tinggi, Gurun, Lembah, dan daerah depresi. Pegunungan di selatan dan timur, lebih tinggi dari pegunungan yang ada di utara dan barat. Gunung tertinggi adalah G. Kilimanjaro (6.010 m) yang terletak di Tanzania. Di Afrika utara terdapat gurun Sahara, yang merupakan gurun terluas di bumi. Sungai yang terdapat di Afrika antara lain adalah sungai Nil, yang merupakan sungai terpanjang di bumi (6.690 km). Di Afrika terdapat beberapa danau yang besar antara lain danau Victoria, danau Tanganyika, dan danau Malawi.

Iklim di Benua Afrika.

Secara umum iklim di Afrika dapat dibagi menjadi beberapa wilayah:
Daerah beriklim tropis. Meliputi Afrika tengah dekat Khatulistiwa.
Daerah beriklim Sub Tropis. Ada di ujung utara dan selatan Afrika.
Daerah beriklim darat atau gurun. Ada di Afrika utara bagian tengah.
Flora dan Fauna.
Tumbuhan-tumbuhan di Afrika dapat dikelompokan menjadi tumbuhan dataran tinggi, hutan hujan tropis, dan padang rumput. Beberapa tumbuhan khas Afrika antara lain Papirus, Akasia, dan Kurma. jenis hewan yang ada di Afrika antara lain gajah, kera ekor panjang, zebra, burung kaswari, dan sebagainya.

Keadaan Penduduk di Benua Afrika.

Pada tahun 1998, penduduk Afrika berjumlah kurang lebih 763.000.000 jiwa. Mayoritas penduduk Afrika adalah bangsa Negro. Bangsa Negro di Afrika dapat dikelompokan menjadi dua golongan yaitu Negro Sudan, yang kulitnya lebih gelap dan Negro Bantu, yang kulitnya lebih terang dari Negro Sudan. Bahasa pemersatu di Benua Afrika adalah bahasa Swahili, sedangkan bahasa lain yang persebarannya lebih luas adalah bahasa Arab.

Kegiatan Ekonomi Penduduk di Benua Afrika.

Kegiatan ekonomi di Afrika antara lain adalah pertanian, pertambangan, dan  perindustrian.
Posting Komentar

Posting Komentar