20.4.17

Geografi Negara Yaman

A. Kondisi Fisik

· Fisiografi

Republik Yaman adalah sebuah negara di Jazirah Arab di Asia Barat Daya, bagian dari Timur Tengah. Yaman berbatasan denganLaut Arab di sebelah selatan, Teluk Aden dan Laut Merah di sebelah barat, Oman di sebelah timur dan Arab Saudi di sebelah utara. Orang-orang keturunan Arab di Indonesia sebagian besarnya berasal dari negara ini. Penduduk Yaman diperkirakan berjumlah sekitar 23 juta jiwa. Luas negara ini sekitar 530.000 km2 dan wilayahnya meliputi lebih dari 200 pulau. Pulau terbesarnya, Sokotra, terletak sekitar 415 kilometer dari selatan Yaman, di lepas pantai Somalia. Yaman adalah satu-satunya negara republik di Jazirah Arab. Yaman memiliki macam bentang lahan pegunungan, dataran rendah, dan gurun.

image

· Geologi dan Geomorfologi

Yaman terselimuti batuan dari era Cambrian. Yaman merupakan bagian dari Perisai Arabian. Batuan dasar dari Yaman tersusun atas batuan Magmata, gneiss dan schist yang mencerminkan struktur batuan berusia 3 juta tahun.

image

Batuan sedimen di Yaman tersusun atas:

• Paleozoic Sediments:

- Ghabar Group (Infra-Cambrian-Earliest Paleozoic):Sandstone limestone, silt, gypsum.,

- Qinab Group (Infra Cambrian-Lowest Cambrian): Volcano-sedimentary succession

consisting of dolerite, sandstone, silty shale and tuff.

- Wajid Formation (Cambrian - Carboniferous): Quartz sandstone.

- Akbarah formation (Late Carboniferous-Permian): Tillite (pebbles & boulders of

basement rocks), shales, mudstones, sandstones and siltstones.

• Mesozoic Sediments:

- Kuhlan Formation (Lower-Middle Jurassic): Sandstones, thin claystone and siltstone

interbeds.

- Amran Group (Middle Jurassic-Lower Cretaceous): Carbonate marl/shale with

evaporitic succession.

- Tawilah Group (Cretaceous): Sandstone with siltstone, marl, and shale, often

interbedded with sandstone and also forming distinct marl or shale intervals and with

generally persistent limestone-marl clasts.

- Mahra Group (Cretaceous): Limestone, marl, and shale, often interbedded with

sandstone.

• Cenozoic Sediments:

- Hadramawt Group (Paleocene-Middle Eocene): Dolomite, shale, limestone with chalk

and dolomite, marl, papery shale, bedded gypsum, and alternating sand stone and

claystone.

- Majzir Formation (Paleocene-Lower Eocene): A shallow marine-littoral sandstone

succession.

- Shihr Group (Oligocene-Pliocene): Conglomerate, sandstone, silt, lime tone and

Gypsum

image

Terdapat lima wilayah utama dari Yaman, yaitu Dataran Pantai Tihama, Pegunungan Massif Yaman, Dataran Tinggi Timur, Gurun, dan Kepulauan. Terdapat pula 4 drainase besar pada basin di Yaman yaitu: basin Laut Merah, basin Aden Gulf, basin Laut Arab, dan basin Rub Al Khali.

· Iklim

Daerah pantai di Yaman memiliki temperature yang panas dan lembab sepanjang tahun. Dataran tinggi di tengah Negara Yaman dengan pedesaan yang berada pada ketinggian 3.048 meter memiliki temperature rerata tahunan mencapai 21°C. Suhu rerata harian pada bulan Januari 13.9°C dan di July 21.7°C.

Iklim di Yaman sebagian besar adalah iklim gurun. Walaupun temperature panas dan lembab di sepanjang pesisir, Yaman memiliki temperature yang sangat panas dan kering di bagian timur yang berupa gurun pasir. Bagian barat Yaman yang berupa pegunungan memiliki temperature yang dipengaruhi oleh musim monsoon. Hujan monsoon terjadi dari April – Agustus dan November – Januari. Meski hujan terputus di daerah gurun sehingga langka terjadi, akan tetapi aliran permukaan dari daerah berelevasi lebih tinggi serta beberapa bendungan membantu pertanian. Selain dari perairan laut di daerah pesisir, Yaman tidak memiliki tubuh air yang permanen di datarannya.

image

· Potensi Alam (SDA & Kebencanaan)

Ø Kebencanaan

Yaman memiliki potensi tinggi pada bencana alam kekeringan, banjir, gempabumi, dan hama. Berikut terdapat data 10 besar bencana alam di Yaman:

image

Selain bencana alam, terdapat pula potensi bencana sosial yang terjadi di Yaman. Bencana ini berupa konflik sosial yang diakibatkan oleh kemiskinan. OCHA (Office for the Coordination of Humanitarian Affairs) memetakan kondisi konflik sosial di Yaman tahun 2015:

image

Ø Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang terdapat di Yaman terbagi atas sumber daya pertanian dan pertambangan. Peta berikut memberikan informasi sumber daya alam pertanian di Negara Yaman, yang di antaranya adalah kopi, kapas, anggur, gandum, dan tembakau.

image

Sumber daya pertambangan di Yaman di antaranya adalah minyak dan gas alam. Peta di bawah ini menggambarkan sebaran minyak dan gas alam di Yaman.

image

2. Kondisi Non – Fisik

Yaman adalah negara Arab yang terletak di barat daya Asia dan selatan Arab Saudi. Negara dengan luas sekitar 528 kilometer persegi ini dihuni oleh 25 juta orang. Dari jumlah tersebut, 42 persen penduduknya adalah orang-orang Syiah. Dari populasi Syiah Yaman, 32 persen adalah penganut Zaidiyah, dan 10 persennya adalah Imamiyah atau 12 Imam.

Ibukota Yaman terletak di Sanaa. Setelah kota ini, Ma'rib, Saadah dan Aden menjadi tiga kota terpenting di negara Arab itu. Warga Yaman merupakan etnis Sami dan Arab Qahtani, tapi tidak semua warga Yaman adalah orang-orang Arab. Mayoritas warga Yaman yang tinggal di wilayah utara adalah orang-orang Arab. Tapi di wilayah selatan, selama bertahun-tahun menjadi tempat bagi kelompok imigran yang datang dari India, Pakistan, Somalia dan Ethopia.

Kehidupan sosial di Yaman berdasarkan hukum adat. Berbagai suku hidup di Yaman dan pemimpin mereka disebut sebagai Syeikh. Hingga kini, suku terbesar di Yaman adalah suku Hashid dan Bakil. Saking pentingnya peran kepala suku dalam kehidupan sosial di Yaman, suku adat menjadi salah satu penentu stabilitas negara. Mereka menjadi negara dalam negara. Hal ini menjadi salah satu faktor pemicu instabilitas dan kekacauan politik di Yaman adalah peran kepala suku.

Geografi politik Yaman memiliki posisi dan kedudukan penting. Negara ini diapit oleh dua laut penting, yaitu laut Merah dan samudera India. Selat strategis Bab el- Mandeb terletak di bagian barat laut dan timur laut Yaman. Berdekatan dengan negara ini, terletak Tanduk Afrika yang menunjukkan posisi strategis Yaman. Negara ini juga berbatasan daratan dengan Arab Saudi. Selain friksi perbatasan, Riyadh dan Sanaa berselisih mengenai penyulingan minyak di perbatasan bersama kedua negara yang acapkali memicu bentrokan.

Yaman termasuk empat negara Arab yang dilanda protes rakyat menentang rezim diktator di tahun 2011. Pembeda transformasi Yaman dengan tiga negara lainnya yaitu Tunisia, Mesir dan Libya, adalah digelarnya pemilu sandiwara dengan hanya satu kandidat presiden, yaitu Abd Rabbuh Mansur Hadi yang menjabat sebagai wakil presiden Ali Abdullah Saleh selama 18 tahun. Oleh karena itu, di Yaman tidak terjadi revolusi sejati.

Sumber:

The Geology of Yemen: An Annotated Bibliography of Yemen’s Geology, Geography and Earth Science. R. Lee Hadden

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner