13.11.17

Negara Uruguay

Uruguay merupakan sebuah negara di Amerika Selatan, yang terletak di antara timur laut Brazil dan Argentina di barat ke pantai di Lautan Atlantik dan muara Rio de la Plata. Ibu negara Uruguay adalah Montevideo. Terdapat lebih kurang 1432200 penduduk, separuh daripada penduduk negara ini hidup di ibu kota. Uruguay merupakan negara kedua terkecil di Amerika Selatan, dan salah satu daripada politik dan ekonomi yang stabil.
Negara ini berbatasan dengan Brasil di utara, Sungai Uruguay di barat, muara Río de la Plata (River Plate) di barat daya, dengan Argentina di tepi seberang keduanya, dan Samudra Atlantik Selatan di tenggara. Uruguay adalah rumah bagi sekitar 3,5 juta orang, di antaranya 1,8 juta tinggal di ibukota Montevideo dan daerah metropolitannya. 88% penduduknya adalah keturunan Eropa.

Gambaran Umum Negara Uruguay

Peta Negara Uruguay

Luas Wilayah: 176,215 km2 (darat : 175,015 km2 laut : 1,200 km2)
Jumlah Penduduk: 3,494,382 (perkiraan Juli 2009)
Letak Geografis: Di bagian selatan Amerika Selatan, berbatasan dengan Laut Atlantik bagian selatan, antara Argentina dan Brasil
Iklim: Temperatur hangat sedang
Bahasa: Spanyol
Mata Uang: Uruguayan Peso (UYU)

Sistem Pemerintahan Uruguay

Sistem pemerintahan terbagi atas Kekuasaan eksekutif yaitu kabinet presidensial dimana presiden (masa jabatan 5 tahun) merupakan kepala negara sekaligus kepala pemerintahan yang dibantu oleh wakil presiden (masa jabatan 5 tahun) dan kabinet (menteri ditunjuk Presiden dengan persetujuan parlemen); kekuasaan legislatif yaitu Asamblea General bikameral yang terdiri dari Senat/ Camara de Senadores (memiliki 30 kursi dipilih melalui pemilu dengan masa jabatan 5 tahun) dan Majelis Rendah/Camara de Diputados (memiliki 99 kursi dipilih melalui pemilu dengan masa jabatan 5 tahun).

Perekonomian Uruguay

Produk Ekspor Utama: Daging, beras, produk-produk bahan kulit, wool, ikan, produk-produk susu.
Produk Impor Utama: Minyak dan gas, mesin, bahan kimia, kendaraan, kertas, plastik.

Hubungan Bilateral Indonesia-Uruguay

1. Hubungan diplomatik Republik Indonesia dengan Republik Oriental Uruguay dimulai sejak tahun 1965 dengan membuka Konsulat di Montevideo dan mengangkat Konsul Kehormatan. Pada April 1966 hubungan ditingkatkan menjadi Kedutaan Besar yang dirangkap dari KBRI Buenos Aires, Argentina sampai sekarang. Sedangkan Perwakilan Uruguay untuk Indonesia dirangkap oleh Kedutaan Besarnya di Kuala Lumpur.
2. Konsul Kehormatan RI di Montevideo adalah Tuan Jacinto Aviles Volante dengan daerah jurisdiksi Republik Uruguay. Yang bersangkutan telah menjabat sebagai Konsul Kehormatan RI sejak tanggal 14 April 1992. Berdasarkan Surat Keputusan Presiden No.198/M tahun 2004 Tuan Jacinto Aviles Volante diangkat kembali sebagai Konhor untuk masa kerja 5 tahun, dan pelantikannya telah dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2005 oleh Duta Besar LBBP RI untuk Republik Argentina merangkap Republik Paraguay dan Republik Oriental Uruguay di Punte del Este, Uruguay. Tuan Jacinto Aviles Volante kemudian direkomendasikan kembali pada tahun 2010 ini untuk menjabat kembali menjadi Konsul Kehormatan RI di Montevideo selama 5 tahun.
3. Hubungan perdagangan antara Indonesia dengan Uruguay belum didasarkan pada suatu persetujuan perdagangan. Volume perdagangan antara kedua negara masih relatif kecil namun terjadi peningkatan selama 3 tahun terakhir.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner