11.1.18

Asiknya Tracking di Wisata Alam Kalikuning Adventure Park


Gunung Merapi merupakan salah satu obyek wisata alam paling populer di Yogyakarta. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Yogyakarta untuk mendaki salah satu gunung paling aktif di Indonesia ini. Namun tidak semua orang suka mendaki gunung, karena mendaki gunung itu susah dan butuh waktu, kesabaran serta tenaga. Nah untuk kalian yang tidak suka mendaki gunung ada cara lain untuk menikmati keindahan alam merapi yaitu melalui tracking di Kalikuning Adventure Park. Untuk lokasinya kalian bisa lihat di google maps dibawah ini.


Kalikuning Adventure Park adalah areal wisata alam di pinggiran sungai Kalikuning yang menawarkan pemandangan Gunung Merapi sisi selatan dengan bentang alam sekitar dengan lereng terjal yang cukup menarik untuk dilihat ataupun dijadikan tempat foto untuk sosial media. Kalikuning Adventure Park ini merupakan hasil kerjasama antara Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) dengan masayarakat sekitar yang tergabung dalam kelompok Kalikuning Park. BTNGM memberdayakan masyarakat sekitar untuk bersama-sama memanfaatkan zona pemanfaatan Taman Nasional Gunung Merapi sebagai tempat wisata alam. Masyarakat dapat menjual jasa kepada para pengunjung untuk meningkatkan perekonomian mereka. Kalikuning sendiri sebenarnya sudah menjadi tempat camping sebelum Gunung Merapi meletus tahun 2010. BTNGM berupaya untuk menghidupkan kembali obyek wisata alam ini menjadi obyek wisata favorit di area BTNGM
Sekretariat Pengelola Kalikuning


Fasilitas yang ada di obyek wisata Kalikuning Adventure Park ini cukup lengkap. Fasilitas yang tersedia antara Mushola dan toilet yang cukup bersih, tempat parkir, joglo, taman bermain, Tenda Camping family dan tentunya spot foto biar eksis di sosial media.
Joglo semar

Toilet dan Mushola

Untuk biaya masuk sendiri sekitar 20 ribu tanpa sewa tenda, tapi kalau mau sewabisa menyewa dari pengelola yaitu tenda dengan harga 50 ribu perbuah, sleeping bag 10 ribu perbuah dan matras 4 ribu perbuah. Wisatawan tidak harus sewa bisa bawa sendiri. Bagi yang mau berkemah bersama keluarga Kalikuning Adventure Park menyediakan 3 paket wisata untuk keluarga yang menginap di rumah segitiga. Paket wisata tersebut antara lain:

Paket Standar
Kapasitas 4 orang
(Rp.600.000)
 Fasilitas: 
Tiket Masuk
 Makan
 Snack
 Matras
 Sleeping bag
 Bantal
 Listrik
 Kayu bakar
 Alat Masak
Paket Deluxe 
Kapasitas 4 orang
(Rp.850.000) 
Fasilitas: 
Tiket masuk 
Makan 
Snack
 Matras 
Kasur Lipat
Sleeping Bag
Bantal 
Listrik 
Kayu bakar
 Alat masak
 Alat Birdwatching
Jasa Pemandu
Paket Premium 
Kapasitas 4 orang
 (Rp.1.300.000)
 Fasilitas:
 Tiket masuk
 Makan 
 Snack 
Matras 
Kasur Busa Lipat 
Sleeping Bag 
Bantal 
Listrik
 Kayu Bakar
 Alat Masak 
Alat Birdwatching
 Jasa Pemandu 
Jip wisata lava tour

Untuk pengalaman yang didapat saat wisata pasti lebih menarik jika kamu mengambil Paket Premium. Karena fasilitas yang didapat sangat lengkap apalagi ditambah dengan adanya jip wisata lava tour Merapi. Tracking pun akan lebih menarik jika ada pemandunya karena kita bisa mengenal tentang ekosistem dan burung di Taman Nasional Gunung Merapi dengan pemandu yang mumpuni dari BTNGM. Saran saya kalau tracking sebaiknya menggunakan outdoor yang lengkap dan jangan lupa bawa jas hujan karena jarak tracking yang jauh sekitar 5 kilometer dan medannya juga sulit. Tapi bawa anak kecil juga masih bisa kok, sewaktu launching ada keluarga yang bawa anak kecil juga bisa sampai selesai. Rute tracking sendiri cukup aman karena sudah ada jalan batu yang dibangun sehingga memudahkan wisatawan untuk berjalan melaluinya.
Jalan sepanjang tracking
Berikut adalah lokasi yang akan kalian kunjungi saat Tracking di Kalikuning Adventure Park

Pengenalan Ekosistem Gunung Merapi

Pengenalan Ekosistem Taman Nasional Gunung Merapi oleh Pamandu dari BTNGM

Di Lokasi ini peserta di kenalkan tentang tumbuhan-tumbuhan yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Ada beberapa tumbuhan yang dikenalkan seperti tanaman puspa, rasamal, dadap ri, dan gayam. Ada juga tumbuhan yang bukan asli merapi tapi berhasil bertahan saat ada awan panas merapi yaitu pohon sugo (Accacia Decurrens). Taman Nasional Gunung Merapi meminimalkan penanaman Cemara karena mengandung zat serpentin yang mudah terbakar saat ada awan panas. Kalian juga bisa foto dengan latar belakang pemandangan sisi Selatan Gunung Merapi.

Lokasi Birdwatching

Birdwatching menggunakan Monokuler
Memotret burung menggunakan kamera HP melalui monokuler

Kalau disini kalian bisa melihat keindahan burung yang ada di Kalikuning. Burung yang mudah sekali untuk diamati adalah Jalak Perling mata merah seakan-akan mereka menyambut kedatangan turis dengan bertengger di batang pohon bergerombol dengan kawananya. Kalau kalian beruntung kalian akan dapat menyaksikan elang jawa yang menjadi inspirasi gambar dari garuda pancasila. Tenang saja alat untuk birdwatching sudah disediakan oleh BTNGM berupa monokuler yang bisa melihat burung dari jarak jauh terasa dekat.

Jembatan di Sungai Kalikuning

Jembatan Pipa Air
Jembatan terdampak awan panas
Dalam perjalanan kalian akan melihat sebuah jembatan kuno yang dibangun pada zaman belanda yang cukup kokoh. Jembatan ini masih bisa berdiri walaupun dulu pernah diterjang awan panas pada erupsi Gunung Merapi tahun 2010 silam. Selain itu saat melewati jembatan pipa airakan menantang adrenalin karena jembatan yang kecil diatas sungai kalikuning yang dibawahnya ada aliran sungai yang tidak deras.

Breksi tebing Kalikuning

Tebing Sungai Kalikuning

Nah di Kalikuning karena terletak di kawasan Gunung Merapi aktif terdapat bentuk lahan berupa batuan piroklastik breksi disekitar tebing. Jika kalian mengamati ada batuan besar yang terletak diatas batuan kecil dan pasir dibawahnya.

Umbul Manten

Lokasi umbul temanten
Lokasi terakhir yang didatangi saat tracking di Kalikuning Adventure Park adalah Umbul Manten. Umbul Manten ini merupakan sumber mata air bagi warga sekitar. Alirannya mengalir sepanjang tahun dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Di umbul temanten ini ada dua umbul yaitu umbul wadon dan umbul lanang. Mitosnya bagi yang seret jodohnya kalau mandi dan minum di mata air ini dipercaya bisa memperlancar dipertemukan dengan jodonya.

Nah itu dia tempat wisata Kalikuning Adventure Park. Kalian bisa menginap menikmati suasana lereng Gunung Merapi bagian selatan,  bisa menikmati makanan tradisional yang dimasak oleh warga sekitar, dan tentunya bisa mendapatkan pengalaman asiknya tracking di Kalikuning Adventure Park. Jadi tunggu apa lagi, ayo rasakan pengalaman asik tracking di kalikuning adventure park. 

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner