k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK

Mengapa Gunung Semeru Meletus



Gunung Semeru meletus karena adanya pengaruh tektonik dan vulkanisme. Gunung Semeru merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini terbentuk akibat adanya tektonik lempeng, yaitu gerakan lempeng tektonik di bawah permukaan bumi yang menyebabkan terjadinya perubahan bentuk permukaan bumi.

Selain itu, gunung Semeru juga meletus karena adanya aktivitas vulkanisme. Vulkanisme adalah proses yang terjadi ketika magma dari dalam bumi naik ke permukaan dan keluar melalui lubang kepundan atau lubang udara. Magma yang keluar dari lubang kepundan akan membentuk lava, sedangkan magma yang keluar melalui lubang udara akan membentuk abu vulkanik dan batu apung.

Oleh karena itu, kombinasi dari tektonik dan vulkanisme yang terjadi di bawah permukaan bumi menyebabkan gunung Semeru meletus secara berkala. Letusan gunung Semeru dapat menimbulkan dampak yang merugikan bagi penduduk sekitar, seperti longsor, banjir, dan asap yang membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengawasi kondisi gunung Semeru secara terus-menerus dan mengambil tindakan preventif agar tidak terjadi bencana.





Belajar Materi Geografi ini juga

Related Posts