5.1.11

Cara Organisme Hidup di laut

Pada dasarnya ada tiga cara hidup organisme di laut, yaitu planktonik, bentonik, dan nektonik. Organisme yang hidup secara planktonik disebut plankton, secara bentonik disebut bentos, dan secara nektonik disebut nekton. Selanjutnya akan diuraikan secara singkat tentang ketiga cara hidup tersebut.

A. Plankton

Kata “plankton” berasal dari bahasa Yunani yang berarti bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Kelompok organisme ini biasanya kecil dengan kekuatan untuk berpindah tempat sangat lemah atau terbatas, dan berpendah tempat terutama karena arus laut. Plankton dapat berupa hewan (zooplankton) maupun tumbuhan (fitoplankton). Sebagian besar plankton berukuran mikroskopis, tetapi ada juga yang berukuran besar seperti ubur-ubur atau ganggang Sargassum. Plankton meliputi kelompok terbesar organisme di laut. Selain itu, banyak hewan laut memiliki fase kehidupan sebagai plankton; biasanya ketika baru lahir.

B. Bentos

Kata “bentos” berasal dari bahasa Yunani yang berarti dalam atau laut dalam. Bentos adalah

organisme yang hidup di atas atau di bawah dasar laut. Beberapa organisme bentos pada fase awal kehidupannya memiliki bentuk larva planktonik. Beberapa tipe kehidupan bentonik adalah (1) menggali lubang di dasar laut, seperti cacing, (2) merayap perlahan di atas permukaan dasar laut, seperti bintang laut, (3) menimbun diri di dasar laut, seperti teripang, dan berbagai jenis moluska, dan (4) menambatkan diri di dasar laut, seperti koral, dan berbagai jenis tumbuhan laut.

C. Nekton

Kata “nekton” berasal dari bahasa Yunani yang berarti berenang. Nekton meliputi hewan yang dapat berenang bebas, bebas dari gerakan arus. Kelompok ini meliputi berbagai bentuk kehidupan hewan tingkat tinggi, seperti ikan, ikan paus, dan berbagai jenis mamalia laut. Tumbuhan tidak termasuk di dalam kelompok ini.

Nekton memiliki kemampuan secara aktif mencari makanan dan menghindar dari predator. Kelompok hewan ini juga dapat bermigrasi jarak jauh ke seluruh samudera, dan dijumpai di permukaan laut atau di dekat dasar permukaan laut, atau di laut dalam di atas dasar laut.

NEXT ARTICLE Next Post
This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon

NEXT ARTICLE Next Post
This Is The Oldest Page
 

Delivered by FeedBurner