6.10.15

ADPUKAT (Persea americana Mill)

Pohon yang berasal dari Amerika Tengah ini bernama botani Persea Americana mill. Berbentuk pohon yan dapat berlekuk-lekuk, percabangannya dekat pangkal batang . Bunganya bertangkai pendek, hiaju kekuning-kuningan. Bentuk buahnya bermacam-macam dari bulat sampai bulat lonjong dengan bagian ujungnya membulat, berwarna hijau sampai merah kecoklatan .


Tanaman ini di Indonesia tumbuh baik di tempat-tempat dengan ketinggian 200 – 1000 mdpl, di tanah yang gembur yang tidak basah/lembab. Di tanah yang becek/basah mudah diiserangh cendawan sedangkan fi tanah yang asin tidak tumbuh.
Rasa buahnya yang bemacam-macam. Ada yang gurih, ada pula yang langu, sangat tergantung pada macamnya. Di Indonesia biasanya makan dengan gula, sirup, susu, atau bahan penyegar lainnya. Kadang-kadang daging buah yang masak dimakan sebagai campuran nasi. Daging buahnya bernilai gizi yang tinggi, mengandung zat lemak, zat putih telur dan vitamin-vitamin. Selain buahnya yang bermanfaat maka kayunya yang ringan mudah diolah, tapi jarang dipakai sebagai bahan bangunan.
Umunya tanaman ini diperbanyak dengan bijinya. Kadang-kadang adpukat diperbanyak pula secara enten atau sambungan. Dengan cara okulasi kurang baik karena luka pad apotongannya mudah diserang cendawan. Dikenal adanya pohon-pohon yang tepungsari bunganya mask di pagi hari fan putiknya sianghari dan begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu untuk medapapatkan buah pada semua pohon tersebut, maka di kebun seyogyanya ditan,a kedua macam pohon tersebut agar terjadi penyerbukan silang yang akan meningkatkan jumlah buah. Poho aspukat berbunga pada permulaan musim hujan, berbuah pada bulan-bulan Mei-juni dan berbuah lebat pada bulan Desember sampai Pebruari.

Walaupun buah adpukat mempunyai nilai gizi yang tinggi, namun pengembangan tanaman ini secara besar-besaran belum dilakukan di Indonesia. Pengembangannya ke arah tanaman perkebunan dapat dipertimbangkan.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner