6.10.15

Asam Selong (Eugenia Unifora)

Asam selong dikenal juga dengan nama cerme belanda (Eugenia uniflora  L.) Dulu dikenal sebagai Eugenia michelii Lmk. Merupakan tumbuhan berukuan sedang yang tingginya 2 -5 m. Daunnya berlapiskan semacam lilin, berukuran panjang. Daun mudanya merah tua. Bunganya kuning susu, kecil-kecil. Buah masaknya merah tua-hitam, bulat berlekuk-lekuk.

Tumbuhan ini verasal dari Brasil, tetapi sekarang telah tersebar di seluruh daerah-daerah tropika lainnya. DI Indonesia asam selong dapat tumbuh sampai ketinggian 300 mdpl. Tumbuh dengan baik pada tanah yang bersifat asam dan agak berstruktur remah.
Perbanyakan asam selong dapat dilakukan dengan biji atau cangkokan. Cara cangkokan lebih cepat menghasilkan buah dari pada penanaman dengan biji. Biji yang ditanam baru berkecambah 3 -4 minggu kemudian.
Umumnya asam selong ditanam penduduk sebagai tanaman pekarangan/pohon hias. Tetapi jarang orang mengenalnya. Asam selong mempunyai musim berbunga April – Mei dan berbulan Mei – Juni Dalam budidaya asam selong sering diserang hama dan penyakit yang menyebabkan kegagalan pertumbuhannya.
Buah yang masak dapat dihidangkan  sebagai buah meja ataupun dibuat selai. Rasanya asam-manis. Daun yang muda dapat dibuat teh. Teh asam slong yang dicampur dengan ekstrak dengan ekstrak buah dan diberi alkohol dapat dipergunakan sebagai obat.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner