28.2.16

Mineralogi


Mineralogi adalah salah satu cabang ilmu geologi yang mempelajari mengenai mineral, baik dalam bentuk individu maupun dalam bentuk kesatuan, antara lain mempelajari tentang sifat-sifat fisik, sifat-sifat kimia, cara terdapatnya, cara terjadinya dan kegunaannya.
Mineral (menurut BERRY dan MASON) adalah suatu benda padat homogen yang terdapat di alam, terbentuk secara anorganik, dengan komposisi kimia pada batas¬-batas tertentu dan mempunyai atom-atom yang tersusun secara teratur.
Batuan didefinisikan sebagai semua bahan yang menyusun kerak bumi dan merupakan suatu agregat (kumpulan) mineral-mineral yang telah menghablur. Tidak termasuk batuan adalah tanah dan bahan lepas lainnya yang merupakan hasil pelapukan kimia maupun mekanis serta proses erosi batuan.
Mineralogi Petrologi sebenarnya merupakan dua cabang ilmu Geologi yang dijadikan satu, dimana  keduanya terkait erat dan bahkan ada hubungan yang mensyaratkan.
Untuk dapat mengenal dan memahami batuan secara baik, disyaratkan terlebih dahulu memahami tentang keberadaan mineral.  Dan untuk dapat memahami berbagai macam mineral, maka dapat  dilakukan dengan mempelajari sifat-sifat fisik ataupun sifat kimia mineral.

SIFAT FISIK MINERAL
Sifat fisik  mineral yang perlu diamati ataupun dilakukan pengujian meliputi  :
1.Warna (colour).
2.Perawakan kristal (crystal habit).
3.Kilap (luster).
4.Kekerasan (hardness).
5.Gores (streak).
6.Belahan (cleavage).
7.Pecahan (fracture).
8.Daya tahan terhadap pukulan (tenacity).
9.Berat jenis (Specific gravity).
10.Rasa dan bau (taste & odour).

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner