18.10.17

Geografi Inggris Raya / Britania Raya

Britania Raya yang merupakan terjemahan dari bahasa Inggris ”Great Britain merupakan negara federal yang terdiri dari Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Keempat negara bagian ini membentuk negara yang disebut sebagai United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland (secara harfiah dalam bahasa Indonesia berarti "Kerajaan Serikat Britania Raya dan Irlandia Utara") dan umumnya disingkat menjadi Britain atau Britania. Dari keempat negara bagian ini, Inggris lah yang paling penting sehingga di Indonesia negara ini disebut dengan nama ini meskipun Inggris hanya sebagian saja. Selain keempat negara bagian ini, Britania Raya juga memuat Pulau Man, Kepulauan Channel seperti Guernsey, Jersey, Alderney dan Sark. Daerah-daerah ini secara pemerintahan bukan bagian dari Britania Raya tetapi mungkin lebih tepat disebut sebagai jajahan meskipun jaraknya sungguh dekat.

Sebagian besar Inggris terdiri dari dataran rendah. Kota besar termasuk London, Birmingham, Manchester, Leeds, Sheffield, Liverpool, Bristol, Nottingham, Leicester, dan Newcastle upon Tyne berkembang di dataran rendah. Tidak ada puncak melebihi 1000 mdpal di Inggris. Di Inggris terdapat terowongan terkenal yakni terowongan Channel yang menghubungkan Britania Raya dengan Perancis.

Sebagian besar Wales bergunung-gunung, puncak tertingginya ialah Snowdon, pada ketinggian 1.085 mdpl. Di utara daratan utama ialah pulau Anglesey. Kota terbesar dan ibukotanya ialah Cardiff, terletak di selatan Wales. Wilayah metropolitan lainnya termasuk Swansea, Newport, dan Wrexham.

Fisiografi Skotlandia bervariasi, dengan dataran rendah di selatan dan timur dan dataran tinggi di utara dan barat, termasuk Ben Nevis, pegunungan tertinggi di Britania Raya (1.343 m). Banyak lengan lautan dalam, firth dan loch yang dalam. Banyak pulau di utara dan barat Skotlandia yang termasuk, terutama Kepulauan Hebrida, Orkney dan Shetland, juga pulau kecil tak berpenghuni Rockall, meski pernyataan ini dipertentangkan. Kota-kota utama ialah Edinburgh, Glasgow, Aberdeen, dan Dundee. Sedangkan Irlandia Utara, yang menyusun bagian timur laut Irlandia, paling berbukit. Kota-kota utamanya ialah Belfast dan Londonderry.

Britania Raya diperkirakan memilki 1098 pulau termasuk pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sebagian alami dan sebagian crannog, sejenis pulau buatan yang dibangun di masa lalu menggunakan batu dan kayu, secara bertahap diperbesar dengan limbah alam yang menumpuk berwaktu-waktu.

Inggris Raya termasuk dalam negara G 20 dikarenakan potensinya yang besar. Kemajuan industri negara ini disebut-sebut sebagai salah satu faktor kekuatan ekonominya. Pada makalah ini akan dibahas lebih lanjut mengenai geografi regional Inggris Raya terkait dengan potensinya dalam G 20..

A. PROFIL BRITANIA RAYA

Inggris Raya memiliki nama lain Britania Raya atau United Kingdom (UK). Bahasa resmi yang digunaan ialah bahasa Inggris. Inggris Raya adalah sebuah negara berdaulat yang terletak di lepas pantai barat laut benua Eropa. Inggris Raya adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari pulau Inggris Raya, bagian timur laut pulau irlandia dan sejumlah pulau-pulau yang lebih kecil. Irlandia utara merupakan satu-satunya bagian dari Inggris Raya yang berbatasan darat dengan negara berdaulat lain, yaitu Republik Irlandia. Sebihnya, Inggris Raya berbatasan dengan Samudra Atlantik, Laut Utara, Selat Inggris dan Laut Irlandia.

image

Inggris Raya terletak di antara 50o sampai 60o LU, dan 8o BB sampai 2o BT. Irlandia Utara berbatasan darat dengan Republik Irlandia sepanjang 360 kilometer. Inggris Raya Inggris Raya mempunyai garis pantai sepanjang 17.820 kilometer. Luas total Inggris Raya adalah sekitar 243.610 kilometer persegi. Negara ini menempati bagian utama dari kepulauan Inggris Raya yaitu pulau Britania Raya, seperenam dari Pulau Irlandia di barat laut dan beberapa pulau kecil yang mengelilinginya.

Inggris Raya terletak di antara Samudra Atlantik Utara dan Laut Utara. Pantai tenggaranya berjarak sekitar 35 kilometer dari pantai utara Prancis, yang dipisahkan oleh selat Inggris. Pada tahun 1993, 10% dari luas total kawasan Inggris Raya adalah hutan, 46% digunakan sebagai kawasan padang rumput untuk kepentingan peternakan, sedangkan 25% digunakan untuk tujuan pertanian. Inggris Raya adalah sebuah negara kesatuan yang diatur di bawah monarki konstitusional dan sistem parlementer, dengan kursi pemerintahannya ada di ibu kota London. Terdapat empat negara dalam kedaulatan Inggris Raya yang masing-masing berdiri sendiri, yaitu Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia dan Wales.

Inggris menempati separuh lebih dari total luas Inggris Raya dengan luas sekitar 130.395 kilometer persegi. Skotlandia menempati kurang lebih sepertiga dari total luas Inggris Raya, dengan luas 78.772 kilometer persegi, termasuk pulau-pulau yang jumlahnya hampir delapan ratus pulau. Pulau-pulau ini di antaranya Hebrides, Orkney, dan Shetland. Wales kurang lebih menempati sepersepuluh dari luas total Inggris Raya, dengan luas 20.779 kilometer persegi. Irlandia Utara hanya menempati 14.160 kilometer persegi dari luas total wilayah Inggris Raya.

a. Letak dan luas

Secara astronomis Inggris terletak diantara 50º LU – 60º LU dan 8 BBº – 2º BT. Secara geografis terletak di sebelah barat daratan Eropa. Meninjau dari lingkup yang lebih luas lagi, letaknya sangat strategis karena berada di jalur transportasi dan perdagangan antara Eropa dan benua Amerika. Luas Inggris ±244.820 Km². Inggris merupakan negara kepulauan yang terdiri atas wilayah England, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara, dan ditambah sejumlah kepulauan Kanal, Orkney, Sketland dan Hebrides. Jarak dari ujung utara ke selatan sejauh 965 km dan dari timur ke barat sejauh 515 km. Luas wilayah Inggris dan Irlandia Utara adalah 318.872 km2. Dan kedudukannya dengan benua Eropa dipisahkan oleh selat Dover sejauh 31 km. Wilayah negara Inggris merupakan negara maritim 100% yang terletak di pinggir Timur Samudra Pasifik. Batas-batas wilayah negara Inggris:

Ø Sebelah utara : Samudra Atlantik

Ø Sebelah selatan : Selat Inggris

Ø Sebelah timur : Laut utara

Ø Sebelah barat : Samudra Atlantik.

b. Keadaan Alam

1. Bentang Alam

Berdasarkan relief dan keadaan batuannya, wilayah bentang alam di Inggris dapat dibedakan menjadi 3 bagian.a. Kawasan bergunung-gunung (bagian barat dan utara)

image

· Dataran tinggi utara (Northern Highland): puncak Gunung Ben Nevis (1343 m) dan Gunung Merrick) (843 m).

· Dataran rendah tengah (Central Lowland): lembah Sungai Clyde, TelukForth, dan Teluk Tay.

· Wales (kawasan yang menjorok ke arah barat): Pegunungan Cambrian dengan puncaknya Gunung Snowdon (1.085 m).

· Wales Selatan: Plata yang memuncak di Taman Nasional Brecan Beacons (886 m).

b. Irlandia Utara berhubungan dengan pegunungan barat Inggris, tetapi Danau Neagh dan dataran rendah sekelilingnya menempati posisi sentral (merupakan cekungan di daerah plato basalt).

c. Daerah yang bergelombang (bagian timur dan selatan), mengalir Sungai Thames. Sebanyak 15 jembatan melewati Sungai Thames, misalnya Jembatan Wesminstar, Menara Waterloo, dan Jembatan Kew. Yang paling menonjol, jembatan London, jembatan ini menopang arus lalu lintas yang lalu lalang di atas Sungai Thames (Jantung perdagangan kota London).

2. Iklim

Mengingat Inggris merupakan pulau atau kepulauan di lepas pantai barat daratan Eropa dan juga karena letak lintangnya, maka atmosfer Inggris memiliki kondisi iklim yang dipengaruhi laut serta arus laut panas (Gulf Stream) yang berasal dari equator utara di samudera Atlantik. Dampak arus laut panas tersebut sangat kondusif bagi kehidupan di kawasan ini.

image

Jika melihat peta daerah iklim di Eropa, maka Inggris dan kawasan pantai Eropa Barat bahkan Eropa Utara memiliki iklim yang disebut Iklim Laut Pantai Barat. Ciri iklim tersebut ialah pengaruh laut dominan; musim winter-nya nyaman dan summer-nya sejuk; hujan jatuh sepanjang tahun dan pada winter cenderung berawan tebal dan berkabut; siang hari pada winter gejalanya pendek, berawan dan basah; summer cerah dan nyaman serta siang hari gejalanya relatif lebih panjang. Gejala seringnya hujan jatuh baik di Inggris maupun di daerah iklim ini dibuktikan oleh tercatatnya beberapa kota sebagai berikut : London (164 hari hujan dalam satu tahun), Scotland dan Shetland (260 hari hujan setahun), Paris (188 hari hujan setahun).

Secara umum, Inggris maupun kawasan pantai Barat Eropa cukup memiliki iklim yang nyaman dan kondusif bagi aktivitas kehidupan dibandingkan negara-negara di kawasan Eropa lainnya.

c. Potensi bencana

Potensi bencana di inggris terdapat beberapa kategori diantaranya gempa bumi, badai, banjir, banjir musim panas, banjir laut utara, tornado timur laut london, dan masih banyak lagi lainnya. Badai dan hujan deras yang sering terjadi menyebaban terjadinya banjir di hampir seluruh wilayah Britania Raya.

d. Penduduk

Jumlah penduduk 63.742.977 jiwa (2014). Kepadatan mencapai 240 jiwa / km2. Karena wilayah Inggris relatif kecil (± 244.820 Km²) dibandingkan dengan jumlah penduduknya, maka Inggris merupakan salah satu negara terpadat penduduknya. Kepadatan penduduknya cukup tinggi yaitu mencapai 241 jiwa/Km². Penduduk urban atau penduduk yang tinggal di kota pun sangat tinggi yaitu mencapai 90%. Mengingat banyaknya arus imigran atau penduduk yang masuk ke Inggris, maka akhirnya Pemerintah Inggris mengeluarkan kebijakan pembatasan imigran, yaitu dengan menetapkan undang-undang pembatasan jumlah penduduk masuk ke Inggris. Penduduk asli di Inggris disebut orang Inggris yaitu bangsa Kelt (Skot, Irlandia, Welsh) dan bangsa Jerman (Anglo, Saxon, Jute, Denmark, Norman). Agama yang dianut Kristen (86,9%), (8,8%) Islam, Yahudi, Hindu.

e. Perekonomian

Berdasarkan indikator di atas pada awal pembahasan, jelas menunjukkan bahwa Inggris merupakan salah satu negara maju di dunia. Sejak digulirkannya revolusi industri di Inggris, perekonomiannya semakin berkembang. Sektor perekonomian penting di Inggris antara lain dari sektor industri, pertambangan, pertanian, peternakan dan perikanan.

1. Perindustrian

Pada sektor industri, Inggris telah lama berkembang dan termasuk Negara terkemuka di Eropa. Jenis industri penting dan merupakan produk ekspor Inggris, yaitu baja, kapal laut, mobil, kereta api, tekstil, pesawat terbang, alat pertanian, barang elektronika. Beberapa industri yang ada di Inggris sebagai berikut:

Ø Industri berat (wilayah black country) berpusat di Birmingham,

Ø Industri lokomotif (Glasgow),

Ø Galangan (Peasly, Greenock, New Caste, London)

Ø Industri mobil dan pesawat terbang (London, Birmingham, Oxford)

Ø Industri kimia (London)

Ø Industri ban (Birmingham)

Ø Industri elektronik, alat rumah tangga (London, Leeds, Sheffield)

Ø Industri tekstil (Lancashire, Glasgow, Manchester)

Ø Industri wol (Bradford, Leeds)

Ø Industri Sutra tiruan (Yorkshire dan Lancashire)

Ø Industri hiburan

Tidak asing lagi bahwa dunia industri hiburan merupakan devisa terbesar di Inggris. Ini bisa dilihat dari salah satu industri hiburan mereka yaitu industri musik, yang begitu popular di dunia. Devisa sendiri adalah alat pembayaran internasional dalam mencakup aspek apapun dan barang apapun. Ada pun beberapa fungsi devisa meliputi beberapa hal, yaitu:

1.  Alat pembayaran luar negeri .

2.  Alat pembayaran utang luar negeri.

3.  Alat pembayaran hubungan luar negeri.

4.  Sebagai sumber pendapatan Negara.

Sudah sangat umum bahwa dunia hiburan Inggris begitu memikat para penikmat hiburan. Bagaimana tidak, perusahaan rekaman Inggris mendapati penghasilan sebesar 60 juta triliun pertahun. Tidak tanggung-tanggung, aktris mereka, Kate Winslet, aktris cantik yang menjadi primadona dalam film Titanic, yang di produksi pada tahun 1997, juga sangat berdampak pada devisa Negara British ini. Pemerintah Inggris menyetujui bahwa aktris cantik ini merupakan salah satu sumber devisa mereka. Kate tidak hanya bermain film dengan cemerlang, dia juga menjadi ikon beberapa iklan di Inggris sehingga dengan ketenaran Kate, produksi yang menjadikan Kate seorang ikon, laku keras.

Cadangan Devisa

Tetapi. walaupun tidak hanya dari industri hiburan, Inggris memiliki cadangan devisa berupa emas. Emas sendiri merupakan asset terbaik dalam cadangan devisa negara. Dari 40 negara, Inggris merupakan di urutan ke 17 dengan presentasi devisa sebesar 16,7%. Tidak tinggi memang, dan jauh dengan urutan pertama yang diduduki oleh Amerika Serikat dengan presentasi devisa emasnya sebesar 75,9%. Sedangkan Indonesia berada di urutan ke 39 dengan presentasi devisa sebesar 3,5%.

Dengan ditambah emas, devisa Negara Inggris memang luar biasa. Tetapi bagaimana pun industri musik merupakan devisa terbesar di Inggris. Pemerintah Inggris pun melakukan apa saja demi kelangsungan industri musik mereka, karena Inggris sangat mengandalkannya.

2. Pertambangan

Inggris memiliki deposit batu bara dalam jumlah besar. Pusat-pusat penambangan batu bara di Skotlandia, yaitu: Lanarkshire, Pegunungan Pennine (Pegunungan Cumberland, Northumberland, dan Durham) di Newcastle dan sekitarnya, Stafford (Voncentry Selatan), Pegunungan Cambrian Selatan (Swansea-Rhondda), dan Wales Selatan.

Pegunungan Cambrian Utara menghasilkan tembaga, timah hitam, seng, dan mangan. Dari pegunungan Pennine dan Cambrian dihasilkan timah hitam, tembaga, biji besi, dan seng, sedangkan di Midlands terdapat tambang timah hitam, biji besi, dan tembaga.

3. Pertanian, Peternakan dan Perikanan

Hasil-hasil pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan yang penting di Inggris adalah kentang dan sayur mayur terdapat di Lancashire, gandum, barley, dan bit gula terdapat di Pegunungan Anglia Timur, Kent, Worcester, dan Devon. Susu dan mentega terdapat di England, Ternak babi dengan ayam terdapat di Yorkshire dan Lancashire. Hasil hutan terdapat di England, Wales, Skotlandia, dan Irlandia. Ikan haring dan cod terdapat di perairan laut utara dan Samudra Atlantik.

4. Perdagangan

Barang-barang ekspor Inggris adalah mesin-mesin, barang kimia, wol, tekstil, sintesis, mobil, truk, plat-plat baja, lokomotif, pesawat terbang, mesin pertanian, dan alat-alat elektronik. Sedangkan barang-barang impornya adalah minyak bumi, kapas, karet, tembakau, belerang, dan biji besi.

5. Budaya

Inggris sangat maju dalam bidang kebudayaan, baik dalam bidang teknologi, pendidikan, maupun bidang seni. Banyak penemuan baru yang ditemukan oleh ahli-ahli Inggris. Penemuan mesin uap oleh james Watt, korek api oleh John Walker, dynamo oleh Michael Faraday, sepeda motor oleh Edward Buttler, tank oleh Ernest Swinton, dan mesin jet oleh Frank Whittle, merupakan contoh dari sederet penemu yang berasal dari Inggris. Universitas Oxford dan Cambridge merupakan universitas tertua di Inggris yang telah menghasilkan ilmuwan-ilmuwan. Perpustakaan yang tergolong besar seperti di The British Library serta museum terkenal di dunia, yaitu The Victoria and Albert Museum, terdapat di London.

William Shakespeare merupakan tokoh yang penting dalam kesusasteraan Inggris. Penulis-penulis terkenal dari Britania Raya juga termasuk Brontë Bersaudari (Charlotte, Emily, dan Anne), Jane Austen, Joanne Kathleen Rowling, Agatha Christie, J.R.R. Tolkien dan Charles Dickens. Penulis sajak yang terkenal ialah Lord Byron, Robert Burns, Lord Tennyson, Thomas Hardy, William Blake dan Dylan Thomas.

6. Potensi wisata

Hampir setiap kota di UK memiliki daya tarik pariwisata tersendiri, dari yang klasik dan bersejarah sampai kepada yang modern dan berteknologi maju. Seperti berada di sebuah mesin waktu raksasa yang mengantarkan perpindahan setiap masa hanya dalam hitungan detik dan langkah.

· London. Sebagai pusat perekonomian kedua setelah New York, ibu kota dari negara UK ini sarat akan budaya yang multicultural. Sebuah kota modern dengan segala bentuk kecanggihan teknologi dan keteraturan infrastruktur seperti gedung pencakar langit  Tower 42, area Canary Wharf dan lain-lain, berbaur dengan bangunan-bangunan kuno peninggalan masa lalu seperti Westminster Abbey, Buckingham Palace dan lain-lain. Tidak ketinggalan landmark kota ini yakni Big Bend, Tower Bridge, London Eye. Kota yang dipenuhi oleh bis double-decker berwarna merah dan taksi berwarna hitam ini memiliki banyak area atau district; seperti West End theatre district yang adalah pusat untuk teater, musikal, dan pertunjukan lainnya, Chinatown district berlokasi di Soho dll. Selain sebagai pusat perekonomian, London juga adalah salah satu ibu kota mode; banyak designer ternama yang bermulai dari kota ini seperti Vivienne Westwood, Stella McCartney, Jimmy Choo. Untuk shopping, kunjungilah Oxford Street yang merupakan area shopping tersibuk di Eropa dan shopping street terpanjang di UK, Harrods Department Store pun berada tidak jauh dari sini.Hiburan apapun dapat ditemukan di kota yang memiliki lima (5) airport ini, sebut saja mengunjungi museum, berjalan-jalan di taman, menikmati musik, orkestra, film, pertandingan olahraga dll. Sebagai tuan rumah untuk Summer Olypics tahun 2012, lebih banyak pembangunan direncanakan yang akan menjadikan kota ini semakin semarak.

image

· Liverpool. Kota nomor empat (4) terbesar di UK ini adalah kota pelabuhan, ini membuatnya menjadi kota yang beragam kebudayaan, etnik dan budaya. Komunitas Black African tertua di UK dan komunitas Chinese tertua di Eropa berada di kota asal The Beatles ini. Perahu RMS Titanic pun terdaftar di pelabuhan Liverpool. Tempat-tempat yang harus dikunjungi selama di Liverpool seperti The Albert Docks, The Three Graces (Royal Liver Building, Cunard Building, Port of Liverpool Building), Echo Arena; dan untuk pecinta bola Anfield Stadium dan Goodison Park adalah dua lapangan sepakbola yang sering dipakai oleh klub Liverpool F.C. dan klub Everton.

B. HUBUNGAN INDONESIA DAN INGGRIS

Hubungan Indonesia dan Inggris sudah berjalan dengan sangat baik dan telah berlangsung lama. Bahkan bisa dikatakan Kontak formal pertama kedua negara tersebut dimulai pada 200 tahun yang lalu dimana warga Inggris Sir Tim Raffles datang dan diantaranya yang berinisiatif memulai proyek renovasi candi Borobudur. Akhirnya, sebagai diplomat karir  dengan pengalaman yang panjang  tentunya  kita berharap agar Dubes Hamzah Thayeb dapat sukses menggali potensi-potensi kerjasama baru serta mendorong  agenda ekonomi , politik, keamanan, pendidikan serta kebudayaan  Indonesia agar dapat berhasil di perjuangkan di Inggris.

Yang menarik apabila kita melihat sektor pariwisata maka dapat dilihat bahwa jumlah wisatawan Inggris yang berkunjung ke Indonesia ternyata merupakan tertinggi untuk wisatawan asal benua eropa. Menurut data Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif  dari tahun 2006 – 2011 jumlahnya meningkat dari dari 137.655 menjadi 192.355 wisatawan. Dengan melakukan koordinasi sumber daya terutama antara KBRI London dengan pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diharapkan  kegiatan promosi  menjadi lebih besar, terencana, terkoordinir dan lebih fokus dan sesuai dengan target pasarnya. Untuk  daerah wisata  yang relatif terkenal  Bali, Yogyakarta, dan Lombok bisa ditawarkan paket wisata khusus dan unik terutama untuk wisatawan kelas menengah dan atas. Sedangkan wisatawan Inggris yang memiliki jiwa petualangan tinggi obyek wisata  Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan bisa menjadi salah satu alternatif tujuan wisata yang dapat ditawarkan.

1. Bidang pendidikan dan kebudayaan

Bidang pendidikan dan kebudayaan juga banyak potensi yang bisa digali untuk kepentingan Indonesia di Inggris.  Pada Simposium Asia Tenggara di University of Oxford tanggal 10 -11 Maret 2012 oleh Project Southeast Asia ternyata Indonesia tetap menjadi obyek penelitian yang menarik dengan adanya 9 dari hasil penelitian terkait Indonesia serta 3 diantaranya dilakukan oleh mahasiswa doktoral asal Indonesia. Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia tersedianya berbagi macam skema beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutan studi di luar luar negeri menjadi  penting. Skema beasiswa baru diluar dari yang disediakan oleh baik pemerintah Inggris (chevening) atau Indonesia (Dikti, Kementrian lainnya) diharapkan dapat disediakan oleh Perusahaan swasta atau yayasan pendidikan berbasis di Inggris atau Indonesia.

2. Bidang seni dan budaya

Untuk bidang seni dan budaya,  komunitas Indonesia serta warga Inggris yang mempunyai minat budaya Indonesia dapat pula diberdayakan. Sebagai contoh School of Oriental & Africa Studies (SOAS) di London sering mengadakan pagelaran kesenian, begitu juga adanya kelompok  warga Inggris dan Indonesia yang tergabung dalam Oxford Gamelan Society yang bisa diajak kerjasama untuk bekerjasama oleh KBRI London sebagai perwujudan kontak langsung dengan warga Inggris untuk bersama-sama mempromosikan Indonesia.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner