17.10.17

Geografi Negara Rusia

Rusia merupakan negara yang membentang dengan wilayah eropa timur dan asia utara. Merupakan negara terbesar di dunia, wilayahnya kurang lebih dua kali wilayah Republik Rakyat Cina (Tiongkok), Kanada, dan Amerika Serikat. Penduduknya menduduki peringkat ke tujuh terbanyak di dunia setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, dan Pakistan. Dahulu Rusia menjadi negara bagian terbesar Uni Soviet. Kemudian merdeka dan berpisah dari Uni Soviet pada tanggal 24 Agustus 1992, setelah Uni Soviet mengalami keruntuhan pada tahun 1991. Rusia merupakan ahli waris utama Uni Soviet, negara Rusia mewarisi 50% jumlah penduduk, dua pertiga luas wilayah, 50% aset-aset ekonomi dan persenjataan.

image

Rusia merupakan negara yang berbentuk Republik federasi, nama resminya adalah Rossiyskaya Federatsiya dengan Presiden sebagai Kepala Negara dan Perdana Menteri sebagai Kepala Pemerintahan. Negara Republik Federasi Rusia beribukota di Moskwa. Wilayah Rusia mencakup kawasan Eropa Timur dan Asia Utara, dengan luas wilayahnya mencapai 17,098,242 km2. Luas daratannya mencapai 16.377.742 km2 dan luas perairan 720.500 km2. Disebelah barat berbatasan dengan Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Belarus, dan Ukraina. Di sebelah baratdaya berbatasan dengan Georgia, Azerbaijan, Laut Kaspia, dan pegunungan Kaukasus. Kazakhstan, Mongolia, Cina dan Korea Utara di sebelah selatan. Dan Samudera Arktik di sebelah utara. Jumlah penduduknya mencapai 149.469.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 9/km2 . Bahasa resmi negara adalah bahasa Rusia, agama resmi negara Ortodoks Rusia, Katolik Roma, Protestan, Islam, dan Yahudi. Satuan mata uang negara Rusia adalah rubel.

Seluruh wilayah Rusia kecuali Kaukasus utara dan Timur Jauh, terletak di bagian utara garis 50o lintang utara, mempunya iklim kontinental dingin. Semakin ke pedalaman iklim semakin keras. Pada musim dingin, suhu berkisar pada -8oC di sekitar Moskwa hingga lebih dari -35oC di Plato Siberia Tengah. Pada musim panas, suhu berbeda-beda menurut garis lintang, suhu bulan juli berkisar pada 8oC di sepanjang pantai samudera Arktik hingga 20oC di ujung selatan. Semakin ke pedalaman, curah hujan semakin rendah. Beberapa kawasan di dataran Eropa Timur menerima lebih dari 600 mm/tahun. Curah hujan 1000 mm/tahun terjadi di kawasan tenggara akibat pengaruh angin muson pada musim panas. Tetapi kebanyakan kawasan Siberia hanya menerima 260-380 mm/tahun, bahkan beberapa kawasan di pantai samudera Arktik hanya menerima 25 mm/tahun. Lamanya salju menutupi tanah berbeda-beda menurut garis lintang, berkisar pada 3 bulan di selatan hingga 9 bulan di sepanjang pantai Samudera Arktik.

Kondisi Fisik negara Rusia

Fisiografis Rusia

Rusia termasuk daerah dengan fisiografis yang kasar, titik tertinggi di Rusia adalah puncak Gunung Elbrus yang mencapai ketinggian 5642 meter dari permukaan laut. Wilayah Rusia masuk ke dalam 2 wilayah benua, yaitu bagian barat merupakan Benua Eropa Timur, sedangkan di bagian utara merupakan Benua Asia, keduanya dipisahkan oleh pegunungan yang memanjang dari utara ke selatan yaitu pegunungan Ural. Pegunungan Ural adalah barisan rantai pegunungan yang menjalar ke bagian utara dan selatan melewati bagian barat Rusia. Pegunungan ural adalah pegunungan yang paling tua terbentuk di akhir periode Carboniferus. Pegunungan ini memanjang dari Kazakhstan sampai pada batas utara Kazakhstan di pesisir samudera arktik sepanjang 2500 km. Pulau Novaya Zemlya membentuk sambungan baru dari rantai pegunungan tersebut. Secara geografis, barisan ini menandai batas utara antara Asia dan Eropa di benua Eurasia. Pegunungan Ural memiliki puncak tertinggi Gunung Narodnaya.

image

Pegunungan Ural membagi Rusia menjadi dua yaitu bagian barat dan timur. Rusia bagian barat termasuk dalam kawasan Eropa bagian Timur. Wilayah ini berada di bagian barat dari pegunungan Ural. Rusia bagian timur (Siberia) termasuk kawasan benua Asia. Dararan ini membentang dari sebelah timur pegunungan Ural sampai dengan tepi pantai yang berbatasan dengan samudera Pasifik. Daratan siberia terbagi menjadi lima bagian yaitu dataran Siberia Barat, dataran tinggi Siberia tengah, Sayan dan Pegunungan Stanoyov, Pegunungan Kaukasus, dan Siberia timur laut dan Kamchatka.

Secara umum fisiografis dari Rusia dapat dibagi menjadi delapan daerah fisiografis yaitu: Dataran Rendah Rusia, Pegunungan Ural, dataran Siberia Barat, dataran tinggi siberia tengah, Basin Yakutsk, Tanah Tinggi Sebelah Timur, Daerah Asia Tengah, Pegunungan Kaukasus.

1. Dataran Rendah Rusia

Dataran rendah Rusia berada di barat dari Pegunungan Ural. Pada wilayah ini terdapat beberapa kota penting di Rusia yaitu Moskow dan Saint Petersburg. Daerah ini merupakan kelanjutan dari dataran rendah bagian utara Eropa. Pada daerah ini terdapat pelabuhan yang selalu hangat yaitu Pelabuhan Munsmask.

2. Pegunungan Ural

Pegunungan Ural adalah barisan rantai pegunungan yang menjalar ke bagian utara dan selatan melewati bagian barat Rusia. Pegunungan Ural merupakan salah satu pegunungan yang tertua Terbentuk pada akhir periode carboniferus. Pegunungan Ural terbentuk melalui proses tabrakan dua benua yaitu siberia dan benua super (Kombinasi dari Laurasia (Eropa dan Amerika Utara) dan Gondwana. Pegunungan ural memanjang sepanjang 2500 km dari Kazakh sampai pada batas utara Kazakhstan di pesisir samudera Artik

3. Dataran Siberia Barat

Daerah ini berada di sebelah bagian timur dari pegunungan Ural. Wilayah ini luasnya mencakup 2,5 juta kilometer persegi. memanjang sekitar 1.900 kilometer dari barat ke timur dan sekitar 2.400 kilometer dari utara ke selatan. Setengah wilayahnya mempunyai ketinggian dibawah 100 m. Daratan ini di dominasi oleh daerah rawa-rawa dan dataran banjir. Sebagian besar penduduk dataran yang lebih kering tinggal di bagian selatan dari 55 ° lintang utara.

4. Dataran Tinggi Siberia Tengah

Daerah ini berada di sebelah timur dari daerah Siberia barat polos. yang memanjang ke timur dari Sungai Yenisei lembah hingga Sungai Lena lembah. Daerah ini berupa dataran tinggi, dengan ketinggian berkisar antara 320 sampai 740 meter, dimana elevasi tertinggi adalah sekitar 1.800 meter yang terletak di bagian utara Pegunungan Putoran. Dataran ini dibatasi oleh sistem Pegunungan Baikal di sebelah selatan dan di utara oleh Lowland Siberia Utara yang merupakan perluasan dari dataran Siberia Barat yang meluas ke Semenanjung Taymyr di Samudra Arktik.

5. Basin Yakutsk

Basin Yakutsk terletak di antara Plato tengah Siberia di sebelah baratnya dan Tanah tinggi bagian timur yang berada di sebelah timurnya. Daerah ini berupa cekungan diantara dua dataran tinggi yang membatasi daerah ini.

6. Tanah tinggi Sebelah timur

Daerah ini merupakan sistem pegunungan yang berada di sebelah barat Danau Baykal. Ketinggiannya di sebelah barat dari Sayan mencapai 3300 m, sedangkan di sebelah timur mencapai 3200 m. Puncak tertinggi dari sistem ini berada di Gunung Belukhay, Pegunungan Altay dengan ketinggian 4500 m.

7. Daerah Asia Tengah

Daerah Asia Tengah berada di sebelah bagian timur dari pegunungan Ural dengan luasnya mencakup 2,5 juta kilometer persegi. Memanjang sekitar 1.900 kilometer dari barat ke timur dan sekitar 2.400 kilometer dari utara ke selatan. Setengah wilayahnya mempunyai ketinggian dibawah 100 m. Daratan ini di dominasi oleh daerah rawa-rawa dan dataran banjir.

8. Pegunungan Kaukasus

Pegunungan Kaukasus berada di bagian selatan dari daratan Siberia yang merupakan pemisah antara Eropa dan Asia. Salah satu puncak tertingginya adalah Gunung Elbrus dengan ketinggian mencapai 5642 meter. Struktur geologi Kaukasus memanjang ke barat laut sebagai Krimea dan Carpathian Mountains dan ke tenggara yaitu Asia Tengah sebagai gunung Tian Shan dan Pamir. Pegunungan Kaukasus menciptakan alam yang mengesankan dan penghalang antara Rusia dan negara tetangganya di barat daya yaitu Georgia dan Azerbaijan.

Kondisi iklim negara Rusia

Sebagian besar wilayah negara Rusia beriklim benua, ini disebabkan karena bentuk Rusia yang berupa daratan benua. Dan pengaruh iklim lautan hanya di bagian tepi benua saja. Selain itu Rusia berada di lintang utara, daerah ini di dominasi oleh iklim kutub. Iklim kutub mempengaruhi wilayah utara mulai dari Arkhangels hingga Siberia. Sebagian besar daerah yang beriklim kutub selalu tertutup salju selama enam bulan. Suhu tahunan rata-rata wilayah di bagian utara dengan iklim kutub berada di bawah titik beku. Untuk beberapa wilayah yang berada di garis lintang di bawah 600 lintang utara memiliki empat musim yaitu musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur. Dimana dominasi musim dingin selama 5 bulan sejak November hingga Maret, musim semi dari bulan april hingga mei, musim panas dari bulan juni hingga agustus dan musim gugur pada bulan september hingga oktober.

Rusia adalah negara paling dingin di dunia, dimana rata-rata suhu di kota-kota besar Rusia di bawah titik beku. Rata-rata suhu di Saint Petersburg adalah -6oC , dataran Siberia Barat -27 oC , Kota Yakutsk -43oC. Suhu terendah tercatat -68 ° C, tercatat di Verkhoyansk di tengah utara Siberia dan rekor tinggi dari 43 ° C, tercatat di beberapa stasiun selatan (Volgograd). Rusia mempunyai tingkat presipitasi yang rendah, hal ini disebabkan oleh pengaruh dari laut yang sedikit. Curah hujan tertinggi berada di bagian barat laut. Daerah terbasah berada di daerah subtropis Kaukasus dan sepanjang pantai Pasifik. Sepanjang pantai Baltik, curah hujan tahunan rata-rata adalah 600 milimeter, dan di Moskow adalah sekitar 525 milimeter. Sedangkan di sepanjang perbatasan Rusia-Kazakhstan rata-rata hanya dua puluh milimeter, dan sekitar lima belas milimeter jatuh di Siberia, Kutub Utara di sepanjang pantai. Penutupan salju di Rusia sangat bervariasi, untuk wilayah Rusia sebagian barat dari pegunungan Ural penutupan salju terjadi kurang lebih selama 200 hari sedangkan untuk wilayah bagian timur (Siberia) antara 120-250 hari.

image

Peta Ekoregion Rusia

Kondisi Hidrologis

Rusia merupakan negara yang kaya akan air. Luas perairan dari Rusia mencapai 79.400 km2, luasan ini melingkupi perairan daratan dan lautan. Rusia berbatasan langsung dengan beberapa samudera besar di dunia yaitu samudera pasifik dan samudera arktik serta laut kaspia. Sebagian besar lautan di Rusia selalu membeku terutama di musim dingin. Dari luasnya lautan Rusia hanya beberapa lautan yang tidak tertutup es yaitu Laut Barents, Laut Putih, Laut Kara, Laut Laptev dan Laut Siberia Timur yang merupakan bagian dari Arktik atau kutub utara, serta Laut Bering, Laut Okhotsk dan Laut Jepang yang merupakan bagian dari Samudra Pasifik. Laut-laut ini sangat penting bagi Rusia karena vital bagi keamanan dan perekonomian Rusia. Salah satu pelabuhan yang dimiliki Rusia adalah Pelabuhan Murmansk, pelabuhan ini sangatlah penting karena tidak membeku ketika musim dingin.

Rusia mempunyai beberapa sungai yang penting, sebagian kehidupan di Rusia berada di tepi-tepi sungai. Beberapa sungai besar yang ada di Rusia adalah: Sungai Volga adalah sungai terpanjang di Eropa. Sungai ini mengalir ke bagian barat Rusia, dan secara luas dipandang sebagai sungai nasional Rusia. Sebelas dari dua puluh kota terbesar Rusia, termasuk ibukotanya, Moskwa, terletak di tepi sungai Volga. Sungai Neva ialah sebuah sungai di barat laut Rusia, yang berhulu di Danau Ladoga dan melintasi Saint Peterburg dan bermuara di Teluk Finlandia. Meskipun panjangnya sedang-sedang saja, Neva adalah sungai terbesar ke-3 di Eropa dalam hal aliran rata-rata, setelah Sungai Volga dan Donau. Lembah Neva termasuk Danau Ladoga dan Onega, 2 danau terbesar di Eropa, dan mencakup daerah besar di Rusia Barat Daya dan Finlandia Selatan. Sungai Dnieper adalah sungai yang mengalir dari Rusia, melintasi Belarusia dan Ukraina, hingga ke Laut Hitam. Panjangnya 2.285 km, dimana 485 km melintasi Rusia, 595 km melintasi Belarusia, serta 1.095 km melintasi Ukraina. Sumber Sungai Dnieper adalah rawa-rawa Bukit Valdai di Rusia Tengah, dengan ketinggian 220 meter. Sepanjang 115 km, sungai ini menjadi batas negara Belarusia dan Ukraina. Sungai ini dihubungkan dengan Sungai Bug oleh Terusan Dniper-Bug. Sungai Dnieper sangat penting bagi transportasi ekonomi Ukraina, yang memungkinkan kapal dengan ukuran hingga 270 x18 meter mengakses pelabuhan Kiev. Sungai ini juga digunakan oleh kapal penumpang. Pada musim dingin, navigasi terhenti karena sungai membeku. Sungai ini juga dikenal akan bendungan dan PLTA, diantaranya PLTA Dnieper di dekat Zaporizhia, yang dibangun tahun 1927-1932 dengan output 558 MW. Bangunan ini rusak selama Perang Dunia II, dan dibangun kembali tahun 1948 dengan output 750 MW. Sungai Moskva merupakan sungai di sebelah barat Rusia, mengalir sejauh 503 km. Sungai Ural merupakan sebuah sungai yang terletak di Rusia dan Kazakhstan. Sungai ini bermuara dari Pegunungan Ural hingga Laut Kaspia. Sungai ini memiliki panjang 2.428 km. Sungai ini bermuara di dua benua yaitu Eropa dan Asia. Sungai Yenisei adalah sungai terbesar yang mengalir ke Samudra Arktik, dan dengan kepanjangan 5.539 km merupakan sungai terpanjang ke-5 di dunia. Selain itu Rusia juga memiliki beberapa danau, salah satu danau yang terkenal adalah danau Baikal. Danau Baikal adalah danau terdalam dan tertua di dunia serta mempunyai kandungan air tawar terbanyak di Bumi. Danau ini merupakan Situs warisan dunia yang terletak di selatan Siberia di Russia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat kota Irkutsk. Nama ini berasal dari kata Tatar Bai-Kul yang berarti danau kaya.

Kondisi sosial ekonomi dan budaya negara Rusia

Kondisi sosial

Rusia sangat memperhatikan kesejahteraan penduduknya, terutama para pensiunan, veteran, bayi dan anak-anak, ibu hamil, keluarga dengan lebih dari satu anak, dan orang cacat. Lembaga yang bertanggung jawab pada kesejahteraan ini adalah Departemen Sosial Perlindungan dan suplemen program kesejahteraan social Rusia. Bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakatnya meliputi Asuransi Sosial Fund, Dana Pensiun, Dana Kerja, dan Dana Bantuan Sosial.

image
Undang-undang di Rusia sangat memperhatikan para pekerjanya, hal ini terlihat dari peraturan-peraturan mengenai pekerja di negara ini. Peraturan tersebut diantaranya yaitu perusahaan harus menyediakan jaring pengaman sosial yang sangat selaras dengan kebutuhan perempuan. Dengan demikian, kebijakan keluarga dan kebijakan ketenagakerjaan terkait erat. Selain tunjangan dasar bagi semua pekerja, ada tunjangan khusus untuk anak-anak personel militer, anak-anak dengan tidak menikah, bercerai, atau janda ibu, dan anak-anak yang cacat. Wanita yang memiliki kontrak kerja berhak untuk cuti hamil dan dibayar dari tujuh puluh hari sebelum melahirkan sampai tujuh hari sesudahnya. Rusia juga memberikan hibah bersalin, yang merupakan total pembayaran satu kali tiga kali upah minimum atau 45 persen dari upah minimum dalam kasus ibu yang telah bekerja kurang dari satu tahun. Dalam rangka menerima tunjangan bersalin seorang wanita harus memiliki kontrak kerja. Sebagian besar pekerja Rusia memiliki hak untuk perumahan, perawatan anak, dan membayar liburan, terlepas dari kedudukan mereka dalam suatu perusahaan. Dana Asuransi Sosial adalah mekanisme administratif untuk pembayaran kepada pekerja yang melahirkan, hamil, tunjangan sakit, dan tunjangan anak untuk anak-anak antara usia enam dan enam belas. Dana ini dikelola oleh organisasi serikat terbesar di Rusia, Federasi Serikat Buruh Independen Rusia (Federatsiya nezavisimykh profsoyuzov rossii - FNPR) dan berfungsi sebagai gudang kontribusi perusahaan yang terdiri dari 5,4 persen dari total gaji. Rusia juga memiliki sistem keseluruhan tunjangan keluarga.

Tunawisma perkotaan adalah kategori yang kurang beruntung secara sosial yang tidak menerima pengakuan resmi dalam era Soviet. Karena hukum Soviet melarang pengemis dan gelandangan, tunawisma (artinya siapa pun yang kehilangan nya tempat tinggal dengan alasan apapun) dipenjarakan atau diusir dari kota. Ketika larangan berakhir pada awal 1990-an, ribuan orang kehilangan tempat tinggal, kebanyakan laki-laki, muncul di kota-kota Rusia; mayoritas telah bermigrasi ke daerah perkotaan yang mencari pekerjaan atau pengungsi dari konflik bersenjata yang meletus di Kaukasus dan Asia Tengah ketika Uni Soviet dibubarkan. Hingga saat ini para tunawisma i9ni masih kurang perhatian dari pemerintah Rusia walaupun telah ada beberapa organisasi yang mulai memperhatikan para tunawisma ini.

Pendidikan

Era Uni Soviet pendidikan sangat sentralistik, dan indoktrinasi dalam teori Marxis-Leninis dalam kurikulum di sekolah. Pada tahun 1990, program-program reformasi ditujukan untuk merombak era Soviet dengan merevisi substansi dari kurikulum. Pembubaran Uni Soviet dan transisi menuju demokrasi memiliki efek yang besar pada kebijakan pendidikan nasional. Pada tahun 1992 sebuah filsafat reformasi ditetapkan dalam UU Pendidikan. Prinsip dasar hukum itu adalah penghapusan kontrol negara dari kebijakan pendidikan. Sehingga daerah mempunyai kewenangan untuk menentukan kebijakan dalam pendidikan. Rusia sangat memperhatikan aspek pendidikan masyarakatnya, hal ini terlihat dalam undang-undang di negara ini bahwa pendidikan umum dasar adlah wajib dan bahwa orang tua atau wali bertanggung jawab untuk memastikan bahwa anak-anak memperoleh pendidikan. Pentingnya pendidikan di Rusia menghasilkan masyarakat yang tingkat pendidikannya cukup tinggi, kondisi ini terlihat dari statistik masyarakat dimana masyarakat yang melek huruf sekitar 99,6% dari jumlah penduduk Rusia.

Kondisi Ekonomi

Rusia memiliki perindustrian yang cukup maju yang merupakan warisan dari masa pemerintahan Stalin. Industri yang dikenal antara lain industri perlengkapan dan peralatan militer, misalnya industri pesawat tempur yang menghasilkan MiG dan Sukhoi serta helikopter, pesawat terbang, tank, rudal dan persenjataan ringan seperti senapan Kalashnikov. Selain itu ada pula industri berat seperti industri baja, pertambangan mineral, batu bara dan minyak bumi. Rusia juga memiliki industri pertanian yang digalakkan Stalin dengan pertanian kolektifnya. Sekalipun merupakan negara industri yang tergabung G-20, Rusia masih berusaha mengatasi masalah ekonominya agar mampu menjadi negara adikuasa kembali seperti ketika masa Uni Soviet.

Kondisi perekonomian di Federasi Rusia mulai menemui titik terang pada tahun 1999 sejak Vladimir Putin diangkat sebagai Wakil Pertama Perdana Menteri. Pada saat itu Vadimir Putin mulai mengambil tindakan awal yaitu menyelidiki beberapa kasus skandal keuangan di negara tersebut, hasilnya beberapa kasus berhasil dibongkar. Tindakan berikutnya yang lebih nyata diambil setelah dirinya diangkat sebagai Presiden Federasi Rusia pada tahun 2000.

Tindakan-tindakan yang diambil Vladimir Putin untuk memperbaiki perekonomian negara cukup ekstrim, bahkan pihak Barat dan lawan-lawan politiknya menyatakan tindakannya tidak demokratis namun ia tidak memperdulikannya dan terus melanjutkannya.Vladimir Putin menyatakan ia memilih sistem ekonomi pasar bebas, namun harus disesuaikan dengan kondisi di Rusia. Ia juga menyatakan bahwa Rusia masih merupakan negara yang didasarkan pada sistem paternalistik yang kuat yang merujuk pada peran negara yang lebih menonjol daripada elemen sipil. Hal ini mengingatkan kita pada sistem sentralisme demokratik yang dianut Uni
Soviet pada saat dipimpin oleh Lenin. Dalam sistem ini semua keputusan bersifat terpusat dan struktural herarki vertikal namun masih mengikutsertakan elemen sipil di dalamnya.

Istilah sentralisme demokratik dipakai oleh Bolshevik untuk pertama kalinya dalam resolusi “Tentang Reorganisasi Partai” yang dikeluarkan pada Desember 1905, yang kemudian dituangkan dalam resolusi tentang organisasi partai yang disyahkan oleh Konggres Persatuan Bolshevik – Menshevik PBSDR (Partai Buruh Sosial Demokrat Rusia) pada April 1906. Sentralisme demokratik meliputi prinsip organisasional yang sama sekali baru dalam sejarah gerakan sosialis, setidaknya sejak berkembangnya gerakan tersebut di Eropa pada dekade 1890-an. Prinsip organisasional yang baru tersebut adalah larangan bagi faksi minoritas di kalangan Bolshevik untuk “mengeluarkan pernyataan di muka umum hal-hal yang bisa menggangu aksi-aksi atau keputusan-keputusan yang dikeluarkan oleh faksi mayoritas.”

Sistem ini kemudian diadopsi oleh presiden Vladimir Putin selama masa kepemimpinannya dari tahun 2000-2008. Rusia dibawah kepemimpinannya seakan kembali ke masa Uni Soviet, namun kebijakan yang dijalankan presiden Vladimir Putin ternyata membuahkan hasil. Salah satu bukti keberhasilan pemerintahannya untuk mengatasi krisis ekonomi adalah selama kurun waktu
2005-2006 negara tersebut berhasil melunasi hutangnya ke Paris Club sebesar 23,7 miliar USD.10 Padahal sebelumnya Rusia merupakan negara dengan hutang terbesar. Diperkirakan total hutangnya mencapai 150 milliar USD, termasuk 70 milliar USD semasa zaman Uni Soviet. Pada tahun 2013 GDP Rusia sebsar 2.553 trilyun dolar (2013) dan GDP perkapita adalah 18.100 dollar.

Produk pertaniannya meliputi biji-bijian serelia, gula bit, biji bunga matahari, sayuran, buah-buahan, daging dan susu. Produk pertanian memenuhi kira-kira 40% dari kebutuhan dalam negeri, sedangkan kekurangannya masih harus mengimpor. Pembudidayaan gandum terutama dilakukan di kawasan Povolzhie, kaukasus utara, Ural, Siberia Barat, dan Kawasan tengah. Rami ditanam di kawasan tengah dan barat laut. Bunga mataharu ditanam terutama di kawasan Kaukasia Utara, Povolzhie, dan centralnochernozhemie. Penanaman bit untuk gula bit di Kaukasia Utara dan centralnochernozhemie.

Peternakan berkembang terutama sekali di daerah Moskwa, Volgograd, Omsk, Kirov, Tambovsk, Nizhegorod dan Penza, serta juga Republik-replubik Chuvasia, Tatarstan, Mordovia, dan Udmurtia. Di daerah tersebut diternakan bermacam-macam hewan antara lain: sapi, babi, domba, kambing, kuda, unggas. Produk dari peternakan antara lain daging dan susu.

Pertambangan Rusia melimpah karena kekayaan alamnya. Rusia memiliki tambang batubara 30%, minyak 40%, gas 45%, dan batu tulis 50%, bijih-bijih logam meliputi besi, krom, mangan, logam mulia. Pertambangan migas pada umumnya dipusatkan di Kawasan Siberia Barat dan Volga-Ural, Batubara ditambang di Kuznetski, Pechorsk, Kansko-Achinsk, dan Yakutia-saha selatan, bijih besi di kawasan anomali magnet Kursk dan Ural maupun Siberia Barat.

Industri pertambangan berupa indstri ekstraktif yaitu batubara, minyak, gas, bahan kimia dan logam. Industri bentuk bangunan mesin dari Rolling Mills, industri galangan kapal, peralatan jalan dan transportasi kereta api, mesin pertanian, traktor, peralatan konstruksi, daya pembangkit listrik dan peralatan transmisi, peralatan medis dan ilmiah, tekstil dan bahan makanan, kerajinan, industri pertahanan, termasuk radar, rudal, komponen elektronik canggih. Pusat Industri baja ada di kota Magnitogorsk, Celjabinsk, Nizhniy, Novokuzneck, Cerepovec, dan Lipeck. Pusat Industri logam bukan besi di kota Norilsk, Krasnojarsk, dan irkutsk. Industri mesin berat di Moskwa, St. Petrsburg, kawasan ural, dan Siberia Barat. Industri kimia dihasilkan terutama di kawasan tengah, dan barat laut, juga Ural dan Povozhie.

Komoditas perdagangan Rusia paling banyak adalah bahan bakar, mesin-mesin dan alat-alat transportasi, tekstil, serta bahan-bahan kimia. Negara tujuan ekspor utama adalah negara-negara bekas Uni Soviet. Transportasi di Rusia dengan panjang jalur kereta api mencapai lebih dari 160 ribu km, jalan raya sekitar 884 ribu km, dan jalur pelayaran darat lebih dari 100 ribu km.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post


EmoticonEmoticon

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner