13.11.17

5 Negara Paling Damai di Dunia

Banyak hal yang membuat sebuah negara menjadi tempat yang nyaman bagi warganya. Salah satunya adalah kondisi damai di sebuah negara.
Indeks Perdamaian Global (GPI) yang disusun Institut Ekonomi dan Perdamaian mencoba menyusun negara-negara paling damai di dunia.
Ada 22 indikator yang digunakan untuk menentukan level kedamaian sebuah negara misalnya angka kejahatan, hubungan dengan negara sekitar dan tak pernah terlibat perang.
Berikut 5 negara terdamai di dunia versi Institut Ekonomi dan Perdamaian.
5. Swiss
Kota-kota yang bersih, rendahnya angka kejahatan dan makanan yang berkualitas membuat Swiss menjadi salah satu negeri yang paling layak ditinggali.
Kualitas pendidikan dan sistem kesehatan negeri ini adalah salah satu yang terbaik di dunia. Tak heran, kemampuan dan bakat rakyat Swiss terdongkrak sangat luar biasa.
Besaran gaji pekerja di negeri itu terbilang besar diimbangi dengan level pajak yang rendah. Hal ini membuat Swiss dikenal sebagai salah satu negeri surga pajak di dunia.
Swiss juga dikenal sebagai salah satu negeri paling hijau di dunia karena sangat mengutamakan energi terbarukan dan produl-produk ramah lingkungan.

4. Selandia Baru
Selandia Baru dikenal memiliki layanan sosial yang luar biasa, jumlah narapidana yang minim serta hubungan baik dengan negara di sekitarnya.
Negeri ini juga memiliki sistem hukum yang independen dan kuat serta kepolisian yang berdedikasi tinggi.
Negeri Kiwi ini juga memberikan layanan pendidikan dan kesehatan yang sangat baik untuk rakyatnya. Rakyat, terutama yang tak bekerja, bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis saat membutuhkan.

3. Austria
Negeri Eropa ini merupakan salah satu negara yang paling nyaman untuk ditinggali karena rendahnya angka kejahatan.
Austria juga dikenal karena kebersihannya dan memiliki undang-undang daur ulang yang ketat untuk melindungi lingkungan.
Berdasarkan GDP-nya, Austria adalah salah satu negara terkaya di dunia, sehingga memiliki standar hidup yang tinggi dan sistem transportasi yang sangat hebat.
Keindahan alam dan bangunan-bangunan bersejarahnya membuat Austria setiap tahun dikunjungi jutaan turis dari berbagai negara di dunia.

2. Denmark
Seperti halnya Finlandia, negeri Skandinavia ini juga merupakan negara dengan tingkat korupsi yang sangat kecil.
Negeri ini juga dikenal dengan level kesetaraan gender yang tinggi. Kondisi ini membuat keterlibatan perempuan dalam bidang politik, kesehatan dan pendidikan sangat kuat.
Negeri ini juga memberikan layanan kesehatan dan pendidikan gratis untuk rakyatnya. Kondisi ini membuat rakyat Denmark tak keberatan dengan level pajak yang tinggi.
Warga ibu kota Kopenhagen, saat ini lebih memilih bersepeda atau berjalan kaki ke sekolah atau tempat kerja. Kebiasaan ini bertujuan untuk membuat Kopenhagen menjadi kota dengan level karbon terendah pada 2025.

1. Islandia
Menurut daftar GPI 2016, Islandia menjadi negara paling damai dan nyaman untuk ditinggali.
Negeri ini memiliki level demokrasi yang nyaris sempurna, kesetaraan gender dan tingkat kejahatan yang sangat rendah.
Di sektor pendidikan negeri ini juga sukses karena 99 persen warganya bebas dari buta huruf. Prestasi ini dimungkinkan karena rakyat Islandia tak perlu membayar untuk bisa bersekolah.
Rakyat Islandia juga menjadi warga paling melek informasi di dunia dan berada di posisi atas dalam hal kegemaran membaca dan penerbitan buku.
Keterlibatan perempuan dalam berbagai sektor juga sangat tinggi. Islandia adalah negeri pertama di Eropa yang memiliki presiden perempuan, Vigdis Finnbogadottir yang terpilih pada 1980.
Satu lagi kelebihan negeri ini yaitu bebas dari nyamuk karena serangga itu tak bisa hidup di kondisi alam Islandia.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner