10.11.17

Dimanakah Negara Terkecil di Dunia?

Pernahkah terbesit di dalam pikiran kalian dimanakah negara terkecil di dunia? Sebagai rakyat Indonesia yang merupakan negara besar mungkin aneh dengan negara kecil ini. Sebagian besar negara terkecil merupakan tempat tujuan wisata. Namun ada juga negara yang karena ukurannya yang kecil terancam tenggelam karena pemanasan global. Berikut ini negara terkecil di dunia menurut Uniworldnews dan Worldatlas:

Malta


Malta adalah negara Eropa kecil dengan total luas 316 kilometer persegi dan jumlah penduduk sekitar 452.500 jiwa. Malta terkenal dengan panoramanya yang indah dan merupakan pusat wisata. Bahasa resmi yang digunakan di sini adalah bahasa Malta dan Inggris. Mata uang yang digunakan di negara ini adalah Euro.

Maladewa


Luas kawasan negara ini sekitar 300 kilometer persegi. Jumlah penduduknya sekitar 328.500 jiwa. Ini adalah negara terkecil di Asia dan merupakan tujuan wisata yang sangat terkenal. Bahasa resmi yang digunakan di sini adalah Divehi dan mata uang yang digunakan adalah Rufiyaa Maladewa.

Saint Kitts dan Nevis


Saint Kitts dan Nevis berada di benua Amerika Utara. Total luas Saint Kitts dan Nevis sekitar 261 kilometer persegi dan jumlah penduduk di sini berkisar 53.000 orang. Ini adalah negara terkecil di Amerika dan belahan bumi Barat. Bahasa resmi yang digunakan di sini adalah bahasa Inggris dan mata uang yang digunakan adalah dolar Karibia Timur.

Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall adalah satu lagi negara terkecil dari Oseania. Total luas lahan yang tercakup dalam Kepulauan Marshall adalah 181 kilometer persegi dan jumlah penduduk di sini adalah sekitar 68.000 jiwa. Kwajalein, Enewetak, Utirik dan Rongelap termasuk di negara kepulauan ini. Mata uang yang digunakan adalah Dollar Amerika Serikat (USD).

Liechtenstein


Total luas lahan negara ini adalah 160 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 36.000 jiwa. Liechtenstein terletak di benua Eropa dan merupakan negara terkecil di dunia yang berbatasan lebih dari satu negara lainnya. Jerman adalah bahasa asli mereka dan mata uang yang digunakan adalah Franc Swiss.

San Marino


Negara ini terletak di bawah benua Eropa dan merupakan negara terkecil ketiga di benua ini. Luas total lahan San Marino adalah 61 kilometer persegi dan jumlah penduduk melingkupi 32.000 penduduk. Negara ini dikelilingi oleh Italia, dan Italia menjadi bahasa resmi dari San Marino. Mata uang yang digunakan di sini adalah Euro.

Tuvalu


Negara yang terancam keberadaannya karena perubahan iklim ini terletak di kepulauan Oseania. Luas total lahan Tuvalu adalah 26 kilometer persegi dan jumlah penduduk di sini tercatat sekitar sepuluh ribuan jiwa. Bahasa resmi yang digunakan di Tuvalu adalah Tuvalu, dan mata uang yang digunakan adalah Dollar Australia.

Nauru


Nauru adalah negara terkecil ketiga di dunia yang terletak di Oseania. Nauru juga negara pulau terkecil di dunia. Luas total lahan Nauru adalah 21 kilometer persegi dan jumlah penduduk sekitar 9300 orang. Bahasa resmi yang digunakan di sini adalah Nauruan, dan mata uang yang digunakan adalah Dollar Australia.

Monako


Negara yang terkenal dengan sektor jasa dan barang mewah serta perjudiannya ini adalah negara terkecil kedua di dunia. Monako terletak di benua Eropa dan mata uang yang digunakan di sini adalah Euro. Balapan Formula Satu juga digelar di sana. Luas total Monako 2 km persegi dan jumlah penduduk sekitar 36.000 jiwa. Monako tercatat sebagai negara yang paling padat penduduknya di dunia.

Vatikan


Dalam daftar negara-negara terkecil di dunia, pusat Gereja katolik di dunia ini menempati posisi teratas. Kota Vatikan adalah negara terkecil di dunia dengan luas hanya 44 hektar dan total penduduk di sini hanya sekitar sekitar 840 orang. Bahasa resmi tempat ini Italia dan mata uang yang digunakan adalah Euro. Vatikan terletak di bukit, di dalam kota Roma.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post


EmoticonEmoticon

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner