13.11.17

Negara Kenya

Kenya adalah sebuah negara di Afrika Timur yang berbatasan dengan Ethiopia di utara, Somalia di timur, Tanzania di selatan, Uganda di barat, Sudan di barat laut serta dibatasi Samudera Hindia di bagian tenggara. Negara kenya terbagi atas delapan wilayah pemerintahan daerah. Kedelapan tersebut yakni bagian tengah, daerah pantai, bagian timur, Nairobi, bagian timur laut, Nyanza, bagian barat, dan Rift Valley.
Bentuk negara Kenya adalah republik dengan kepala negara dan pemerintahan seorang presiden. Pusat pemerintahan berada di kota Nairobi yang sekaligus menjadi ibu kota negara. Nama Kenya berasal dari gunung yang paling tinggi dan terkenal di Kenya, yakni G. Kenya (5.216 m). G. Kenya merupakan gunung tertinggi ke-II setelah G. Kilimanjaro.

Gambaran Umum Negara Kenya

Peta Negara Kenya

1. Luas wilayah : 582.644KM2.
2. Letak astronomis : 50 LU-50 LS dan 340 BT-450 BT.
3. Letak geografis : di Afrika timur dan di Pantai timur Afrika.
4. Batas-batas : Utara adalah Etiopia dan Sudan, Timur adalah Rep. Somalia dan Samudera Hindia, Selatan adalah Tanzania, dan Barat adalah Uganda.
5. Bentang alam : Dapat dibagi menjadi empat.
- Sabuk pesisir. Merupakan pantai pasir putih.
- Tanah tinggi. Yang terletak di barat daya Kenya.
- Lembah celah besar. Di sini terdapat banyak danau.
- Belukar. Yang berada sejauh 32 km dari pantai yang membentang ke utara dan barat. Yang biasanya digunakan untuk suaka margasatwa.
6. Sungai utama di Kenya adalah Sungai Tana dan Atik yang mengalir ke timur menuju Samudera Hindia. Vegetasi pada daerah pantai adalah hutan hujan tropis, dan sabana pada daerah pedalaman yang sedikit curah hujan. Jenis faunanya antara lain Gajah, Kuda nil, dll.
7. Iklim : Pada umumnya adalah Tropis.
Keadaan penduduk : Pada tahun 1998, jumlah penduduknya 28.300.000 jiwa. Pertumbuhan penduduknya 3,7% dan kepadatannya adalah 48 jiwa/km2. Sebagian besar adalah orang Negro, yaitu suku bangsa Kikuyu dan Bantu. Penyebaran penduduknya tidak merata, yang paling padat adalah kota Nairobi dan Mombasa.
Penduduk Negara Kenya terdiri atas beraneka ragam suku bangsa. Namun demikian, secara garis besarnya dapat dibagi menjadi empat kelompok suku bangsa yaitu sebagai berikut.
Suku Kikuyu. Suku ini merupakan suku bangsa terbesar di Kenya. Sebagian besar suku Kikuyu menempati kota Nairobi bagian utara. Suku Kikuyu menganggap Gunung Kenya sebagai benda keramat. Dewa mereka, yaitu Dewa Ngai , bersemayam di gunung Kenya.
Suku lou. Suku ini menempati daerah di pesisir Danau Victoria dan di kawasan Nyanza.
Suku Luhya. Suku ini merupakan suku minoritas yang menempati daerah-daerah pedalaman.
Suku Masai. Suku ini hidup berpindah-pindah atau nomaden bersama dengan hewan ternaknya. Masyarakat Masai biasanya memakai pakaian yang terbuat dari kulit. Mereka terkadang memakai baju luar mirip jubah yang dibuat dari bahan sprei atau selimut.
Bentuk pemerintahan : Republik, yang dipimpin oleh seorang Presiden.
Bahasa : Swahili (resmi), yang lainnya adalah bahasa Inggris.
Agama : Agama tradisional, Islam, dan Kristen.
Kegiatan ekonomi
Pendapatan per kapita rata-rata- penduduk Kenya kurang lebih sebesar US$ 390. Pendapatan ini didukung oleh berapa sektor antara lain sebagai berikut.
1)    Pertanian, Pertanian merupakan hasil tulang punggung perekonomian Kenya. Hasil-hasil pertaniannya antara lain padi, tebu, gandum, buah-buahan, sayur-sayuran, kopi, kapas, dan jagung.
2)    Peternakan, Kenya merupakan salah satu negara penghasil susu diBenua Afrika. Hewan-hewan yang diternakan antara lain biri-biri, kambing, sapi, domba, dan unta.
3)   Pertambangan, Hasil tambang Negara Kenya memberi nilai tambah devisa bagi negaranya. Barang-barang tambangnya antara lain batu kapur, emas, tembaga, dan minyak bumi.
4)   Perindustrian, Sektor industri Negara Kenya baru menyumbang seperlima pendapatan domestik bruto dengan menyerap tenaga kerja 10%. Hasil indutrinya antara lain semen, tekstil, barang kimia, makanan kaleng, kendaraan bermotor, dan gula tebu.
5)   Perdagangan, Barang-barang ekspornya yaitu teh, kopi, sisal, gula, serbuk soda, dan semen. Barang-barang impornya yaitu bahan kimia, pakaian, alat rumah tangga, minyak mentah, mesin-mesin pertanian, dan mobil.
6)   Pariwisata, Daerah yang menjadi tempat pariwisata umumnya berupa wisata alam.
Kebudayaan : Kebudayaan Kenya masih jauh tertinggal dengan negara-negara di Afrika utara dan barat. Untuk mengatasinya, pemerintah mengembangkan sektor pendidikan dengan menerapkan wajib belajar.
Bentuk kerjasama Kenya dengan Indonesia :
1. Keduanya menjalin hubungan diplomatik.
2. Kedua kepala negara saling mengadakan kunjungan untuk menjalin kerjasama di berbagai bidang.
3. Keduanya bekerjasama dalam forum GNB
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post


EmoticonEmoticon

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner