13.11.17

Negara Madagaskar atau Malagasi

Malagasi  adalah sebuah negara pulau di Samudra Hindia, lepas pesisir timur Afrika. Pulau Madagaskar adalah pulau terbesar keempat di dunia. Selain pulau utama, beberapa pulau kecil di sekitarnya juga menjadi klaim republik ini, yaitu Pulau Juan de Nova, Pulau Europa, Kepulauan Glorioso, Pulau Tromelin Island, dan Bassas da India. Walaupun secara geografis berdekatan dengan Afrika, sejarah geologi, biologi, dan demografi Madagaskar berbeda dengan wilayah daratan utama benua itu. Malagasi terletak di lepas pantai Afrika Tenggara. Wilayahnya berupa sebuah pulau besar yang merupakan pulau terbesar ke-IV di bumi dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dahulu negara ini bernama Madagaskar. Malagasi beribukota di Antana Na Rivo.

Gambaran Umum Negara Madagaskar

Peta Negara Madagaskar

1. Luas wilayah : 595.700KM2.
2. Letak astronomis : 120 LS-260 LS dan 430 BT-500 BT.
3. Letak geografis : Lepas pantai tenggara Afrika di samudera Hindia yang di pisahkan oleh selat Mozambik.
4. Batas-batas : Di sebelah Utara, Timur, dan Selatan adalah Samudera Hindia. Barat adalah Selat Mozambik.
5. Bentang alam : Daerah barat laut Malagasi merupakan daerah pertanian yang paling subur, karena tanahnya merupakan endapan sungai besar. Daerah utara merupakan daerah pegunungan tinggi. Daerah pesisir timur merupakan hutan belantara. Daerah tengah merupakan daerah Plato. Daerah selatan merupakan daerah setengah gurun. Bagian barat merupakan daerah lereng yang semakin melandai di dekat laut.
6. Iklim : Tropis yang panas serta kering.
Keadaan penduduk : Pada tahun 1998, jumlah penduduknya 14.000.000 jiwa. Pertumbuhan penduduknya sebesar 3,0% per tahun. Penduduk Malagasi terdiri dari berbagai macam suku, yang terbesar adalah suku Merina.
Bentuk pemerintahan : Republik, yang dipimpin oleh seorang Presiden. Nama resminya adalah Republik Demokrasi Malagasi.
Bahasa : Perancis (resmi), dan Malagasi.
Agama : Mayoritas Kristen, Katholik Roma, Protestan, dan Islam.
Kegiatan ekonomi : pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, dan perindustrian.
Kebudayaan : Masyarakat Malagasi merupakan terdiri dari berbagai macam suku bangsa. Budaya Malagasi memiliki persamaan dengan budaya di Indonesia. Bahasa yang digunakan masih serumpun oleh bahasa Indonesia. Rumpun bahasanya adalah rumpun bahasa Astronesia. Ini disebabkan oleh perkiraan yang mengatakan bahwa lebih kurang 2000 tahun yang lalu orang dari kepulauan Pasifik selatan bermigrasi ke Malagasi.
Bentuk kerjasama Malagasi dengan Indonesia :
1. Bekerjasama dalam forum GNB.
2. Keduanya ikut serta dalam PBB.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post


EmoticonEmoticon

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner