13.11.17

Negara Nigeria

Nama resmi Nigeria adalah Federal Republic Of Nigeria. Nigeria merupakan negara terbesar di pantai Afrika Barat. Nigeria beribukota di Lagos. Negara ini berbatasan dengan Niger, Benin, Chad dan Kamerun. Dengan wilayah seluas 923.768 km2, negara beriklim tropik dan kering ini dihuni oleh sekitar 133.881.703 orang penduduk.
Sebelum dan setelah kemerdekaan pada tahun 1960, Nigeria adalah sebuah federasi dari tiga Kawasan: Utara, Barat, dan Timur. Provinsi juga digunakan pada zaman kolonial. Pada tahun 1963, dua provinsi ini terlepas dari Wilayah Barat untuk membentuk daerah baru, Wilayah Barat-tengah. Pada tahun 1967, daerah digantikan oleh 12 negara bagian yang disebabkan oleh keputusan militer; hanya mantan Wilayah Barat-tengah yang lolos divisi, dan membentuk satu negara bagian berikut restrukturisasi. Dari tahun 1967 sampai tahun 1970 Negara bagian Barat-tengah dan Wilayah Timur berusaha memisahkan diri, sebagai Biafra. Pada tahun 1976, tujuh negara bagian baru diciptakan, membuat 19 semuanya; Federal Capital Territory (sekarang disebut Abuja) resmi didirikan pada tahun 1991. Pada tahun 1987 dua negara yang baru didirikan, diikuti oleh sembilan pada tahun 1991, sehingga total sampai 30.Perubahan terbaru, pada tahun 1996, mengakibatkan jumlah Negara bagian di Nigeria kini menjadi 36 negara bagian.

Gambaran Umum Negara Nigeria

Peta Negara Nigeria

1. Luas wilayah : 923.768.000KM2.
2. Letak astronomis : 40 LU-120 LU dan 30 BT-150BT.
3. Letak geografis : Terletak di wilayah Afrika Barat
4. Batas-batas : Utara adalah Niger, Timur adalah Kamerun dan Chad, Selatan adalah Teluk Guinea, dan Barat adalah Benin.
5. Bentang alam : Nigeria terbentang dari Rep. Niger di sebelah utara dan sampai ujung timur Teluk Guinea.
6. Iklim : Tropis.
Nigeria mempunyai garis pantai yang panjang dari Benin sampai Kamerun. Di Nigeria terdapat dua Teluk besar yaitu Teluk Benin dan Teluk Boni yang merupakan bagian dari Teluk Guinea. Di sekitar pantai daerahnya ditutupi rawa bakau. Di bagian utara merupakan dataran rendah yang tidak berpohon. Dataran yang agak tinggi terdapat di Nigeria bagian tengah dan timur. Puncak tertinggi terdapat di Nigeria bagian timur yaitu G. Pogel (2.042 m).
Keadaan Penduduk : Pada tahun 1998, jumlah penduduknya 121.800.000 jiwa. Pertumbuhannya 2,8% per tahun, dan kepadatannya adalah 132 jiwa/km2. Penduduk Nigeria terdiri dari berbagai suku diantaranya adalah suku Yoruba, Housa, Ibo, dan Pulani.
Bentuk Pemerintahan : Republik Federal, yang dipimpin oleh seorang Presiden.
Bahasa : Inggris (resmi).
Agama: Islam, Protestan, Katholik, Ajaran Tradisional, dll.
Kegiatan Ekonomi : pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Sebagian besar transaksi keuangan dan komersial dan dilakukan pada pusat bisnis yang terletak di pulau ini. Sebagian besar bank Nigeria dan masalah keuangan lainnya berkantor pusat di Lagos. Selain itu, Lagos juga memiliki standar hidup tertinggi dibandingkan dengan kota-kota Nigeria lainnya. Pelabuhan Lagos adalah port Nigeria terkemuka dan peringkat sebagai salah satu yang tersibuk dan terbesar di Afrika.
Kebudayaan : Peradaban besar sudah ada di Nigeria sejah 500 tahun sebelum masehi. Yaitu dengan ditemukannya artevak patung-patung terrarosa, uang logam, dan perkakas tanah liat.
Bentuk kerjasama Nigeria dengan Indonesia :
1. Keduanya bekerjasama dalam bidang diplomatik.
2. Keduanya sama-sama menjadi anggota OPEC.
3. Keduanya bekerjasama dalam GNB
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner