13.11.17

Negara Paraguay

Republik Paraguay adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang terkurung daratan dan berada di dua sisi Sungai Paraguay.Ibukota di Asuncion.

Gambaran Umum Negara Paraguay

Peta Negara Paraguay

1. Luas wilayah : 406.750 km2
2. Letak astronomis : 60 LU-350 LS dan 350 BB-740 BB.
3. Letak geografis : Terletak di Benua Amerika bagian bagselatan.
4. Batas-batas : Utara:Bolivia dan Brasil, Timur:Brasil dan Argentina, Selatan dan Barat:Argentina.
Iklim: Tropis pada bagian utara dan sub tropis pada bagian selatan Brazil.
Keadaan penduduk: umlah penduduk Paraguay 5.740 jiwa. Angka kepadatan penduduk 13/jiwa.
Bentuk pemerintahaan : Negara Paraguay, bentuk pemerintahan adalah republik. Negara dan pemerintahan Paraguay dipimpin oleh Presiden.
Bahasa resmi : Bahasa resmi Paraguay adalah bahasa Spanyol.
Mata uang : Guarani
Agama : Katholik roma
Lagu kebangsaan: ‘Paraguayos Pepublica O Mverte’.
Perekonomian:
Hasil pertanian: jagung, kapas, gandum, jeruk.
Hasil pertambangan: mangan, besi dan batu gamping.

Sistem Pemerintahan Paraguay

Paraguay merupakan negara Republik Kesatuan dengan Kekuasaan Eksekutif, Yudikatif dan Legislatif.
· Berdasarkan konstitusi 1940, Presiden adalah pemegang kekuasaan Eksekutif tertinggi dan dipilih melalui pemilu secara langsung. Presiden dengan masa jabatan 5 tahun dapat dipilih kembali.
· Badan Legislatif Paraguay, Kongres menganut sistem 2 kamar yaitu Senat (Camara de Senadores) memiliki 45 kursi dan Majelis Rendah (Camara de Diputados) memiliki 80 kursi. Setiap 5 tahun diadakan pemilihan untuk para anggota kedua badan itu.
· Mahkamah agung adalah pemegang Kekuasaan Yudikatif, beranggotakan 5 orang dan 3 orang diantaranya diangkat untuk masa jabatan 5 tahun. Kelima anggota ini dapat diberhentikan oleh DPR.
· Disamping Badan Eksekutif, dibentuk pula suatu Dewan Negara yang anggotanya terdiri dari para Menteri, wakil-wakil Gereja, para Rektor perguruan tinggi serta wakil-wakil kalangan pengusaha, petani, industri, bankir dan angkatan bersenjata. Dewan ini berfungsi sebagai wadah konsultasi.
· Paraguay memiliki 4 partai politik yaitu Partai Colorado, Authentic Radical Liberal Partai (PLRA), Partai Patriotic for Change (APC) dan National Encounter (terdiri dari partai politik kecil Partai Demokrat Kristen, Partai Revolusioner Febrerista dan Partai Demokrat Populer)

Bentuk kerjasama Paraguay dengan Indonesia

1. Hubungan diplomatik Indonesia–Paraguay dimulai tanggal 29 November 1982. Perwakilan Indonesia untuk Paraguay dirangkap dari Buenos Aires sedangkan perwakilan Paraguay untuk Indonesia yang sebelumnya dirangkap oleh Kedutaan Besar di Tokyo kini dirangkap oleh Kedutaan Besar Paraguay di Korea Selatan.
2. Presiden RI, melalui surat Sekneg no. R 319/M/Sekneg/5/90 tanggal 30 Mei 1990 telah menyetujui pembukaan Konsul Kehormatan RI di Asuncion yang sampai saat ini dijabat oleh Ricardo Sanchez Abdo hingga habis masa kerjanya sampai tahun 2009 sesuai Keppres No. 198/M tahun 2004. Namun berdasarkan faksimili Duta Besar Republik Indonesia di Buenos Aires tanggal 17 Desember 2009 diusulkan untuk memperpanjang masa tugas konsul kehormatan Republik Indonesia di Asuncion, Paraguay untuk periode 1 Januari 2010-31 Desember 2014.
3. Pemerintah Paraguay dapat memahami integritas kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kedua negara juga menjalin kerjasama di forum organisasi internasional yang antara lain ditandai dengan saling dukung pencalonan masing-masing pada badan-badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan organisasi-organisasi internasional lainnya. Beberapa pencalonan saling dukung antar kedua negara adalah: Pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan International Civil Aviation Organization (ICAO) kategori 3 periode 2007-2010 dengan pencalonan Paraguay pada Human Right Council (HRC) periode 2009-2011; Pencalonan Dubes Nugroho Wisnumurti sebagai anggota International Tribunal on the Law of the Sea (ITLOS) dengan pencalonan Paraguay pada Committee on Elimination Discrimination Against Women (CEDAW) untuk periode 2011-2014; Pencalonan Dubes Nugroho Wisnumurti sebagai anggota International Law Commission (ILC) periode 2007-2011 dengan pencalonan Paraguay sebagai anggota Committee on the Rights of the Child (CRC).
4. Hubungan perdagangan antara kedua negara walaupun masih relatif kecil tetapi cenderung meningkat pada 2 tahun terakhir. Volume perdagangan Indonesia-Paraguay walaupun masih relatif kecil tetapi mengalami peningkatan cukup signifikan dengan surplus di pihak Indonesia sampai dengan tahun 2008. Volume perdagangan kedua negara pada tahun 2006 adalah sebesar US$ 4,239 juta, pada tahun 2007 volume perdagangan kedua negara meningkat sebesar 38,9% menjadi US$ 6,950 juta. Pada tahun 2008 total perdagangan meningkat pesat mencapai US$ 13,041 juta naik sebesar 46,7% dari tahun 2007 dengan nilai ekspor sebesar US$ 11,681 juta dan impor sebesar USD 1,360 juta memberikan surplus bagi Indonesia sebesar US$ 10,320 juta. Total perdagangan Indonesia-Paraguay periode Januari-Oktober 2009 adalah sebesar US$ 25,679 juta dengan nilai ekspor sebesar US$ 12,002 dan impor sebesar US$ 13,676 juta memberikan defisit bagi Indonesia sebesar US$ 1,674 juta. Ekspor Indonesia ke Paraguay antara lain tembakau,carbon paper, kereta bayi dan mainan, peralatan elektronik, fiber, tekstil, sepeda motor, piring plastik, pompa dan kompresor beserta bagian-bagiannya. Komoditi impor Indonesia dari Paraguay antara lain kapas.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner