13.11.17

Negara Perancis

Negara ini dikenal dengan sebutan negeri Mode Dunia. Ibukota Perancis adalah Paris yang disebut kota cahaya. Perancis terkenal sebagai Negara mode di dunia dan memiliki salah satu keajaiban dunia yaitu Menara Eifel yang terletak di Kota Paris. Negara ini juga terkenal di bidang kuliner, anggur, music, seni, kereta api supercepat TGV, resor-resor sky di Pegunungan Alpen dan pusat pusat wisata lainnya. Sektor pariwisata menyumbangkan devisa yang sangat besar bagi Negara ini.
Perancis merupakan Negara tertua ke tiga di dunia setelah Ethiopia dan San Marino. Di bidang ekonomi, Negara ini memiliki tingkat kestabilan ekoonomi ke 4 dan kekuatan militernya nomor 6 di dunia. Panorama metropolitan Perancis sangat beragam. Di bagian utara, dan barat terdapat pesisir pantai sedangkan di bagian tenggara terdapat Pegunungan Alpen dan Pegunungan Pirenia di bagian barat daya. Daerah dataran tinggi lainnya adalah Massif Central, Pegunungan Jura, Vosges dan Pegunungan Arden. Di Alpen Perancis, terdapat Mount Blanc (4810) dan merupakan titik tertinggi di Eropa Barat. Sungai-sungai terkenal di Perancis antara lain Sungai Loire, Sungai Rhone, Sungai Garonne dan Sungai Siene. Prancis dapat dikatakan sebuah negeri dengan panorama, budaya, dan tempat wisata eksotis di dunia.

Gambaran umum negara Perancis

Peta Negara Perancis

1. Luas wilayah : 557.670KM2.
2. Letak astronomis : 420 LU-510 LU dan 50 BB-80 BT.
3. Letak geografis : Terletak di wilayah Eropa barat.
4. Batas-batas : Utara adalah Selat Chanel, Belgia, Jerman, dan Luxemburg. Timur adalah Jerman, Swis, dan Italia. Selatan adalah Spanyol, Andora, dan Laut tengah. Barat adalah Samudera Atlantik.
5. Bentang alam : Dapat dibagi menjadi beberapa bagian.
a. Tanah tinggi purba.
b. Lipatan pegunungan muda.
c. Dataran rendah.
d. Lembah sungai Roun dan pantai Laut tengah.
6. Iklim : Laut sedang.
7. Keadaan penduduk : Pada tahun 2001, jumlah penduduknya sebesar 59.200.000 jiwa. Kepadatannya 106 jiwa/KM2. Pertumbuhan penduduknya 0,4% per tahun. Sebagian besar penduduk Perancis tinggal di Kota besar seperti Paris yang merupakan kota metropolitan Perancis. Sebagian besar penduduk Perancis adalah orang Perancis, kelompok eknis lainnya adalah orang imigran yang mencari pekerjaan. Mereka dating dari Portugis, Maroko, Italia, dan Tunisia.
8. Bentuk pemerintahan : Republik, kepala negara dijabat oleh seorang presiden dan kepala pemerintahaan dijabat oleh perdana menteri.
9. Bahasa resmi : Bahasa Perancis.
10. Nama resmi : Republique Du France.
11. Maskapai penerbangan : Air France.
12. Mata uang : Franc.
13. Lagu kebangsaan : La Marsilleaise.
14. Agama : Mayoritas Katholik roma, Sisanya adalah Protestan, Islam, Yahudi, dan Gereja Ortodok Rusia dan Yunani.

Kegiatan Perekonomian negara Perancis

a. Pertanian, peternakan dan perikanan. Hasil-hasilnya antara lain Barle, Padi, Gandum, Apel, Buah perm, Buah persik dan aprikod, Anggur, susu mentega dan keju, dan ikan-ikan.
b. Pertambangan. Hasil-hasilnya antara lain Biji besi, bauksit, timah, uranium, potas, garam, fosfat, batubara, minyak bumi, gas alam, dll.
c. Perindustrian. Industrinya antara lain Industri besi dan baja, penyulingan minyak, pesawat terbang, mobil, serat sintetis, tekstil, elektronik, dll.
d. Perdagangan dan perhubungan. Komoditas eksportnya antara lain Mesin-mesin, mobil, tekstil, kapal terbang, persenjataan, barang kimia, dan minuman keras. Sedangkan komoditas Importnya antara lain Minyak bumi dan bahan mentah. Jaringan transportasi di Prancis sudah sangat baik.
Kebudayaan Negara Perancis
Kebudayaan Perancis telah dikenal luas oleh dunia internasional. Perancis mempunyai budaya yang tinggi dalam bidang teknologi, seni musik, sastra, lukis, dll. Di kota Paris terdapat menara Eiffel yang tingginya mencapai 325M yang merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Perancang mode yang terkenal banyak berasal dari Perancis. Di Perancis banyak terdapat universitas, yang tertua adalah universitas Paris yang berdiri sejak 1150. Mahasiswa bebas dari biaya pendidikan di universitas.

Bentuk kerjasama Perancis dengan Indonesia.

a. Kedua Negara menjalin hubungan diplomatic.
b. Kedua Negara menjalin hubungan ekonomi dengan melakukan eksport dan import. Barang-barang yang diperdagangkan adalah.
- Eksport Indonesia adalah Bekicot, ikan dan lada.
- Import Indonesia adalah Pakaian, parfum, mobil, dll.
c. Dalam bidang sosial budaya kedua Negara saling mengirimkan misi kebudayaannya.
d. Dalam bidang kesehatan kedua Negara saling tukar-menukar informasi dan memberikan bantuan obat-obatan.
e. Dalam bidang pendidikan kedua Negara saling tukar-menukar mahasiswa untuk meneruskan pendidikannya.
f. Dalam bidang pariwisata banyak orang Perancis yang berkunjung ke Indonesia dan sebaliknya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner