1.2.18

Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis


Keunggulan atau kelebihan SIG, adalah menyajikan dunia nyata (real world) pada layar komputer seperti lembaran peta. SIG menyimpan semua informasi berkenaan dengan unsur Geografis ke dalam basis data. SIG dapat membantuk dan menyimpan data tersebt dalam bentuk tabel. Data dapat disimpan dan dicar, ditemukan, dipanggil (storage and retrieval) berdasarkan segala atribut yang dimilikinya. Selain itu, SIG juga dapat menyediakan, menyajikan data untuk berbagai kegunaan di berbagai bidang dan berbagai bidang keilmuan. Pemanfaatan SIG tersebut diantaranya pada bidang :  

1. Bidang Pendidikan

Pada bidang pendidikan SIG dapat dimanfaatkan untuk menentukan lokasi sekolah, untuk membuat sistem informasi pendidikan dan sebagai alat bantu pemahaman siswa pada pembelajaran Geografi. 

2. Bidang Geologi, Pertambangan dan Perminyakan

Penggunaan data SIG pada bidang Geologi, pertambangan dan perminyakan dilakukan untuk menentukan lokasi tambang yang aman bagi pekerja dan tidak merusak lingkungan. SIG juga dapat dipergunakan untuk menganalisis limbah yang merupakan hasil buangan industri tambang.

3. Bidang Sumber Daya Alam

SIG bermanfaat untuk inventarisasi, manajemen dan kesesuaian lahan untuk pertanian, perkebunan, kehutanan, perencanaari tata guna lahan, anlisis daerah rawan bencana alam, analisis dan pemantauan daerahdaerah kebakaran hutan.  

4. Bidang Perencanaan.

SIG dapat dijadikan media yang tepat bagi perencanaan permukiman transmigrasi, perencanaan tata ruang wilayah, perencanaan kota, perencanaan pengembangan desa tertinggal, perencanaan lokasi dan relokasi industri, pasar, permukiman dan sebagainya.  

5. Bidang Lingkungan

Peranan SIG dapat dijadikan untuk menganalisis dan pemantauan pencemaran udara, limbah berbahaya, pencemaran air, sungal, danau, laut, evaluasi pengendapan lumpur atau sedimen, balk di sekitar danau, sungai atau pantai dapat dilakukan dengan SIG.

6. Bidang Hidrologi dan Kelautan

SIG digunakan dalam kegiatan inventarisasi dan manajemen stasiun pengamatan pasang surut, manaiemen daerah pesisir pantai, manajemen daerah wisata laut/baharl, taman laut dan sejenisnya.  

7. Bidang Transportasi dan Perhubungan

SIG digunakan dalam manajemen pemellharaan dan perencanaart dan perluasan jaringan transportasi, penentuan jalur transportasi yang efektif, analisis rawan kemacetan  dan bahaya keselakaan, serta inventarisasi jaringan transportasi.  

8. Bidang Telekomunikasi

Pada bidang ini, SIG dimanfaatkan pada waktu perencanaan, pemeliharaan dan analisis perluasan jaringan telekomunikasi, pembuatan sistem informasi pelanggan dan fasilitas umum telekornunikasi seperti telepon umum, wartel, warnet, dan yang lainnya. SIG dapat pula dimanfaatkan untuk menginventarisasi jaringan telekomunikasi dan pelanggan TV kabel, antene parabola dan selenisnya.

9. Bidang Ekonomi, Bisnis dan Marketing

Pada bidang bisnis dimanfaatkan untuk menentukan lokasi-lokasi bisnis yang prospektif untuk bank, pasar swalayan, mal, atau supermal, mesin ATM, kantor cabang, showroom, counter, outlet gudang dan sejenlsnya dengan memperhatikan lokasi konsumen atau pelanggan. Selain itu SIG juga digunakan untuk menganalisis rute terpendek yang harus dilalul travelling salesmen.  

10. Bidang Perpajakan

Pada bidang perpajakan, SIG dimanfaatkan untuk memperkirakan potensi pendapatan dari sektor pajak PBB (Paiak Bumi dan Bangunan), yaitu dengan membuat sistem informasi untuk penarikan pajak dari sektor periklanan yang berasal dari perizinan dan pemasangan papan komersil, plang, billboard yang terkait dengan data posisi, ruang dan waktu.  

11. Bidang Militer

Pada bidang militer sangat dibutuhkan dalam penyediaan data spasial untuk analisis rute-rute perjalanan logistik dan peralatan perang, pembuatan peta elektronik yang dihubungkan dengan radar yang mampu mendeteksi kendaraan-kendaraan ataupun pesawat-pesawat militer musuh, maupun untuk usaha pertahanan negara.  

12. Bidang Kesehatan

Manfaat SIG ternyata dapat digunakan untuk menentukan distribusi penderita suatu penyakit, pola atau penyebaran penyakit serta penentuan distribusi unit-unit rumah sakit atau puskesmas, dan fasilitas kesehatan lainnya.  

13. Bidang Utilitas

SIG dimanfaatkan dalam proses inventarisasi dan manajemen informasi jaringan pipa air minum, sistem informasi pelanggan, perencanaan dan perluasan jaringan pipa air minum;  Inventarisasi dan manaiemen jaringan listrik, pemeliharaan dan perluasan jaringan listrik. Penentuan distribusi tempat-tempat fasilitas umum, seperti tong sampah, WC umum dan fasilitas umum lainnya.  
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post


EmoticonEmoticon

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner