28.3.18

Perbedaan Antara Siklon, Tornado, Puting Beliung & Water Spout


Siklon, tornado, puting beliung dan water spout sama-sama merupakan pusaran atmosfer. Namun demikian, ukuran diameter tornado, puting beliung dan water spout sama-sama berkisar pada ratusan meter, sedangkan ukuran diameter siklon dapat mencapai ratusak kilometer. Tornado terjadi di atas daratan, sedangkan siklon tropis di atas lautan luas. Siklon tropis yang memasuki daratan akan melemah dan kemudian mati. Puting beliung merupakan sebutan lokal untuk tornado skala kecil yang terjadi di Indonesia, dan water spout merupakan tornado yang terjadi di atas perairan, (dapat berupa danau maupun laut).

Perbedaan siklon dan tornado dapat dilihat pada tabel berikut:

Kriteria Siklon Tornado
Daerah tumbuhnya Di laut, umumnya di atas lintang 10 derajat utara maupun selatan Di darat. Tornado yang terjadi di perairan disebut water spout
Arah gerak Untuk siklon di bumi belahan selatan umumnya bergerak ke arah barat atau barat daya, sedangkan untuk siklon di bumi belahan utara umumnya bergerak ke arah barat atau barat laut. Arah pergerakannya tergantung pada arah gerak badai guntur (thunderstorm) pembentuknya.
Ukuran diameter Ratusan kilometer. ratusan meter.
Lama hidupnya 1 - 30 hari, dengan rata-rata 3 - 8 hari. 3 menit hingga lebih dari satu jam.

Siklon Tropis, Badai Tropis, Hurricane & Typhoon

Badai tropis merupakan kata lain siklon tropis. Hurricane merupakan sebutan bagi siklon tropis di Samudra Pasifik Selatan, Samudra Pasifik Timur Laut dan Samudra Atlantik Utara yang mempunyai kecepatan angin maksimum lebih dari 64 knot (119 km/jam). Sedangkan typhoon atau topan adalah hurricane yang terjadi di Samudra Pasifik Barat Laut.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post


EmoticonEmoticon

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner