k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK

Silabus dan RPP Geografi Satu Lembar Sesuai kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim


rpp-geografi


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran unutk mencapai satu KD yang ditetapkan dalam standar isi yang dijabarkan dalam silabus. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar ”.  

Menurut Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 komponen RPP adalah: Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar 

Rencana pelaksanaan pembelajaran pada hakekatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran. Dengan demikian, RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. RPP perlu dikembangkan untuk mengkoordinasikan komponen pembelajaran, yakni : kompetensi dasar, materi standar, indikator hasil belajar, dan penilaian. Kompetensi dasar berfungsi memberi makna terhadap kompetensi dasar; indikator hasil belajar berfungsi menunjukan keberhasilan pembentukan kompetensi peserta didik; sedangkan penilaian berfungsi mengukur pembentukan kompetensi, dan menentukan tindakan yang harus dilakukan apabila kompetensi standar belum terbentuk atau belum tercapai.  

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran harus disusun secara sistematik dan sistematis, utuh dan menyeluruh, dengan beberapa kemungkinan penyesuaian dalam situasi pembelajaran yang aktual. Dengan demikian, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berfungsi untuk mengekfektifkan proses pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, membuat inovasi baru bagi dunia pendidikan Indonesia. Nadiem menerima usulan agar RPP disederhanakan hingga menjadi 1 lembar saja. Hal ini bertujuan supaya guru tidak kehabisan waktu untuk mendesain administrasi pembelajaran, yang sebelumnya bisa mencapai beratus-ratus lembar. Berikut ini adalah contoh Silabus dan RPP Geografi satu lembar sesuai kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim (SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019)


1. RPP dan Silabus Geografi kelas 10
Demikian RPP dan Silabus geografi satu lembar semoga bermanfaat
Related Posts

Related Posts