k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK

Cincin Api (Ring of Fire)

Cincin Api (Ring of Fire)

Proses kompresi pada tektonik lempeng menghasilkan jalur penunjaman (subduksi), Subduksi membentuk pelelehan sebagian di sepanjang zona benni off membentuk magma, Magma selanjutnya terakumulasi di bawah permukaan bumi di depan jalur subduksi. Sebagian magma yang menjangkau sampai ke permukaan membentuk gugusan gunungapi. Jalur di sepanjang zona subduksi dan jalur gunungapi disebut ring of fire (cincin api).

Cincin Api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik (bahasa Inggris: Ring of Fire) adalah daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km. Daerah ini juga sering disebut sebagai sabuk gempa Pasifik.

Sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang Cincin Api ini. Daerah gempa berikutnya (5–6% dari seluruh gempa dan 17% dari gempa terbesar) adalah sabuk Alpide yang membentang dari Jawa ke Sumatra, Himalaya, Mediterania hingga ke Atlantika. Berikutnya adalah Mid-Atlantic Ridge.


Related Posts

Related Posts