k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK

Geografi Kota Depok

Logo Kota Depok


Kota Depok merupakan  wilayah penyangga yang menjadi kawasan lalu lintas Jakarta – Depok – Bogor – Tangerang – Bekasi. Di satu sisi potensi ini mendukung untuk dijadikan sebagai tempat bermukim, tempat berusaha, dan sebagai daerah pusat pemerintahan. 

Kota Depok memiliki luas wilayah sekitar 200,29 km2, terdiri dari 6 Kecamatan dan 63 Kelurahan/Desa.

Kota Depok terdiri dari 6 Kecamatan dan 63 Kelurahan/Desa dengan pusat pemerintahan Kota Depok yaitu di Kecamatan Pancoran Mas.

Secara administratif, wilayah Kota Depok terletak diantara dua kabupaten/kota dan Ibukota Negara. Kondisi ini menyebabkan peranan Kota Depok menjadi sangat penting karena selain menjadi pintu gerbang yang menghubungkan antara Jawa Barat dan Wilayah DKI Jakarta, juga menjadi penyangga Ibu Kota Negara, baik sebagai tempat permukiman maupun sebagai penyangga dalam bidang lainnya. 

Adapun Batas Administrasi Kota Depok adalah :

Sebelah Utara : Prov. DKI Jakarta dan Kab. Tangerang (Prov. Banten)

Sebelah Selatan : Kab. Bogor (Prov. Jawa Barat)

Sebelah Barat     : Kab. Bogor (Prov. Jawa Barat) dan Kab. Tangerang (Prov. Banten)

Sebelah Timur     : Kab. Bekasi dan Kab. Bogor (Prov. Jawa Barat)

Geografi Kota Depok

Kota Depok

Kota Depok terletak di Lintang antara : 06o 19’ 00” – 06o 28’ 00” LS dan di Bujur antara : 106o 43’ 00” – 106o 55’ 30” BT dengan ketinggian antara 50 – 150 m di atas permukaan laut.

Kondisi wilayah bagian Utara umumnya berupa dataran rendah, sedangkan di wilayah bagian Selatan umumnya merupakan daerah perbukitan dengan ketinggian 40 – 140 meter di atas permukaan laut dan mempunyai kemiringan lereng 2 – 15 %. Penyebaran wilayah berdasarkan kemiringan lereng sebagai berikut :

Wilayah dengan kemiringan lereng antara 8 – 15 % tersebar dari Barat ke Timur

Wilayah dengan kemiringan lereng lebih dari 15 % terdapat di sepanjang sungai Cikeas, Ciliwung dan bagian Selatan Sungai Angke

Tata Guna Lahan Kota Depok

Penggunaan lahan di Kota Depok sebagian besar merupakan tanah darat dan tanah sawah. Sebagian besar tanah darat merupakan areal pemukiman sesuai dengan fungsi Kota Depok yang dikembangkan sebagai pusat pemukiman, pendidikan, perdagangan dan jasa.


Belajar Materi Geografi ini juga

Related Posts