k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK

Geografis Negara Ukraina

Secara geografis, Ukraina terletak di tenggara Eropa. Memiliki area seluas 603,628 km² menjadikan Ukraina negara perbatasan terbesar di benua Eropa. Ukraina berbatasan dengan Polandia, Slowakia, Hungaria, Rumania, Moldova, Belarus dan Rusia. Secara ekonomi, Ukraina merupakan negara industri dan negara penghasil pertanian. Ukraina diberkahi oleh sumber daya alam dan dikenal sebagai keranjang roti Eropa.

Ukraina
Peta Ukraina

Ukraina dikenal sebagai ” Kievan Rus ” ( dari mana Rusia merupakan turunan ) sampai abad ke-16 . Pada abad ke-9 , Kiev merupakan pusat politik dan budaya utama di Eropa Timur . Rus Kiev mencapai puncak kejayaannya di abad ke-10 dan mengadopsi Bizantium Kristen . Mongol penaklukan tahun 1240 berakhir kekuasaan Kievan . Dari 13 ke abad ke-16 , Kiev berada di bawah pengaruh Polandia dan Eropa Barat . Negosiasi Persatuan Brest – Litovsk tahun 1596 dibagi Ukraina menjadi umat Katolik Ortodoks dan Ukraina . Pada 1654, Ukraina meminta tsar dari Moscovy untuk perlindungan melawan Polandia , dan Perjanjian Pereyasav ditandatangani tahun itu mengakui kedaulatan Moskow . Perjanjian ini ditafsirkan oleh Moskow sebagai undangan untuk mengambil alih Kiev , dan negara Ukraina akhirnya diserap ke dalam Kekaisaran Rusia .

Setelah Revolusi Rusia , Ukraina mendeklarasikan kemerdekaannya dari Rusia pada 28 Januari 1918, dan beberapa tahun perang terjadi dengan beberapa kelompok . Tentara Merah akhirnya menang atas Kiev , dan pada tahun 1920 Ukraina menjadi sebuah republik Soviet . Pada tahun 1922 , Ukraina menjadi salah satu pendiri dari Uni Republik Soviet Sosialis . Pada 1930 , penegakan pemerintah Soviet kolektivisasi bertemu dengan perlawanan petani , yang pada gilirannya mendorong penyitaan gabah dari petani Ukraina oleh pemerintah Soviet , yang dihasilkan kelaparan mengambil diperkirakan mencapai 5 juta jiwa . Ukraina adalah salah satu republik Soviet yang paling hancur setelah Perang Dunia II . Pada tanggal 26 April 1986, pembangkit listrik tenaga nuklir bangsa di Chernobyl adalah lokasi kecelakaan nuklir terburuk di dunia . Pada 29 Oktober 1991 , Ukraina parlemen memilih untuk menutup reaktor dalam waktu dua tahun dan meminta bantuan internasional dalam membongkarnya .

Hampir secara keseluruhan Ukraina terdiri dari dataran dan menghabiskan sebagian besar Dataran Eropa Timur. Bagian tengah Ukraina terdiri dari dataran rendah Dnepr, yang dialiri sungai Dnepr yang mengalir dari Utara ke Selatan. Dataran rendah lainnya membentang sepanjang pantai di laut Hitam dan Azov di selatan Ukraina, sementara semenanjung Crimean, di ujung selatan, memiliki dataran rendah dan pegunungan rendah. Ukraina Barat memiliki sejumlah dataran tinggi, dan pegunungan Carpathian membentang sepanjang lebih dari 240 km (150 mil).


Ukraina berada dalam zona iklim sedang dan menerima 16 hingga 24 inci (400 hingga 600 mm) pengendapan per tahun. Musim dingin sedikit ringan, tidak ada rasa dingin yang parah tetapi salju biasa turun kecuali di wilayah selatan. Sungai dan danau membeku di musim dingin. Musim panas agak panas dan kering, dengan hujan yang sekali-kali turun. Tanah hitam yang subur mendapat cukup air selama musim semi dan musim gugur dan disoroti banyak sinar matahari selama musim panas.

Karena kondisi iklim yang baik, secara tradisional Ukraina merupakan area pertanian. Di sini bertumbuh gandum, jagung, soba, sayuran merah dan hijau, beragam jenis buah, melon dan beri. Ukraina adalah salah satu sumber utama penghasil gula dunia. Ukraina menghasilkan gula bagi kebutuhan domestik dan internasional.

Negara ini kaya akan sumber daya alam, seperti bijih besi, batu bara, logam warna, minyak, gas, garam, tanah liat dan tenaga air potensial. Ukraina telah mengembangkan industri yang bervariasi, terkonsentrasi sebagian besar di dan sekitar kota-kota besar, seperti Kiev, Kharkiv, Odessa, Dnepropetrovsk, Donetsk, Zaporozhe, Dneprodzerzhinsk, Lvov, Nikolayev dan lainnya. Ukraina memproduksi pesawat dan kapal laut, truk dan bis, mobil dan lokomotif, komputer dan peralatan elektronik, peralatan presisi dan mesin pertanian, TV dan radio, zat kimia dan tekstil, dan beragam barang-barang keperluan. Odessa, Sevastopol, Nikolayev, Kherson dan Kerch adalah pelabuhan-pelabuhan utama Ukraina.

Ukraina adalah negara republik demokratis. Rakyat memilih presiden, parlemen (Verkhovna Rada), walikota dan utusan daerah serta dewan kota melalui pemungutan suara langsung. Undang-undang Dasar Ukraina menetapkan 40 jam kerja selama 1 minggu, dan juga menjamin hak berlibur tahunan bagi warga negaranya. Undang-undang Dasar dan hukum di Ukraina menjamin bahwa warga negara Ukraina tidak bisa didiskriminasi atau dituntut atas pandangan politik dan kewarganegaraan mereka.

Sistem pendidikan Ukraina dianggap yang paling maju di dunia; sistem ini menawarkan beragam kesempatan belajar bagi siswa lokal dan internasional. Terdapat hampir 400 bangunan sekolah tinggi (universitas) di Ukraina. Di antaranya terdapat 220 institusi negeri, dan 93 swasta, dan sejumlah institusi kotamadya. Seseorang dapat memperoleh pendidikan lanjutan di universitas, sekolah tinggi, atau lembaga yang setara dengan universitas, yang secara tradisional disebut “institut” yang terakreditasi tingkat 3 atau 4. Akhir-akhir ini, Ukraina telah menjadi tujuan terkemuka bagi siswa dikarenakan biaya pendidikan yang murah, pengakuan global, kesempatan belajar dalam bahasa Inggris dan  pengalaman menjadi siswa internasional yang bisa didapat setelah menyelesaikan sekolah mereka. 

Negara Ukraina terbentuk setelah Uni Soviet runtuh. Ketika Presiden Leonid Kravchuk terpilih oleh parlemen Ukraina pada tahun 1990 , ia bersumpah untuk mencari kedaulatan Ukraina . Ukraina mendeklarasikan kemerdekaannya pada 24 Agustus, 1991. Pada Desember 1991 , Ukraina , Rusia , Belarus dan pemimpin dirikan Commonwealth of Independent States baru dengan modal yang akan terletak di Minsk , Belarus . Pemerintah baru negara itu lambat untuk mereformasi era – Soviet yang dikelola negara ekonomi , yang terganggu oleh penurunan produksi , kenaikan inflasi , dan pengangguran yang meluas di tahun-tahun setelah kemerdekaan . AS mengumumkan pada Januari 1994 bahwa kesepakatan telah dicapai dengan Rusia dan Ukraina untuk kehancuran seluruh persenjataan nuklir Ukraina . Pada Oktober 1994, Ukraina memulai program liberalisasi ekonomi dan pindah untuk membangun kembali otoritas pusat atas Krimea . Pada tahun 1995 , pemimpin separatis Krimea telah dihapus dan konstitusi Krimea dicabut . 

Pada bulan Juni 1996 , hulu ledak nuklir strategis terakhir dipindahkan ke Rusia . Juga bahwa parlemen bulan menyetujui konstitusi baru yang memungkinkan untuk kepemilikan pribadi atas tanah . Kesepakatan ditandatangani pada bulan Mei 1997 tentang masa depan armada Laut Hitam , di mana Ukraina dan Rusia kapal akan berbagi pelabuhan Sevastopol selama 20 tahun .

Krisis keuangan Rusia di musim gugur 1998 menyebabkan masalah berat bagi perekonomian Ukraina , yang tergantung pada Rusia untuk 40 % dari perdagangan luar negeri . Ukraina tetap dibebani dengan ekonomi era – Soviet , dan sebagian besar industri utama masih di bawah kontrol negara . Korupsi merajalela , dan sebagai hasilnya , investor Barat telah menunjukkan hanya bunga minimal . Pemilihan reformis Viktor Yushchenko sebagai perdana menteri pada Desember 1999 , namun disambut dengan optimisme oleh Barat. Dia juga sangat populer di kalangan Ukraina . Tapi pada bulan April 2001 , dia diberhentikan dalam mosi tidak percaya direkayasa oleh Komunis garis keras dan bisnis besar Ukraina .

Demonstrasi dengan kekerasan mengguncang Ukraina pada musim dingin tahun 2001 , dengan pengunjuk rasa menuntut pengunduran diri dan impeachment presiden otoriter Leonid Kuchma . Kritikus menuduh Kuchma keterlibatan dalam pembunuhan seorang wartawan kritis korupsi pemerintah . Kuchma telah direkam pada tape mendesak bahwa wartawan dibuang .

Pada tahun 2004 , Kuchma mengumumkan ia akan pensiun . Pemilihan presiden diadu Viktor Yushchenko , mantan perdana menteri reformis , melawan Viktor Yanukovich , perdana menteri saat ini dan memilih penerus Kuchma . Kampanye adalah salah satu yang sangat kotor. Yuschenko hampir fatal diracuni dengan dioksin dan harus dirawat di rumah sakit selama beberapa minggu tak lama sebelum pemilu . Dokter meramalkan bahwa keracunan akan mempengaruhi kesehatan selama bertahun-tahun yang akan datang. Dalam pemilihan limpasan November 21 , Perdana Menteri Yanukovich menerima 49,5 % suara dan Yushchenko 46,5% . Pemantau internasional menyatakan pemilu secara besar-besaran penipuan . Ratusan ribu pendukung Yushchenko turun ke jalan-jalan ibukota dan kota-kota lainnya di protes , dan apa yang dikenal sebagai Revolusi Oranye ( setelah tanda tangan warna kampanye Yushchenko ) terus kekuatan penuh selama dua minggu ke depan . Pada tanggal 3 Desember, Mahkamah Agung membatalkan hasil pemilu . Pada tanggal 8 Desember, parlemen memberikan suara mendukung perombakan sistem politik Ukraina , amandemen konstitusi untuk mereformasi undang-undang pemilu dan mentransfer beberapa kekuasaan presiden kepada parlemen . Dalam pemilihan presiden akhir pada 26 Desember , Yuschenko memenangkan 52 % suara untuk Yanukovich 44,2 % . Pada 23 Januari 2005 , Viktor Yushchenko disumpah masuk Fellow reformis Yulia Timoshenko menjadi perdana menteri . Tetapi dalam tahun reputasi Yushchenko reformis ternoda oleh pertikaian pemerintahannya dan tuduhan korupsi . Dia dipecat Perdana Menteri Timoshenko dan seluruh kabinetnya pada Agustus 2005. Krisis mengguncang kepercayaan publik dalam Revolusi Oranye , dan Yushchenko terus inattentiveness korupsi pemerintah telah lebih kecewa publik . 


Belajar Materi Geografi ini juga

Related Posts