k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK

Pengikisan Lapisan Ozon menjadi Lubang Ozon

lubang-ozon
Lubang Ozon

Ozon adalah gas yang terbuat dari tiga atom oksigen, dan sama seperti gas lainnya yang beredar di atmosfer. Lapisan ozon di stratosfer sangat penting karena melindungi Bumi dari radiasi ultraviolet matahari yang berbahaya. Daerah dengan konsentrasi ozon kurang dari 220 Dobson Unit disebut "lubang" di lapisan Atmosfer. Lubang ozon Antartika terbentuk setiap tahun pada musim semi Belahan Bumi Selatan (September-November) ketika terjadi penurunan tajam (saat ini hingga 60%) total ozon di sebagian besar Antartika. Selama musim dingin Antartika yang dingin dan gelap, awan es stratosfer (PSC, awan stratosfer kutub) terbentuk ketika suhu turun di bawah -78C. Awan yang sangat dingin ini bertanggung jawab atas perubahan kimia yang mendorong produksi klorin dan bromin yang aktif secara kimia. Ketika sinar matahari dikombinasikan dengan klorin dan bromin di Musim Semi Antartika, ada aktivasi yang menyebabkan hilangnya ozon dengan cepat, yang menghasilkan lubang ozon Antartika. Meskipun beberapa penipisan ozon juga terjadi di Kutub Utara selama musim semi Belahan Bumi Utara (Maret-Mei), suhu musim dingin di stratosfer Arktik tidak terus-menerus rendah selama berminggu-minggu yang menghasilkan lebih sedikit penipisan ozon. Produksi ozon tinggi di dekat khatulistiwa, tetapi karena sirkulasi atmosfer yang mengangkut ozon ke kutub, khatulistiwa cenderung menjadi wilayah dengan ozon yang relatif rendah sepanjang tahun. 

Ozon sangat penting dalam mencegah radiasi ultra-violet yang masuk ke bumi. Hal ini penting artinya, sebab jika Ozon tidak lagi berfungsi sebagai pencegah masuknya radasi ultra-violet yang masuk ke bumi, maka akan menyebabkan kerusakan-kerusakan pada makhluk hidup termasuk tumbuhan yang tidak dapat beradaptasi dengan sinar ultra-violet tersebut. Dilaporkan bahwa sinar tersebut dapat menyebabkan kanker pada kulit manusia.  Sebagai contoh, mereka yang berjemur di bawah terik matahari seperti yang kita lihat di pantai-pantai harus melapisi badannya dengan krem pelindung kulit dan dianjurkan untuk tidak berlama-lama. Diyakini bahwa penyebab menipisnya lapisan ozon ini adalah gas CFC baik CFC-11(CFCl2) dan CFC-12 (CF2Cl2). Gas ini banyak dipergunakan dalam industri untuk pendingin yang lebih dikenal dengan istilah freon (Graedel and Crutzen, 1990). Dalam Agenda 21 juga disepakati bahwa negara di dunia harus menghapuskan penggunaan CFC ini dan secepatnya diganti dengan produk yang ramah lingkungan.

Apabila ozon rusak , sinar ultra violet yang masuk ke bumi tidak disaring akan turun ke bumi dan dapat merusak kulit manusia. Penipisan ini juga menyebabkan peningkatan infeksi akibat menurunnya kekebalan tubuh, penyakit katarakpda mata dan masalah kerusakan lingkungan, mulai dari putusnya rantai makanan pada ekosistim akuatik di laut sampai menurunnya produktivitas tanaman. Selain mengakibatkan penyakit tersebut di atas juga mengakibatkan suhu bumi menjadi naik, dan terjadi pemanasan 


Belajar Materi Geografi ini juga

Related Posts