k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK
Bookmark

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

 

pbb
Logo PBB

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah sebuah organisasi internasional antar pemerintah yang terdiri dari semua 193 negara di dunia, yang bertujuan menyatakan akan memfasilitasi kerjasama dalam hukum internasional, keamanan internasional, pembangunan ekonomi, kemajuan sosial, hak asasi manusia, dan pencapaian perdamaian dunia. PBB didirikan pada tahun 1945 untuk menghentikan perang antara negara dan untuk menyediakan platform untuk melakukan dialog. Ini berisi beberapa organisasi anak perusahaan untuk melaksanakan misinya.

Setelah Perang Dunia II, sebagian besar pemimpin pemerintahan mengakui bahwa manusia tidak mampu perang Dunia Ketiga. PBB didirikan untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang cacat, untuk menjaga perdamaian internasional dan meningkatkan kerjasama dalam memecahkan masalah ekonomi, sosial dan kemanusiaan internasional. Pada tahun 1945, PBB resmi muncul pada ratifikasi Piagam PBB oleh lima anggota -tetap Dewan Keamanan-Perancis, Republik Cina, Uni Soviet, Inggris dan Amerika Serikat-dan oleh mayoritas 46 penandatangan.

Struktur organisasi PBB adalah sebagai berikut:

1.      Majelis Umum adalah majelis musyawarah utama dan terdiri dari semua negara anggota PBB.

2.      Dewan Keamanan (DK PBB) dituntut untuk menjaga perdamaian dan keamanan antar negara. Hal ini terdiri dari 15 negara anggota, termasuk 5 anggota tetap – Cina, Prancis, Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat.

3.      Dewan Ekonomi dan Sosial mendorong kemajuan ekonomi dan sosial internasional melalui kerjasama dan pembangunan.

4.      Sekretariat, yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal, menyediakan studi, informasi dan fasilitas yang diperlukan oleh badan-badan PBB.

5.      Mahkamah Pengadilan Internasional adalah organ peradilan utama PBB.

Badan-badan PBB terkemuka lainnya ada untuk bekerja pada isu-isu tertentu. Beberapa lembaga yang paling terkenal adalah Badan Energi Atom Internasional, Bank Dunia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Program Pangan Dunia (WFP), dan Dana PBB Anak (UNICEF). Melalui lembaga ini bahwa PBB melakukan sebagian besar pekerjaan kemanusiaan.
PBB dibiayai dari dinilai dan sukarela kontribusi dari negara-negara anggota. Majelis Umum menyetujui anggaran rutin dan menentukan penilaian untuk masing-masing anggota.

Tujuan dari PBB

Salah satu tujuan utama dari PBB adalah penjaga perdamaian dan keamanan. Dengan persetujuan dari Dewan Keamanan, PBB mengirimkan pasukan penjaga perdamaian, secara sukarela diberikan oleh negara-negara anggota PBB, untuk daerah-daerah di mana konflik bersenjata baru-baru ini berhenti. Tujuan dari pasukan penjaga perdamaian adalah untuk menegakkan ketentuan perjanjian perdamaian dan untuk mencegah pejuang dari melanjutkan permusuhan. Sebuah penjaga perdamaian PBB melakukan operasi di Haiti. Penjaga Perdamaian dan keamanan merupakan tujuan utama dari PBB, dan pasukan penjaga perdamaian PBB telah dikerahkan di seluruh dunia.

PBB adalah pemimpin dunia dalam perlindungan hak asasi manusia dan bantuan kemanusiaan. Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, meskipun tidak mengikat secara hukum, diadopsi oleh Majelis Umum pada tahun 1948 sebagai standar umum keberhasilan untuk semua. PBB dan lembaga-lembaganya sangat penting dalam menegakkan dan melaksanakan prinsip-prinsip yang diabadikan dalam Deklarasi, dari negara-negara yang membantu transisi ke demokrasi, untuk mendukung hak-hak perempuan, untuk menyediakan bantuan kemanusiaan. Terakhir, PBB juga berfokus pada pembangunan sosial dan ekonomi melalui Program Pembangunan PBB (UNDP) dan lembaga lainnya seperti WHO dan Bank Dunia.

Posting Komentar

Posting Komentar