k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK

Peta Mozaik

Peta dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan foto udara. Pemetaan ini dilakukan dengan menggunakan foto udara sebagai dasar pembuatan peta. Salah satunya adalah sebagai dasar dari peta foto, peta foto adalah foto udara yang digunakan secara langsung sebagai substitusi peta planimetri. Apabila liputan peta foto tidak dapat hanya menggunakan 1 lembar foto udara maka harus dibuat panduan gambar bersambung. Panduan gambar bersambung yang terdiri dari foto udara inilah yang kemudian disebut sebagai peta mosaik.

peta-mozaik
Peta Mozaik


Jenis-jenis Peta Mozaik

Peta mozaik dibedakan menjadi 3 kelas yaitu:

1. Peta Mozaik Terkontrol

Peta mozaik terkontrol ini paling teliti diantara ketiganya. Peta ini dibuat dari foto yang telah direktifikasi sehingga semua foto tersebut sudah berupa foto tegak dan telah berskala sama. Pada peta ini terdapat data titik control tanah dan gambar titik control harus dapat dilihat dengan jelas. Titik-titik control tersebutlah yang nantinya akan digunakan sebagai tempat bertemunya antara foto yang satu dengan foto yang lain. 

2. Peta Mozaik semi terkontrol

Pada peta mozaik ini dibuat dengan menggunakan kombinasi antara spesifikasi mozaik terkontrol dan tidak terkontrol. Seperti foto direktifikasi akan tetapi tidak menggunakan titik control tanah. Hal ini dapat dilakukan tergantung dari jenis kebutuhan yang diinginkan oleh pengguna peta.

3. Peta tak terkontrol

Pada peta mozaik ini tidak ada rektifikasi peta, penyamaan skala, maupun pengambilan data titik control tanah. Peta ini hanya dibuat dengan meletakkan gambar yang berimpit dengan gambar yang ada difoto selanjutnya.


Belajar Materi Geografi ini juga

Related Posts