k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK
Bookmark

Profil Tanah

profil-tanah
Profil Tanah
    Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang planet kita, Bumi, dan segala keajaiban yang tersembunyi di dalamnya. Dalam ilmu geografi kamu akan belajar tentang iklim, tanah, bentang alam, populasi, budaya, dan banyak lagi. Kamu akan memperluas wawasanmu tentang beragam tempat di dunia, memahami interaksi manusia dengan lingkungan, dan mengenali tantangan global yang kita hadapi. Tidak hanya itu, kamu juga akan menggunakan teknologi terbaru dalam pemetaan dan analisis data geografis. Dengan mengikuti kursus geografi, kamu akan menjadi pengamat bumi dan paham tentang kompleksitas dunia di sekitarmu. Sebagai contoh proses pembentukan tanah di muka bumi ternyata menarik untuk kita pelajari.

    Proses pembentukan tanah (genesa) dimulai dari pelapukan batuan induk menjadi bahan induk tanah, diikuti pencampuran bahan organik dengan bahan mineral di permukaan tanah, pembentukan struktur tanah, pemindahan bahan-bahan tanah dari bagian atas tanah ke bagian bawah, dan berbagai proses lain yang dapat menghasilkan horizon-horizon tanah. Horizon tanah adalah lapisan-lapisan tanah yang terbentuk karena hasil proses pembentukan tanah. Proses pembentukan horizon-horizon tanah tersebut akan menghasilkan tanah. Penampang tegak dari tanah menunjukkan susunan horizon tanah yang disebut profil tanah. 

    Dalam pemBuatan profil tanah di lapangan, terdapat tiga syarat yang harus diperhatikan yaitu : Vertikal, baru dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.  Profil tanah yang sempurna berturut-turut dari atas ke bawah memiliki horizon O, A, B, dan C. 

Pembentukan horison tanah meliputi :

1. Horizon Organik

Horizon organik adalah lapisan tanah yang sebagian besar terdiri dari bahan organik, baik masih segar maupun sudah membusuk, terbentuk paling atas di atas horizon mineral.

2.  Horizon Mineral 

Horizon mineral adalah lapisan tanah yang sebagian besar mengandung mineral, terbentuk pada horizon A dan B, di atas sedikit horizon C. Horizon ini memiliki ciri sebagai berikut:

a. Akumulasi basa, lempung besi, alumunium, dan bahan organik

b. Terdapat residu lempung karena larutnya karbonat dan garam-garam

c. Hasil perubahan (alterasi) dari bahan asalnya

d. Berwarna kelam

e. Teksturnya berat dan strukturnya lebih rapat

3. Regolith 

Regolith adalah lapisan batuan yang cukup besar yang terbentuk oleh pelapukan batuan induk, sementasi, gleisasi, sedimentasi, dan sebagainya.

4. Lapisan O1 

Lapisan O1 adalah lapisan tanah yang mayoritas berwarna kehitaman sesuai dengan vegetasi penutup (pengaruh dari humus). Sering pula dengan bahan asal, misalnya tulang daun, batang, sisa rubuh hewan. Lapisan ini dinamakan juga lapisan mulsa.

5. Lapisan O2 

Lapisan O2 adalah lapisan tanah sisa organisme yang terurai melalui pelapukan sehingga tidak seutuhnya menampakan lagi bahan asalnya. Lapisan ini disebut juga lapisan humus

6. Lapisan A1

Lapisan A1 adalah lapisan tanah yang strukturnya lemah, warna bagian atas masih tersamar-samar dipengaruhi kandungan lapisan organis dan kandungan mineral masih campur dengan bahan organis.

7. Lapisan A2 

Lapisan A2 adalah lapisan tanah yang sudah ditemukan mineral silika tanah (kuarsa SiO2). Tanah agak gumpal, warna cerah (kepucatan) karena mineral terlarut ke bawah, tekstur kasar, struktur lebih longgar. Lapisan ini disebut horizon eluviasi artinya banyak mengalami pencucian (pada musim hujan air yang meresap kedalam tanah melarutkan mineral).

8. Lapisan B1 

Lapisan B1 adalah horizon peralihan dimana mineral-mineral bahan induk masih nampak dan pencucian masih kecil. 

9. Lapisan B2

Lapisan B2 adalah horizon yang paling maksimal, karena terjadi akumulasi Fe+Mg+Al. Tekstur halus (berat), struktur gumpal (paling padat), dan warna coklat-merah.

10. Lapisan B3

Lapisan B3  adalah horizon peralihan dari B ke C atau R. Butir-butir mineral dari batuan induk masih nampak (percampuran antara B dengan C).

11. Lapisan C

Lapisan C adalah horizon mineral bukan dalam bentuk batuan tetapi tersusun bahan-bahan tersendiri dan relatif tidak terpengaruh oleh proses perkembangan tanah.

12. Lapisan R

Lapisan R adalah lapisan yang belum terurai masih dalam bentuk batuan induk (asli) yang disebut juga parent rock atau bedrock

13. Top soil

Top soil adalah lapisan tanah paling atas yang subur dan banyak mengandung bahan organik

14. Sub soil

Sub soil adalah lapisan tanah di bawah lapisan organis dan memiliki profil yang masih jelas dan  yang belum berkembang 

15. Solum tanah  

Solum tanah adalah tubuh tanah yang mengalami perkembangan secara genetis. Tubuh tanah meliputi lapisan organis sampai di atas lapisan C.

Itulah artikel mengenai berbagai macam profil tanah yang ada di tanah secara umum. Tanah yang kita injak setiap hari ternyata sangat banyak lapisannya. Itulah asyiknya belajar  kita jadi tahu tentang apa yang sebelumnya menjadi tak tepikirkan oleh kita.

    Belajar dengan blog pembelajaran Indonesia adalah langkah yang hebat untuk memperluas pengetahuanmu tentang berbagai topik geografi. Blog pembelajaran Indonesia seperti superprof.co.id menawarkan konten informatif, terbaru, dan relevan tentang geografi, yang dapat membantu kamu dalam proses pembelajaran. Dari artikel yang mendalam tentang iklim dan cuaca hingga cerita perjalanan menarik tentang tempat-tempat eksotis di Indonesia, blog ini akan memberikanmu wawasan yang berharga tentang dunia. Dengan mengakses superprof.co.id, kamu akan menemukan artikel-artikel yang ditulis dengan jelas dan mudah dipahami. Kamu dapat mempelajari tentang keragaman alam dan keanekaragaman hayati di Indonesia, memahami interaksi antara manusia dan lingkungan, serta menjelajahi keajaiban geografis di berbagai belahan dunia. 
Posting Komentar

Posting Komentar