k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK

Pengertian Sumberdaya dan Jenisnya

Sumber daya alam merupakan benda hidup dan mati yang terdapat di bumi dan dapat dimanfaatkan dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam merupakan istilah yang berhubungan dengan materi-materi dan potensi alam yang terdapat di planet bumi yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Materi alam tersebut dapat berupa benda hidup (unsur-unsur hayati), yaitu hewan dan tumbuhan. Terdapat pula benda mati (nonhayati), seperti tanah, udara, air, bahan galian atau barang tambang. Selain itu terdapat pula kekuatan-kekuatan alam menghasilkan tenaga atau energi. Misalnya, panas bumi (geothermal), energi matahari, kekuatan air, dan tenaga angin. Segala sesuatu yang berada di alam (di luar manusia) yang dinilai memiliki daya guna untuk memenuhi kebutuhan sehingga tercipta kesejahteraan hidup manusia tersebut dinamakan sumber daya alam (natural resources). Dalam pengertian lain sumber daya alam adalah semua kekayaan alam yang terdapat di lingkungan sekitar manusia yang dapat dimanfaatkan bagi pemenuhan kebutuhan manusia.

sumber-daya-alam
Sumber Daya Alam


Jenis Sumber Daya

Sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya modal merupakan sumber daya ekonomi. Pemanfaatan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia harus dilakukan secara rasional.

a. Sumber Daya Alam

Semua potensi lingkungan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia merupakan sumber daya alam. Sumber daya alam dapat dibagi sebagai berikut.

1) Tanah

Tanah yang subur dapat ditanami dengan berbagai macam tanaman untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

2) Tambang

Berbagai macam mineral dan bahan mentah dapat diambil dari tambang, seperti: emas, perak, intan, timah, minyak bumi, gas alam, dan batubara.

3) Air

Air dapat digunakan untuk minum, pengairan sawah, perikanan, dan pembangkit tenaga listrik.

4) Hutan

Kekayaan alam yang terdapat dalam hutan seperti kayu, berbagai tumbuhan dan hewan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

b. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia dapat mendatangkan manfaat besar bagi masyarakat, apabila kemampuannya dapat dimanfaatkan secara optimal. Unsur-unsur pembentuk sumber daya manusia yang berkualitas, antara lain sebagai berikut.

1) Keahlian

Dengan keahlian, manusia dapat mengolah semua sumber daya yang tersedia.

2) Kejujuran dan Keadilan

Kejujuran dan keadilan merupakan bagian dari sumber daya manusia yang tak ternilai harganya.

3) Kekuatan Fisik

Orang yang kuat secara fisik akan dapat bekerja dengan lebih baik untuk pekerjaan yang bersifat fisik. Misalnya, kuli angkut di pasar dan pengemudi becak.

c. Sumber Daya Modal

Sumber daya modal meliputi teknologi, peralatan, informasi, dan fasilitas fisik. Sumber daya modal merupakan hasil karya manusia. Modal dapat dikelompokkan sebagai berikut:

1) Menurut wujudnya, modal dikelompokkan sebagai berikut.

(a) Uang, merupakan dana yang dapat dipergunakan untuk membeli sarana, alat, dan bahan yang dipergunakan dalam produksi.

(b) Barang, merupakan alat yang digunakan untuk proses produksi. Contoh: tanah, gedung, mesin, dan alat transportasi.

2) Menurut sifatnya, modal dikelompokkan sebagai berikut.

(a) Modal tetap, adalah modal yang dapat digunakan lebih dari satu kali masa produksi, contoh: gedung dan mesin.

(b) Modal lancar, adalah modal yang hanya sekali dipakai dalam proses produksi langsung habis, contoh: bahan baku seperti kapas untuk membuat kain, gandum untuk membuat kue, dan sebagainya

3) Menurut subjeknya, modal dikelompokkan sebagai berikut.

(a) Modal perorangan, merupakan modal yang dimiliki satu orang. Contoh: sewa tanah, upah, dan bunga deposito.

(b) Modal kemasyarakatan, merupakan modal yang berasal dari banyak orang dan untuk kepentingan orang banyak. Contoh: jalan, jembatan, dan sekolah.

4) Menurut bentuknya, modal dikelompokkan sebagai berikut.

(a) Konkret (nyata), merupakan modal yang terlihat jelas dalam proses produksi. Contoh: mesin, peralatan, dan uang.

(b) Abstrak, merupakan modal yang tidak terlihat, namun kegunaannya dapat dirasakan. Contoh: keahlian dan kepercayaan masyarakat.

5) Menurut sumbernya, modal dikelompokkan sebagai berikut.

(a) Modal sendiri, merupakan modal yang berasal dari pemilik perusahaan. Contoh: saham, cadangan, dan laba yang tidak dibagi.

(b) Modal pinjaman, merupakan modal yang diperoleh dari pihak lain. Contoh: pinjaman dari lembaga keuangan atau perorangan


Klasifikasi Sumberdaya

a. Menurut sifatnya

1) Sumber daya alam yang senantiasa tersedia di alam (sustainab resources), senantiasa ada dan tidak akan pernah habis. Hal in terjadi karena mengalami siklus sepanjang masa, seperti energ sinar matahari, udara, energi pasang-surut air laut, dan sumbe daya air.

2) Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resources ) yaitu jenis sumber daya alam yang jika persediaan nya habis dalam waktu tidak terlalu lama dan relatif mudah dapat tersedia kembali melalui reproduksi atau pengem bang biakan. Termasuk ke dalam jenis ini adalah semua hewan dan tumbuhan.

3) Sumber daya alam yang tidak dapat pulih atau diperbarui (non renewable resources), yaitu jenis sumber daya alam yang jika persediaannya habis, sangat sulit bahkan tidak mungkin untuk  menyediakannya kembali, karena membutuhkan waktu yang sangat lama (ribuan bahkan jutaan tahun), itupun jika kondisi lingkungannya memungkinkan. Semua barang-barang tambang termasuk ke dalam jenis sumber daya alam ini. 

b. Menurut jenisnya

1) Sumber daya alam hayati/biotik.

Selain benda-benda yang dapat dimanfaatkan dalam pemenuhan kebutuhan hidup, makhluk hidup itu sendiri juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Tumbuhan misalnya, dibutuhkan manusia untuk menunjang hidupnya. Inilah yang disebut sumber daya alam hayati/biotik. Contoh lainnya yaitu hewan dan mikroorganisme.

2) Sumber daya alam nonhayati/abiotik.

Berkebalikan dengan sumber daya alam hayati, sumber daya alam nonhayati diperoleh dari benda mati seperti bahan tambang, batuan, tanah, air, dan masih banyak lagi.

c. Menurut kegunaan atau penggunaannya

1) Sumber daya alam penghasil bahan baku. 

bahan baku adalah benda yang dapat digunakan untuk menghasilkan benda atau barang lain yang nilai gunanya lebih tinggi. Sebut saja hasil hutan yang diolah untuk menghasilkan berbagai jenis barang. Nah, coba sebutkan sumber daya alam yang tergolong jenis ini.

2) Sumber daya alam penghasil energi.

Sumber daya alam ini merupakan penghasil energi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Salah satunya sinar matahari. Matahari memancarkan energi yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Begitu juga dengan arus air sungai yang menghasilkan energi, misalnya sebagai penggerak turbin pembangkit listrik. Coba buatlah daftar sumber daya alam yang termasuk kelompok ini.


Belajar Materi Geografi ini juga

Related Posts