k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK

Perbandingan Antara Samudra dan Benua di Dunia

Kedalaman rata – rata samudera di bumi 3729 meter ; samudera terdalam samudera Pasifik yaitu di Palung mariana dengan kedalaman 11.022 meter. Sedangkan ketinggian benua rata-rata sebesar 840 meter dan gunung tertinggi Mt. Everest 8850 meter dari sea level. Sedangkan Gunung tertinggi dari dasar laut adalah G. Mauna Kea di Hawai, dimana ketinggian gunung dari permukaan air 4206 meter dan kedalam sampai dasar 5426 meter, sehingga ketinggian 9632 meter.

Kita tinjau samudera atau lautan yang dipelajari dalam oseanografi, maka samudera merupakan bagian dari hidrosfer bumi. Samudera selalu berinteraksi dengan bagian bumi yang lain yaitu di bagian bawah berinteraksi dengan litosfir, sedangkan bagian atas berinteraksi dengan atmosfir. Oleh karena itu keberadaan samudera sendiri tidak terlepas dari bumi. Dalam hal ini samudera bertumpu atau dibawahnya berupa lapisan tubuh bumi paling luar yang dinamakan litosfir. Litosfir ini dipelajari oleh ilmu geologi, dimana secara keilmuan merupakan bagian ilmu kebumian. Sedangkan bagian atas berhubungan atmosfir yang dipelajari oleh bidang atmosfir termasuk dalam bidang ilmu kebumian. Berdasarkan uraian diatas maka samudera merupakan hidrosfir bumi yang dipalajari dalam oseanografi juga termasuk dalam ilmu kebumian. 

Kalau kita tinjau lebih jauh lagi samudera secara materi merupakan tubuh air di bumi kita. Dalam tubuh air samudera terdapat beberapa materi yaitu air, flora dan fauna serta sedimen.  Dalam tubuh air samudera mempunyai sifat fisika seperti arus, gelombang, pasang surut , merupakan bagian dari oseanografi. Sifat fisika tersebut juga termasuk dalam ilmu.  Sifat fisika air samudera termasuk dalam fisika oseanografi. Oleh karena itu maka oseanografi fisika termasuk dalam ilmu kebumian.  Kondisi samudera juga mempunyai sifat kimia khusus, dimana ilmu kimia termasuk dalam ilmu alam. Kimia samuderatermasuk  dalam oseanografi dinamakan kimia oseanografi juga termasuk bagian dari ilmu kebumian. Kita tijnau  samudera yang terdapat flora dan fauna laut, dimana flora dan fauna juga bagian ilmu alam. Kondisi fauna dan flora samudera termasuk dalam biologi oseanografi, juga meruapakan ilmu kebumian.

Belajar Materi Geografi ini juga

Related Posts