k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK

Struktur Batuan Beku "Pillow Lava" Lava Bantal

Struktur ini hanya dapat ditemukan atau dilihat pada batuan beku khusus pada batuan beku basa dan nama batuannya adalah batu basalt. Merupakan struktur yang dinyatakan pada batuan ekstrusi tertentu, yang dicirikan oleh masa berbentuk bantal dimana ukuran dari bentuk ini adalah umumnya antara 30 – 60 cm dan jaraknya berdekatan, khas pada vulkanik bawah laut.

lavabantal
Lava Bantal

Gambar di atas menunjukkan struktur pillow lava pada batuan beku basa. Pillow lahar adalah gundukan pada perpanjangan lava bantal yang dibentuk dengan keluaran yang berulang oleh tekanan magma basalt pada dasar lautan. Pertama, kerak seperti gelas yang bersifat flexible membentuk disekitar lahar yang baru menekan. Kemudian tekanan membangun bantal hingga retakan pada kerak dan menekan batu basalt baru  seperti pasta gigi, membentuk bantalan baru ( Alison B. Duxbury, 2002 ). 

Dalam pembentukan Pillow lava ini terbentuknya punggung tengah samudera
ikut berperan. Celah yg merobek pusat dari  punggung tengah samudera adalah jalan untuk naiknya magma basaltic. Magma ini menyebar menyamping menjauh dari letusan celah dan memekar membentuk batu basal pada lantai samudra. Ketika magma basaltic meletus, air laut yg dingin itu dengan cepat menonjolkan bentuk vulkanic tertentu. Di dekat celah gunung api bawah laut,di mana temperatur lahar meninggi, aliran tipis lava dengan cepat merubah untuk membentuk permukaan seperti gelas. Aliran - aliran inimembangun gundukan - gundukan pada batu basal di mana masing-masing lembar kira - kira ketebalanya 20 cm.

Lebih jauh dari celah, jika temperatur dari  lahar mengalir telah berkurang,  struktur bantal berkembang. Istilah bantal batu basal diuraikan secara terputus - putus, kumpulan bentukan bantal, berkisar antara beberapa centimeter hingga beberapa meter atau lebih di dalam dimensi besar. Struktuir bantal terbentuk ketika permukaan lahar basaltic mengalami pendinginan dengan cepat. Permukaan yang rapuh, retakan - retakan pada permukaan yg dingin, memberi kesempatan kepada magma yg masih mencair di dalam untuk lumpur  ke luar seperti manik - manik pada pasta gigi. Pada gilirannya, rasa dingin lahar dikeluarkan, terbentuk retakan pada permukaannya, dan proses berlanjut. Hasil akhir adalah suatu gundukan lava bantal itu menyerupai suatu gundukan kantong pasir ( Brian J. Skinner, 2004).

Pada prinsipnya dimanapun magma keluar kepermukaan apabila kontak langsung dengan air maka struktur pillow lava akan terbentuk seiring dengan kecepatan pembekuan dari magma tersebut.


Belajar Materi Geografi ini juga

Related Posts