k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK
Bookmark

Bentuk Muka Bumi Dasar Laut

Morfologi Dasar laut dalah bentuk-bentuk muka bumi di dasar laut atau relief dasar laut. Bentuk muka bumi dasar laut berbeda-beda antara satu tempat dengan tempat lain. Oleh sebab itu kita perlu mengenali bentuk muka bumi tersebut. Adapun bentuk-bentuk morfologi dasar laut adalah sebagai berikut :



Dangkalan/Paparan Benua/ Landas Kontinen (Continental Shelf )

Merupakan dasar laut dangkal di sepanjang pantai. Kedalamannya kurang dari 200 mdpl, kemiringan lereng tidak lebih dari 10, dan merupakan bagian dari benua (kontinen). Paparan benua merupakan bagian daratan yang tergenang air laut dan sangat penting bagi perikanan sebab persyaratan hidup ikan dapat dipenuhi, misalnya sinar matahari dapat menembus pada kedalaman tersebut.

Contoh  :  Dangkalan  Sunda  yang   terletak  diantara  Pulau  Jawa, Kalimantan, dan Sumatra yang merupakan bagian dari Benua Asia serta Dangkalan Sahul yang terletak diantara Benua Australia dan Pulau Papua yang merupakan bagian dari Benua Australia.

Lereng Benua (Continental Slope )

Adalah bagian dasar laut yang merupakan kelanjutan dari paparan benua sehingga letaknya berbatasan dengan paparan benua, memiliki kemiringan sekitar 50 dengan kedalaman antara 200-1.800 m di bawah permukaan laut. Jika dibandingkan dengan kemiringan paparan benua, pada lereng benua terjadi penurunan yang sangat tajam.

Pulau Gunung Api Laut (Volcanic Island)

Adalah sebuah pulau vulkanik yang kakinya di dasar laut, sedangkan badan puncaknya muncul ke atas permukaan laut. Contoh: Pulau Gunung Api di Laut Banda.

Punggung Laut ( Ridge )

Adalah punggung laut pegunungan yang ada di dasar laut dan merupakan suatu bentuk proses peninggian yang terdapat di atas lautan (sea floor) yang serupa dengan adanya gunung-gunung di daratan. Contoh : Punggung Tengah Lautan Atlantik (Mid Ocean Ridge). Punggung Laut   ini terletak di Lautan Atlantik memanjang arah utara-selatan kurang lebih 23.000 km.

Lubuk Laut /Abisal Plain( Basin )

Dalam bahasa Belanda disebut bekken, merupakan wilayah dasar laut berupa cekungan (depresi) yang kedalamannya mencapai 2.000 m di bawah permukaan laut. Contoh : basin Indo-Australia di Samudra Hindia dan lubuk Laut Sulawesi.

Guyot

Adalah gunung laut yang puncaknya datar dan puncaknya tidak dapat mencapai permukaan laut. Bentuknya seperti meja.

Palung Laut ( Trench )

Dalam bahasa Belanda disebut trog) merupakan wilayah dasar laut berupa ngarai yang sangat dalam, sempit, dan panjang. Palung laut memiliki kedalaman hingga ribuan meter.

Contoh : Palung Laut Mindanao kedalamannya 10.500 m, Palung Laut Jawa kedalamannya 8.000 m, Palung Laut Jepang kedalamannya 9.435 m, dan Palung Mariana kedalamannya mencapai 11.000 m.

Ambang Laut (Drempel)

Adalah pegunungan di dasar laut yang terletak diantara dua laut dalam. Contoh: Ambang Laut Sulu, di barat daya dari Filipina yang memisahkan Laut Cina Selatan dan Laut Sulawesi.

Gunung Api Laut (Seamount)

Adalah gunung api yang muncul dari dasar lautan tetapi tidak dapat mencapai ke permukaan laut (seperti guyot akan tetapi puncaknya runcing). Seamount mempunyai lereng yang curam dan berpuncak runcing, kemungkinan mempunyai tinggi sampai 1 km/lebih.


Posting Komentar

Posting Komentar