k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK

Internet of Things membantu Guru dalam Mengajar

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin pesat akhir-akhir ini memudahkan kita dalam melakukan akitvitas sehari-sehari. Salah satunya adalah Internet of things, teknologi yang berbasis internet sangat amat membantu apalagi dalam keadaan pandemi covid beberapa tahun belakang. Internet of Things, atau IoT, mengacu pada miliaran hardware di seluruh dunia yang sekarang terhubung ke Internet dan mengumpulkan serta berbagi data. Berkat prosesor murah dan jaringan internet yang semakin maju, apa pun dengan sensor dapat menjadi bagian dari IoT. Platform pendidikan, laptop siswa, dan smarthphone semuanya tentang Internet of Things.

Dengan IoT, semuanya dapat online, termasuk rumah, mobil, orang, perangkat medis, dan bahkan peralatan pendidikan. Ada banyak sekali contoh solusi IoT yang digunakan bidang pendidikan. Bidang pendidikan juga sangat dipengaruhi oleh Internet of Things terutama di lingkungan sekolah. Guru dan siswa dapat menggunakan perangkat IoT untuk kegiatan belajar dan mengajar. Pelajar sekarang dapat belajar dengan bebas dan sumber yang tak terbatas dari Internet. Guru pun juga bisa mendapatkan inspirasi pembelajaran yang bersumber dari internet. Apalagi sekarang ini ada produsen perangkat wearable yang bisa digunakan oleh guru dan siswa untuk Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM). Salah satu produsen tersebut adalah Widya Matador yang memproduksi Matador Glass dan Matador Tracker. Kali ini saya akan membahas salah satu produknya yaitu Matador Glass. Berikut ini adalah gambar dan spesifikasi dari kacamata pintar Matador Glass

matador-glass
Spesifikasi Matador Glass

Penggunaan Matador Glass untuk Belajar

Internet of things membantu guru dalam mengajar. Produk yang dikeluarkan oleh Matador seperti Matador glass bisa digunakan dalam pembelajaran daring. Matador Glass adalah kacamata pintar (smart glasses) yang melihat segala sesuatu di depan pengguna yang memakainya. Tayangan Matador Glass kemudian disiarkan secara real time melalui portal konferensi video atau situs streaming. Matador Glass juga mempermudah pekerjaan karena dapat dikontrol menggunakan perintah suara.

Sebagai perangkat wearable Matador Glass juga memiliki kemudahan saat digunakan. Pengguna masih dapat mengerjakan sesuatu dengan kedua tanggannya tetapi juga bisa langsung menyimak video langsung dari perangkatnya. Perangkat ini bisa digunakan dimanapun secara mobile, siswa dapat belajar dimanapun dan kapan saja selama didaerah tersebut masih tercakup area internet.

Matador Glass dapat membatu guru dan siswa bisa memperoleh pengalaman untuk belajar secara tatap muka walaupun belajar daring. Koneksi internet yang terdapat di Matador Glass terhubung dengan room video conference, mengajar akan lebih mengasyikkan saat daring karena guru bisa melihat siswa secara langsung. Selain itu saat praktikum terutama dalam masa pandemi guru dan murid tidak bertemu, matador glass dapat digunakan untuk memberi contoh kepada siswa tentang bagaimana melakukan kegiatan praktikum yang benar dan sesuai. Pembelajaran daring akan menyulitkan saat kegiatan praktikum, matador glass dalam hal ini sangat membantu sekali. Akan sangat berbahaya apabila kegiatan praktikum yang menggunakan barang berbahaya tidak dalam pengawasan oleh guru.

Fitur Augmented Reality juga dapat dimanfaatkan dengan Matador Glass. Dengan fitur AR belajar akan lebih menyenangkan karena kita seperti dapat melihat langsung ukuran objek sebenarnya. Seperti mengamati jaringan tubuh dengan AR dan juga mengamati objek dengan kemungkinan tak terbatas yang sebelumnya tak mungkin dapat dihadirkan dikelas.

Selain untuk belajar, salah satu kegiatan yang paling penting dalam pendidikan adalah evaluasi. Selama ini evaluasi dalam KBM daring masih belum maksimal. Banyak siswa yang dapat mencontek dengan Tanya teman atau mencari jawaban di google saat penilaian dilaksanakan secara online. Padahal dalam mendidik tidak hanya aspek kognitif saja yang perlu diperhatikan tetapi juga karakter peserta didik. Pendidikan karakter terutama karakter jujur ini dapat ditanamkan saat kegiatan penilaian. Dengan Perangkat Matador Glass guru dapat memantau aktivitas siswa dan apa yang dilakukan saat penilaian. Hal ini meminimalisir kemungkinan siswa bertindak tidak jujur saat penilaian.

Penggunaan Matador Glass untuk Kepegawaian

Matador tracker sangat membantu kalau dalam administrasi pendidikan. Di masa pembelajaran daring ini presensi manual sudah mulai ditinggalkan. Sekarang penggunaan presensi yang berbasis GPS sudah menjadi pilihan terutama di untuk presensi pegawai. Akan tetapi presensi yang ada masih terbatas di saat tertentu. Akibatnya kadang ada pegawai yang melakukan presensi pagi kemudian mangkir dan kembali lagi saat presensi sore. Matador Glass yang dilengkapi dengan sensor GPS secara realtime juga sangat membantu untuk mencegah pegawai mangkir saat jam kerja. Sehingga kinerja pegawai juga akan meningkat dan meminimalkan pegawai yang bolos saat masih jam kerja.


Belajar Materi Geografi ini juga

Related Posts