k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK
Bookmark

Persebaran Fauna di berbagai Wilayah Dunia



Di dunia ini terdapat berbagai jenis fauna. Fauna di dunia ini bermacam-macam jenisnya, fauna tersebar di berbagai belahan bumi. Fauna di belahan bumi satumemiliki ciri yang berbeda dengan fauna di belahan bumi lainnya. Ini tidak terlepas dari perkembangan tektonik lempeng dan kaitannya dengan evolusi yang dialami oleh fauna tersebut. Fauna akan beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Fauna yang tidak mampu untuk beradaptasi dengan lingkungan akan tersisih dan akhirnya punah. Berikut ini adalah berbagai fauna yang ada di Dunia:

Wilayah Neartik

Wilayah Neartik meliputi seluruh wilayah Amerika Utara dan selurh daerah Greenland. Amerika Utara bagian timur terdiri atas hutan gugur, Amerika Utara bagian tengah terdiri atas padang rumput, dan Amerika Utara bagian Utara terdiri atas Hutan Konifer yang luas. Hewan yang terdapat di wilayah Neartik antara lain antelop bertanduk cabang tiga, sejenis tupai dari Amerika Utara ( prairie dog ), kalkun, burung biru, salamander, bison dan karibao ( karibu ).



Wilayah Neotropik

Wilayah ini meliputi Meksiko bagian selatan sampai Amerika bagian selatan dan tengah. Diwilayah ini sebagian beriklim tropis dan di zonz selatan beriklim sedang. Hewan yang terdapat di wilayah ini antara lain : kukang, armadillo, alpaka, kelelawar pengisap darah, orang hutan, siamang, trenggiling, menjangan, sejenis babi, kuda, tapir ( yang berbeda dengan tapir Asia ) dan kera.



Wilayah Australis

Meliputi Australis, Selandia Baru, Irian, dan Malukuserta pulau-pulau disekitarnya. Hewan yang hidup di wilayah ini antara lain kangguru, trenggiling, cenderawasih, kasuari, kura-kura, burung penghisap madu dan burung emu.



Wilayah Oriental

Wilayah Oriental meliputi Benua Asia beserta pulau-pulau seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulewesi, Srilangka, dan Filipina.  Hewan spesifik di wilayah ini antara lain hariamu, gajah, gibon, orang utan, dan badak bercula satu.



Wilayah Paleartik

Wilayah Pleartik meliputi hampir seluruh daratn eurasia dan beberapa daerah tertentu, anatar lain Himalaya, Afganistan, Afrika Ingris dan Jepang. Hewan yang hidup antara lain bison, landak, kucing kutub, dan menjangan kutub



Wilayah Etiopian

Wilayah Etiopian meliputi seluruh daratan Benua Afrika, Madagaskar, dan daratan Arab bagian selatan. Dibagian utara terdapat Gurun Sahara yang merupakan padang pasir terluas di dunia. Hewan-hewan yang terdapat diwilayah ini antara lain Gorila, simpanse, antelop, burung unta, kuda nil, zebra, dan jerapah.



Posting Komentar

Posting Komentar