k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK

Arti dari Pancasila sebagai Lambang Negara Indonesia

Postingan kali ini membahas mengenai arti dari lambang negara Indonesia dan juga untuk penjelasan-penjelasan yang masih dianggap kurang pas dengan arti sebenarnya. Saya sebagai penulis mohon maaf dan mohon bantuan dari para sahabat untuk berkenan memberikan masukan terbaik bagi postingan blog ini.

 

pancasila


Gambar diatas merupakan bentuk daripada lambang negara Indonesia. Burung Garuda atau sering disebut Garuda Pancasila merupakan bentuk form asli yang melambangkan citra dari negara Indonesia. Burung garuda ini diambil dari cerita pewayangan khas budaya Indonesia. Namun pada postingan ini saya tidak akan membahas hal tersebut, karena saat ini saya hanya membahas arti/menjelaskan bagian-bagian dari lambang negara ini. Mari kita mulai :

Arti dari Pancasila sebagai Lambang Negara Indonesia

  1. Jumlah bulu pada tiap sayapnya sebanyak 17 helai, yang melambangkan tanggal kemerdekaan Republik Indonesia.
  2. Jumlah bulu ekornya sebanyak 8 helai, yang melambangkan bulan kemerdekaan Republik Indonesia.
  3. Jumlah bulu-bulu dibawah sebanyak 19 helai dan bulu-bulu dileher sebanyak 45 helai. Jika kita gabungkan maka menjadi tahun 1945 yakni tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Nah jika poin 1-3 kita gabungkan, maka menjadi tanggal, bulan dan tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah kita tahu. Proklamasi yang dikumandangkan oleh presiden pertama Republik Indonesia adalah pada 17 Agustus 1945 (17-08-1945).
  4. Pada leher burung garuda tergantung sebuah perisai dan terukir gambar-gambar yang melambangkan ideologi bangsa Indonesia, Pancasila.
  5. Gambar Bintang berwarna kuning emas, yaitu melambangkan sila pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa"
  6. Gambar Rantai Baja berwarna kuning emas, yaitu melambangkan sila kedua "Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab"
  7. Gambar Pohon Beringin berwarna hijau, yaitu melambangkan sila ketiga "Persatuan Indonesia"
  8. Gambar Kepala Banteng berwarna hitam, yaitu melambangkan sila keempat "Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan"
  9. Gambar Padi dan Kapas berwarna kuning emas dan putih, yaitu melambangkan sila kelima "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia"
  10. Garis melintang pada perisai dilukiskan lebih tebal, yang melambangkan bahwa negara Indonesia berada diantara garis khatulistiwa.
  11. Ruangan prisai ditengah-tengah berwarna merah dan putih kemudian putih dan merah. Itu melambangkan keberanian dan kesucian.
  12. Sedangkan warna hitam pada dasar bintang kuning emas melambangkan malam yang indah (mungkin, sahabat bisa cari tahu artinya).
  13. Kaki burung garuda mencengkram sebuah pita berwarna putih melengkung keatas. Pada pita tersebut bertuliskan 'Bhineka Tunggal Ika' yang berarti : Berbeda-beda tetapi satu jua. Maksudnya adalah Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai macam suku, kesenian, adat istiadat dan agama, tetapi kita merupakan satu bangsa dengan satu kebudayaan nasional dengan satu bahasa nasional.
  14. Semboyan tersebut diambil dari kitab sitasoma karangan Empu Tantular, seorang pujangga pada zaman kerajaan Majapahit.
  15. Pada akhirnya lambang burung Garuda Pancasila, ditetapkan sebagai lambang negara Indonesia.

Sekian coretan saya malam ini, semoga bermanfaat buat sahabat yang membacanya. Bantu kami juga dengan membagikan postingan ini kepada yang lainnya ya. Terima kasih atas kunjungannya


Belajar Materi Geografi ini juga

Related Posts