k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK
Bookmark

Potensi Minyak Bumi dan Bahan Galian Tambang di Pulau Jawa

Prospek Hidrokarbon di Cekungan Jawa

https://ngsuyasa.files.wordpress.com/2014/01/peta-cekungan-2012.png

Gambar Cekungan Hidrokarbon di Indonesia


Gambar Volume Minyak/Gas di Indonesia Berdasarkan Pemelajaran Sistem Hidrokarbon (Howes, 2000)


Minyak bumi sendiri merupakan salah satu sumber daya alam yang berperan penting dalam kemajuan suatu daerah, tidak hanya digunakan sebagai bahan bakar saja tetapi juga digunakan untuk industri sebagai pembangkit tenaga. Seiring berjalannya waktu, pemakaian minyak bumi mengalami peningkatan yang cukup tajam, sedangkan cadangan minyak bumi mengalami penurunan karena belum ditemukannya daerah dengan potensi hidrokarbon yang baru. Berikut berupakan cekungan penghasil hidrokarbon yang sudah proofen di Pulau Jawa.

Potensi Hidrokarbon di Cekungan Pati

Daerah tinggian terdapat di sebelah barat dan timur daerah ini yang merupakan daerah Tinggian Karimunjawa dan Tinggian Bawean. Kehadiran dua tinggian dengan umur Plistosen pada daerah ini memberikan gambaran bahwa teknotik pada saat itu memiliki potensi untuk merubah konfigurasi cekungan yang besar dan berumur lebih tua (Pra-Tersier) dan membentuk cekungan baru yang lebih kecil seperti Cekungan Pati. Kehadiran Tinggian Bawean menjadi bukti pembentukan Cekungan Pati yang terpisah dari Cekungan Utara Jawa Timur di bagian barat dibatasi oleh Tinggian Karimunjawa.

Karena adanya periode tektonik dan pola struktur Jawa dan Laut Jawa sejak Pra-Tersier sampai Pleistosen memberikan arah bagi kegiatan explorasi dan exploitasi hidrokarbon, terutama untuk mendapatkan struktur antiklin, pusat-pusat cekungan dan perangkap stratigrafi lainnya. Selain itu pemahaman terhadap tektonik jaman Pleistosen akan memerikan arahan interpretasi tentang batas dari cekungan.

Potensi Hidrokarbon di Cekungan Jawa Barat Utara

Secara umum, stratigrafi Cekungan Jawa Barat Utara terbagi menjadi delapan bagian, secara berturut-turut dari tua ke muda yaitu Formasi Jatibarang, Formasi Talang Akar, Formasi Baturaja, Formasi Cibulakan Atas, Formasi Parigi, dan Formasi Cisubuh, dan Endapan Kuarter.

Batuan yang menjadi reservoir daerah ini umumnya batupasir dari Formasi Ekuivalen Talangakar dan Formasi Cibulakan, selain itu batugamping dari Formasi Ekuivalen Baturaja dan Parigi juga berpotensi akan hidrokarbonnya. Kawasan daratan dengan penyusun batuan tuffa volkanik dan breksi Formasi Jatibarang juga memiliki potensi. Sub-Cekungan Jatibarang terletak dibagian tenggara dari Cekungan Jawa Barat Utara dan merupakan salah satu cekungan berumur Tersier.

Sub-Cekungan sendiri merupakan salah satu bagian yang memiliki potensi terbesar akan hidrokarbonnya di Indonesia.


Gambar Peta Hidrokarbon di Cekungan Jawa Barat Utara

 

Potensi Hidrokarbon di Cekungan Jawa Timur

Jawa Timur sendiri terbukti berpotensi untuk produksi hidrokarbon khususnya minyak. Sejak akhir abad ke – 18, Jawa Timur telah memproduksi minyak pada daerah Cepu, Bojonegoro, dan Surabaya. Daerah tersebut masih menjadi daerah penghasil migas. Terdapat juga produksi gas yang bertambang di daerah lepas pantai sebelah timur Jawa Timur. Beberapa lapangan migas baru atau penemuan lama yang berpotensi akan dikembangkan sehingga untuk kedepannya akan menambah produksi migas di Jawa Timur. Hingga saat ini, terdapat kurang lebih sekitar 62 titik lapangan migas di Jawa Timur.

Salah satu yang unik dan hanya berkembang di Jawa Timur adalah penemuan gas di reservoir berupa batugamping fosilan (Globigerina) yang porositasnya sangat tinggi dan produktif menghasilkan migas. Reservoir ini merupakan potensi yang besar dan tersebar sepanjang Cepu, Selat Madura, hingga sebelah utara Bali.

Selain itu, Jawa Timur juga memiliki salah satu dari dua reservoir termuda di Indonesia, yaitu reservoir dengan batuan batupasir Pleistosen volkaniklastin Wunut yang berasal dari endapan jalur volkanik di selatan Cekungan Jawa Timur. Pesebaran dari reservoir inipun cukup luas.

http://blog.ub.ac.id/ryanthidayatnoor/files/2012/03/New-Picture-7.png

Gambar Stratigrafi Cekungan Jawa Timur


Prospek Bahan Galian Pulau Jawa

Tidak hanya potensi hidrokarbon, Pulau Jawa juga memiliki keanekaragaman mineral ekonomis yang tersebar di penjuru daerahnya. Hal ini berkaitan dengan tatanan tektonik yang membentuk Pulau Jawa sehingga memiliki potensi Sumber Daya Alam yang melimpah ruah.

Gambar  Peta Sebaran Bahan Galian Indonesia, di detailkan Pulau Jawa


Jawa Barat

Kehadiran mineral – mineral ekonomis sendiri cukup melimpah di Jawa Barat. Dengan Sumber Daya Alam yang melimpah membuat Jawa Barat menjadi salah satu daerah dengan potensi bahan galian yang bervalue.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfKGNm0tkqTFqNobzAHp4EFdthd3Xqz05d1tf6kCePUbMslxcOTeAYkezOgSTJPggR1yb2DQcw5kW7biB6zzEs0t35VAYYbwwAHXGPu7kZ15NktSAaw2PTVXvCpd5Qm2p2Gw_LmYPobqnG/s1600/sebaran+tamb.jpg

Gambar  Peta Potensi Bahan Tambang Jawa Barat

 

Potensi bahan galian di Jawa Barat, terutama sumber daya mineral industry dan mineral kontruksi sangat bervariasi, baik dalam hal kualitas, kuantitas, sebaran, dan penggunaannya. Tidak kurang dai 40 jenis tambang tersebar merata di seluruh kabupaten di Jawa Barat, seperti mineral logam mulis (Au, Ag), logam dasar (Cu, Pb, Zn), logam mangan (Mn), serta mineral non logam seperti pasir besi, zeolite, gamping, dst.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhwgP3CHuddrA02WGQ8UKGQPCHSPBYRN1uOHf73kHXRLx79sOoSS9Sb9G9lS1q1tTl2qApGgu4cDmcXbP2XFl-zgeDNEzxQ__bt1jw_vB52pgPrjBgCiagVdaH5MWUWR_J80EfVY7-Fiaez/s1600/kom2.JPG

Gambar Tabel Potensi Tambang Jawa Barat ESDM


 

Gambar Contoh Potensi Tambang Jawa Barat (Google)


Jawa Tengah

Tidak kalah dengan Jawa Barat, Jawa Tengah-pun memiliki potensi bahan galian yang banyak dan tersebar di kabupaten yang berada di daerahnya.


Gambar Potensi Mineral Tambang Jawa Tengah

 

Berikut pesebaran mineral ekonomis yang terdapat pada Jawa Tengah,

  • Batubara
  • Unsur logam 7 jenis (Pasir besi, Mangan, Emas, Barit, Belerang, Pirit, Galena)
  • Unsur bukan logam dan batuan 32 jenis (Phospat, Asbes, Mika, Leusit, Oker, Granit, Dasit, Diorit, Batu setengah permata, Pasir kuarsa, Kaolin, Feldspar, Gips, Bentonit, Batuapung, Trass, Diatom, Marmer, Batugamping, Dolomit, Basal, Andesit, Tanah liat, Pasir, Tanah urug, Andesit, Kalsit, Zeolit, Sirtu, Batu sabak, Toseki.

 

 

Jawa Timur


Gambar Tabel Potensi Tambang Jawa Timur dari ESDM


Potensi hasil tambang di Jawa Timur cukup menjanjikan. Di daerah ini memiliki beberapa tambang dan galian seperti batubara, kaolin, marmer, timah hitam, hasil mangan, tembaga, emas, perak, belerang, dan yodimum.

Adapun sumber daya tambang di Jawa Timur yang sudah dan belum dieksploitasi:

  1. Sudah dieksploitasi
  2. Emas logam mulia di Janglot, Dawuhan, Tegalrejo, Batu Ulu.
  3. Bijih Besi
  4. Seng
  5. Titan di Pantai Selat Kediri
  6. Pospat di Pacitan
  7. Dolomit di Tuban, Gresik, Madura
  8. Garam Batu di Madura
  9. Batu Pualam
  10. Belerang, dst.
  11. Belum dieksploitasi
  12. Pertambangan pasir besi di Lumajang
  13. Lautan dan perikanan di garis pantai Madura, dst.
Posting Komentar

Posting Komentar