k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK
Bookmark

Awal Terbentuknya Keragaman Permukaan Bumi

Keragaman bentuk permukaan bumi disebabkan oleh dua kekuatan yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen kedua tenaga ini menghasilkan rupa muka bumi yang beraneka ragam baik di daratan maupun dasar laut.

Pergerakan Lempeng
Pergerakan lempeng

Tenaga Endogen

Tenaga endogen adalah tenaga pengubah muka bumi yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen ada yang mempunyai sifat membangun dan ada yang mempunyai sifat merusak, tetapi secara umum tenaga endogen bersifat membangun. Tenaga endogen bersumber dari magma yang bersifat membangun ( konstruktif ). Tenaga endogen merupakan kekuatan yang mendorong terjadinya pergerakan kerak bumi,pergerakan ini disebut diastropisme. Kerak bumi terdiri atas dua macam yakni kerak benua dan kerak samudera. Kerak benua anatara lain Kerak benua Eropa dan Asia ata disebut Eurasia, Kerak Benua Afrika, Kerak Benua Amerika Utara dan Kerak Benua Amerika Selatan. Kerak Samudera antara lain Kerak Samudera Hindia, Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik.

Hasil dari pergeseran kerak bumi akan menjadikan permukaan bumi menjadi cembung seperti adanya pegunungan berapi dan menjadikan permukaan bumi cekung seperti adanya laut dan danau, sedangkan danau terbentuk akibat adanya tenaga endogen

Erosi di jalan akibat tenaga eksogen

Tenaga Eksogen

Tenaga eksogen adalah tenaga pengubah muka bumi yang berasal dari luar bumi. Tenaga eksogen dapat merubah bentuk permukaan bumi menjadi berlubang, berbukit dan bentuk lainnya. Tenaga eksogen bersifat merusak yaitu dapat menyebabkan terjadinya kikisan atau erosi, pelapukan dan pengangkutan material. Tenaga eksogen merupakan tenaga yang bersifat merusak kulit bumi. Faktor yang mempengaruhi adalah air, angin, makhluk hidup, sinar matahari dan gletser.

Posting Komentar

Posting Komentar