k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK
Bookmark

Bentuk Muka Bumi Dari Tenaga Endogen ( Proses Vulkanisme )

Vulkanisme adalah segala kegiatan magma dari lapisan dalam litosfera yang bergerak ke lapisan yang lebih atau keluar ke permukaan bumi. 

Macam-macam pergerakan magma

Pergerakan magma dibedakan sebagai berikut :

Intrusi magma

Intrusi magma adalah aktivitas magma di dalam lapisan litosfera, memotong atau menyisip litosfer dan tidak mencapai permukaan bumi.

Ekstrusi magma

Ekstrusi magma adalah magma yang keluar melalui sebuah saluran magma dan membentuk gunung-gunung , dari ektrusi magma ini akan melahirkan gunung api.

Berikut ini gambar yang menggambarkan proses vulkanisme

letusan gunung api


Hasil dari proses vulkanisme

Hasil dari proses vulkanisme antara lain :

Gunung

Gunung adalah bagian permukaan bumi yang bumi yang berbentuk kerucut yang berdiri sendiri dan terdiri atas satu puncak tertinggi yang dibatasi oleh lereng.Gunung terbentuk oleh adanya gerakan magma atau ekstruksi magma dalam bumi dari kantung magma sampai ke lapisan bumi. Ekstruksi magma tersebut melahirkan gunung api. Jenis dari gunung api antara lain



Sumber air panas ( air thermal ) dan air mineral

Jenis air ini banyak dimanfaatkan sebagai sumber air mineral yang dikonsumsi dalam bentuk kemasan. Mata air yang terkenal adalah mata air panas Baturaden di Purwokerto

Sumber gas ( ekshalasi )

sumber gas dapat keluar dalam bentuk sebagai berikut Sulfatar atau sumber gas belerang, Fumarol atau sumber gas uap air, Mofet atau sumber gas asam arang.

Mata air geyser

merupakan mata air tanah yang memancar sewaktu-waktu dalam celah batuan atau bekas kantong magma akibat dorongan gas dari dalam.

Contoh Geyser


Posting Komentar

Posting Komentar