k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK
Bookmark

Profil Negara Austria


Austria adalah sebuah negara Republik Federal yang terletak di Benua Eropa, tepatnya di Eropa Tengah. Negara yang terkurung daratan ini berbatasan dengan Slowakia dan Ceko di sebelah timurnya, Swiss dan Liechtenstein di sebelah baratnya. Sedangkan di sebelah Utara Austria berbatasan dengan Jerman dan Ceko, Austria juga berbatasan dengan Italia dan Slovenia disebelah selatannya. Secara Astronomis, Austria berada diantara 46°-49°LU, and 9°-18°BT

Sejarah

Austria memproklamasikan negaranya menjadi sebuah negara Republik pada tahun 1918. Namun pada tahun 1934, Austria menjadi negara sistem diktator oleh Engelbert Dollfuss. Tahun 1918 kemudian diperingati sebagai hari kemerdekaannya. Austria diduduki oleh rezim Nazi pada tahun 1938 hingga kekalahan Jerman pada Perang Dunia ke-2. Setelah Perang Dunia ke-2 tersebut, administrasi Austria diambil alih oleh pihak sekutu hingga pada tahun 1955 Austria diberikan kemerdekaan dengan syarat untuk tetap netral dan tidak memihak ke kekuatan Barat. Austria mulai aktif dan semakin dekat dengan Eropa setelah jatuhnya komunisme Eropa pada tahun 1989. Austria bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 1995 dan secara resmi menggunakan mata uang Euro pada tahun 1999

Geografi

Luas wilayah Austria adalah sebesar 83.871 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 8.884.864 jiwa. Mayoritas penduduk Austria adalah etnis Austria (sekitar 91,1%) dan sebagian besarnya memeluk agama Katolik yaitu sebanyak 73,8%. Bahasa resmi Austria adalah Bahasa Jerman. Sistem Pemerintahan yang dianut oleh Austria adalah Republik Federal Parlementer. Dengan sistem pemerintahan ini, Kepala Negara Austria adalah Presiden yang dipilih melalui pemilihan umum langsung setiap 6 tahun. Sedangkan kepala pemerintahannya adalah Kanselir yang setingkat dengan Perdana Menteri. Kanselir Austria ditunjuk oleh Presiden, namun penunjukan tersebut pada dasarnya ditentukan oleh koalisi partai terbesar di Majelis Federal Austria. Ibukota Austria adalah Wina (Vienna)

Ekonomi

Di bidang perekonomian, Austria adalah negara maju yang pendapatan perkapitanya tinggi yaitu sekitar US$47.700,-. Austria memiliki tenaga kerja yang terlatih dengan baik dan mempunyai tingkat standar hidup yang tinggi. Pendapatan Domestik Bruto Austria adalah sebesar US$417,1 miliar. Tulang punggung perekonomian Austria adalah adalah sektor Konstruksi, Mesin, Otomotif dan komponen-komponennya, baja, makanan, kertas, peralatan komunikasi dan pariwisata. Di hubungan luar negeri, Austria adalah negara negara Uni Eropa dan juga negara anggota PBB serta lembaga-lembaga internasional yang berada di bawah PBB.

Austria memiliki sembilan negara bagian (Bundesländer) yaitu: Burgenland, Carinthia (Kärnten), Lower Austria (Niederösterreich), Upper Austria (Oberösterreich), Salzburg, Styria (Steiermark), Tyrol (Tirol), Vorarlberg dan Wina (Wien). Setiap negara bagian memiliki pemerintahan sendiri yang dipimpin oleh gubernur (Landeshauptmann) dan parlemen (Landtag). Negara bagian juga memiliki hak otonomi dalam bidang-bidang tertentu seperti pendidikan, kesehatan, perencanaan wilayah dan budaya.


Austria memiliki iklim benua dengan empat musim yang berbeda: musim semi (Maret-Mei), musim panas (Juni-Agustus), musim gugur (September-November) dan musim dingin (Desember-Februari). Suhu rata-rata di Austria berkisar antara 0°C hingga 20°C, tergantung pada ketinggian dan lokasi. Austria memiliki banyak pegunungan, sungai, danau dan hutan yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan beragam. Beberapa tempat wisata terkenal di Austria adalah Istana Schönbrunn, Katedral Santo Stefanus, Museum Seni Rupa, Taman Nasional Hohe Tauern, Danau Hallstatt, Kastil Hochosterwitz dan Kota Lama Salzburg.

Demikian artikel profil lengkap negara Austria yang saya buat. Semoga bermanfaat

Posting Komentar

Posting Komentar