k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK
Bookmark

Profil Negara Azerbaijan


Azerbaijan adalah sebuah negara yang terletak di wilayah Kaukasus, di perbatasan antara Asia dan Eropa.

Nama dan Bendera

 - Nama resmi: Republik Azerbaijan

 - Nama lokal: Azərbaycan Respublikası

 - Nama pendek: Azerbaijan

 - Nama lokal pendek: Azərbaycan

 - Kode ISO: AZ, AZE, 031

 - Bendera: Bendera Azerbaijan memiliki tiga warna horizontal, yaitu biru, merah, dan hijau. Di tengah warna merah terdapat bulan sabit putih dan bintang berujung delapan yang disebut Rub el Hizb.

Bendera Azerbaijan

Lambang dan Lagu Kebangsaan

 - Lambang: Lambang Azerbaijan berbentuk perisai dengan latar belakang warna merah. Di tengah perisai terdapat api yang melambangkan nama Azerbaijan yang berarti "tanah api". Di atas perisai terdapat bintang berujung delapan yang sama dengan yang ada di bendera. Di bawah perisai terdapat pita dengan warna bendera dan tulisan "Azerbaijan" dalam bahasa Azeri.

 - Lagu kebangsaan: Lagu kebangsaan Azerbaijan berjudul "Azərbaycan marşı" yang berarti "Mars Azerbaijan". Lagu ini diadopsi pada tahun 1992 dan menggantikan lagu kebangsaan Soviet sebelumnya. Lirik lagu ini ditulis oleh Ahmad Javad dan musiknya dikarang oleh Uzeyir Hajibeyov.


Pemerintahan dan Politik

 - Bentuk pemerintahan: Republik presidensial

 - Sistem pemerintahan: Presidensial

 - Kepala negara: Presiden (Ilham Aliyev)

 - Kepala pemerintahan: Perdana Menteri (Ali Asadov)

 - Badan legislatif: Majelis Nasional (Milli Məclis) yang bersifat unikameral dan memiliki 125 anggota yang dipilih melalui pemilihan umum.

 - Partai politik utama: Partai Baru Azerbaijan (YAP), Partai Kesatuan Rakyat Seluruh Azerbaijan (AXCP), Partai Front Rakyat Azerbaijan (AXCP), Partai Musavat, Partai Demokratik Azerbaijan (ADP), dll.

 - Anggota organisasi internasional: PBB, OKI, OSCE, CEI, GUAM, ECO, BSEC, TURKSOY, dll.

Ekonomi dan Sumber Daya

 - Mata uang: Manat Azerbaijan (AZN)

 - PDB nominal (2020): $47,6 miliar

 - PDB per kapita nominal (2020): $4.786

 - Pertumbuhan ekonomi (2020): -4,3%

 - Indeks Pembangunan Manusia (2020): 0,756 (tinggi, peringkat 87 dari 189 negara)

 - Sektor ekonomi utama: Minyak dan gas, pertanian, industri, jasa, pariwisata

 - Produk ekspor utama: Minyak mentah, gas alam, produk minyak bumi, buah-buahan dan sayuran, kapas, aluminium

 - Mitra dagang utama: Italia, Turki, Rusia, Jerman, Prancis, Israel, China, dll.

Demografi dan Budaya

  •  Populasi (2020): 10.139.177 jiwa
  •  Kepadatan penduduk (2020): 117 jiwa/km2
  •  Pertumbuhan penduduk (2020): 0,91%
  •  Harapan hidup (2020): 72,9 tahun
  •  Tingkat melek huruf (2018): 99,8%
  •  Komposisi etnis (2009): Azerbaijan 91,6%, Lezgin 2%, Rusia 1,3%, Armenia 1,3%, Talysh 1,3%, lainnya 2,5%.
  •  Bahasa resmi: Azeri
  •  Bahasa lain: Rusia, Armenia, Lezgin, Talysh, dll.
  •  Agama mayoritas: Islam (96,9%, terutama Syiah)
  •  Agama minoritas: Kristen (3%, terutama Ortodoks Rusia), Yahudi (0,1%), dll.
  •  Warisan budaya: Azerbaijan memiliki warisan budaya yang kaya dan beragam, yang dipengaruhi oleh berbagai peradaban yang pernah hadir di wilayahnya. Beberapa contoh warisan budaya Azerbaijan adalah:
  •  Musik mugham, sebuah genre musik tradisional yang melibatkan improvisasi vokal dan instrumental dengan menggunakan alat musik seperti tar (lute), kamancha (rebab), dan daf (gendang).
  •  Tari tradisional Azerbaijan, yang mencerminkan kehidupan sosial dan budaya masyarakat Azerbaijan. Beberapa contoh tari tradisional Azerbaijan adalah Yalli (tari lingkaran), Lezginka (tari pegunungan), Vagzali (tari kereta api), dll.
  • Sastra Azerbaijan, yang memiliki sejarah panjang dan beragam. Beberapa penulis terkenal Azerbaijan adalah Nizami Ganjavi (penyair abad ke-12 yang dikenal dengan karyanya Khamsa), Fuzuli (penyair abad ke-16 yang dikenal dengan karyanya Leyla dan Majnun), Samad Vurgun (penyair abad ke-20 yang dikenal dengan karyanya Khanlar), dll.

  • Seni rupa Azerbaijan, yang mencakup berbagai bentuk ekspresi seni seperti lukisan, kaligrafi, keramik, karpet, dll. Beberapa seniman terkenal Azerbaijan adalah Sattar Bahlulzade (pelukis abad ke-20 yang dikenal dengan lukisan-lukisan alamnya), Tahir Salahov (pelukis abad ke-20 yang dikenal dengan gaya realisme sosialisnya), Rashid Behbudov (penyanyi abad ke-20 yang dikenal dengan lagu-lagu mughamnya), dll.

Sejarah 

Sejarah Azerbaijan dipengaruhi oleh berbagai bangsa dan peradaban yang pernah menguasai atau mempengaruhi wilayahnya, seperti Albania Kaukasia, Persia, Yunani, Romawi, Armenia, Arab, Turki, Mongol, dan Rusia.

Zaman Prasejarah

Penduduk asli daerah yang kini dikenal sebagai Azerbaijan adalah bangsa Albania Kaukasia, bangsa penutur bahasa-bahasa Kaukasus yang muncul di daerah ini sebelum rombongan besar orang yang akhirnya menyerang Kaukasus. Bangsa ini mendirikan kerajaan pertama di wilayah ini, yaitu Mannae pada abad ke-9 SM, yang kemudian menjadi bagian dari Kekaisaran Media dan Kekaisaran Persia.

Zaman Klasik

Pada abad ke-4 SM, wilayah Azerbaijan dibagi menjadi dua satrapi (provinsi) Persia, yaitu Atropatene dan Albania Kaukasia. Nama Azerbaijan berasal dari nama Atropatene, yang berarti "tanah api" dalam bahasa Persia kuno. Albania Kaukasia bukanlah Albania modern di Eropa, melainkan sebuah kerajaan yang mencakup sebagian besar wilayah Azerbaijan dan Dagestan saat ini.

Wilayah Azerbaijan kemudian dikuasai oleh berbagai kekaisaran besar, seperti Aleksander Agung, Seleukus, Parthia, Romawi, Sassaniyah, dan Bizantium. Pada abad ke-3 Masehi, agama Kristen mulai tersebar di wilayah ini melalui pengaruh Armenia dan Georgia.

Zaman Pertengahan

Pada abad ke-7 Masehi, wilayah Azerbaijan ditaklukkan oleh Muslim Arab yang membawa agama Islam ke daerah ini. Khalifah menjadikan Albania Kaukasia sebagai negara vasal setelah perlawanan Kristen dipimpin oleh Pangeran Javanshir. Antara abad ke-9 dan ke-10 Masehi, penulis Arab mulai menyebut wilayah antara sungai Kura dan Aras sebagai Arran.

Pada abad ke-11 Masehi, Turki Seljuk yang menaklukkan menjadi kekuatan dominan di Azerbaijan dan meletakkan dasar etnis Azerbaijan masa kini. Pada abad ke-13 – 14 Masehi, negeri ini diserang bangsa Mongol - Tatar.

Pada abad ke-15 – 18 Masehi, Azerbaijan menjadi bagian dari Kesultanan Persia Safawiyah yang didirikan oleh Ismail I dari Ardabil. Dinasti Safawiyah merupakan dinasti pertama yang menjadikan Syiah sebagai agama resmi negara. Pada masa ini juga terjadi persaingan antara Persia dan Kesultanan Utsmaniyah untuk menguasai wilayah Azerbaijan.

Zaman Modern Awal

Pada abad ke-19 Masehi, wilayah Azerbaijan direbut oleh Kekaisaran Rusia melalui Perjanjian Gulistan (1813) dan Perjanjian Turkmenchay (1828) setelah Perang Persia-Rusia melawan Kesultanan Persia Qajar. Banyak orang Azerbaijan yang bermigrasi ke Iran selatan akibat perjanjian-perjanjian tersebut.

Pada tahun 1918 Masehi, setelah Revolusi Rusia dan runtuhnya Kekaisaran Rusia, Azerbaijan mendeklarasikan kemerdekaannya sebagai Republik Demokratik Azerbaijan (RDA), negara demokrasi sekuler pertama di dunia Muslim. Namun, kemerdekaan ini tidak bertahan lama karena pada tahun 1920 Masehi, Azerbaijan diduduki oleh Tentara Merah Soviet dan dibentuklah Republik Sosialis Soviet Azerbaijan (RSSA) sebagai bagian dari Uni Soviet.

Zaman Kontemporer

Pada tahun 1991 Masehi, setelah runtuhnya Uni Soviet, Azerbaijan kembali merdeklarasikan kemerdekaannya sebagai Republik Azerbaijan. Namun, negara ini menghadapi konflik dengan Armenia dan etnis Armenia di wilayah Nagorno-Karabakh, sebuah wilayah yang secara de jure merupakan bagian dari Azerbaijan tetapi secara de facto dikuasai oleh Republik Artsakh yang didukung oleh Armenia. Perang Nagorno-Karabakh berlangsung dari tahun 1988 hingga 1994 Masehi, dan mengakibatkan ribuan korban jiwa dan pengungsi dari kedua belah pihak.

Pada tahun 2020 Masehi, konflik Nagorno-Karabakh kembali meletus antara Azerbaijan dan Armenia, yang berakhir dengan perjanjian gencatan senjata yang ditengahi oleh Rusia pada November 2020 Masehi. Perjanjian ini mengakui kemenangan militer Azerbaijan dan menyerahkan sebagian besar wilayah Nagorno-Karabakh dan sekitarnya kepada Azerbaijan.

Geografi Azerbaijan

Azerbaijan terletak di wilayah Eurasia Kaukasus. Tiga fitur fisik mendominasi Azerbaijan: laut Kaspia, pegunungan Kaukasus Besar dan dataran rendah di pusat negara. Sekitar ukuran Portugal atau negara Maine, Azerbaijan memiliki luas sekitar 86.600 kilometer persegi, kurang dari 1% wilayah bekas Uni Soviet. Azerbaijan merupakan negara terluas di antara tiga negara Transkaukasus lainnya (Georgia dan Armenia).

 - Letak geografis: Azerbaijan terletak di wilayah Eurasia Kaukasus. Tiga fitur fisik mendominasi Azerbaijan: laut Kaspia, pegunungan Kaukasus Besar dan dataran rendah di pusat negara.

 - Luas wilayah: Sekitar 86.600 kilometer persegi, kurang dari 1% wilayah bekas Uni Soviet.

 - Batas-batas negara: Utara: Rusia, Selatan: Iran, Barat: Armenia, Georgia, dan Turki, Timur: Laut Kaspia.

 - Garis pantai: 800 km dengan 456 km garis pantai di Laut Kaspia.

 - Titik tertinggi: Gunung Bazarduzu (4.466 meter).

 - Titik terendah: Laut Kaspia (-28 meter).

 - Iklim: Bervariasi dari subtropis di dataran rendah hingga alpine di pegunungan. Musim panas biasanya panas dan kering, sementara musim dingin biasanya dingin dan basah.

Landskap

Landskap Azerbaijan dapat dibagi menjadi lima zona utama: dataran rendah Kura-Aras, pegunungan Kaukasus Besar, pegunungan Kaukasus Kecil, dataran tinggi Karabakh, dan dataran rendah Lankaran. Berikut adalah tabel yang menjelaskan masing-masing zona tersebut:


Zona Luas Deskripsi
Dataran rendah Kura-Aras 40.000 km2 Zona ini mencakup sekitar separuh wilayah Azerbaijan dan merupakan daerah pertanian utama. Sungai Kura dan Aras mengalir di zona ini dan bermuara di laut Kaspia. Iklimnya semi-arid dengan musim panas yang panas dan musim dingin yang dingin.
Pegunungan Kaukasus Besar 11.000 km2 Zona ini membentang di sepanjang perbatasan utara Azerbaijan dengan Rusia dan Georgia. Pegunungan ini memiliki ketinggian rata-rata 3.000 meter dan puncak tertingginya adalah Gunung Bazarduzu (4.466 meter). Iklimnya bervariasi dari subtropis di lembah-lembah hingga alpine di puncak-puncak. Zona ini kaya akan sumber daya mineral seperti minyak bumi, gas alam, emas, dan tembaga.
Pegunungan Kaukasus Kecil 7.000 km2 Zona ini terletak di barat daya Azerbaijan dan berbatasan dengan Armenia dan Turki. Pegunungan ini memiliki ketinggian rata-rata 1.000 meter dan puncak tertingginya adalah Gunung Kaputjugh (3.904 meter). Iklimnya kontinental dengan musim panas yang panas dan kering dan musim dingin yang dingin dan bersalju. Zona ini merupakan daerah pertempuran utama dalam konflik Nagorno-Karabakh.
Dataran tinggi Karabakh 19.000 km2 Zona ini terletak di tengah-tengah pegunungan Kaukasus Kecil dan mencakup wilayah Nagorno-Karabakh dan sekitarnya. Zona ini memiliki ketinggian rata-rata 1.100 meter dan puncak tertingginya adalah Gunung Gyamysh (3.724 meter). Iklimnya kontinental dengan musim panas yang hangat dan musim dingin yang dingin. Zona ini merupakan daerah bersejarah bagi orang Armenia dan Azerbaijan, serta sumber konflik antara
Posting Komentar

Posting Komentar