k9fNfc9la6TpAxgmQLSGLRtfzYBM7Q8ABHwNMyzK
Bookmark

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Faktor Penyebabnya

Pendahuluan



Indonesia, dengan iklim tropisnya, dikenal memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat tinggi¹. Diperkirakan, sekitar 10% atau lebih dari 25.000 jenis flora yang ada di dunia terdapat di Indonesia¹. Sedangkan jenis fauna di Indonesia mencapai lebih dari 200.000 jenis, meliputi mamalia, burung, reptil, hingga serangga¹.

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Persebaran flora dan fauna di Indonesia dapat dibagi menjadi tiga wilayah besar: bagian barat (Asiatis), bagian tengah (Peralihan), dan bagian timur (Australis)²⁴.

Bagian Barat (Asiatis)

Bagian barat mencakup pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan². Flora di wilayah ini umumnya berjenis seperti karet, kapur barus (kamper), kemenyan, meranti, dan mahoni².

Bagian Tengah (Peralihan)

Bagian tengah atau peralihan disebut sebagai zona Wallace dengan ciri flora dan fauna yang berbeda dengan bagian barat dan timur².

Bagian Timur (Australis)

Bagian timur memiliki kemiripan dengan flora dan fauna yang ada di Australia².

Faktor Penyebab Persebaran Flora dan Fauna

Ada empat faktor utama yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di Indonesia: iklim, edafik (kondisi tanah), biotik (interaksi antar organisme), dan fisiografi (kondisi geografis)¹⁶⁸.

Faktor Iklim

Iklim mempengaruhi persebaran flora dan fauna melalui suhu udara, kelembapan, angin, dan curah hujan¹⁶. Misalnya, kawasan dengan suhu non-ekstrem umumnya layak menjadi tempat hidup banyak jenis spesies flora dan fauna¹.

Faktor Edafik

Unsur-unsur kimia tanah diperlukan bagi pertumbuhan flora. Kesuburan tanah berlainan di satu tempat dengan tempat lain. Inilah yang membuat jenis dan keanekaragaman flora berlainan di berbagai wilayah⁶.

Faktor Biotik

Interaksi antar organisme juga mempengaruhi persebaran flora dan fauna. Misalnya, predator dan mangsa, parasit dan inang, serta kompetisi antarspesies.

Faktor Fisiografi

Kondisi geografis mempengaruhi persebaran flora dan fauna melalui topografi dan posisi geografis⁷.

Kesimpulan

Persebaran flora dan fauna di Indonesia sangat beragam. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti iklim, kondisi tanah, interaksi antar organisme, serta kondisi geografis. Dengan memahami faktor-faktor ini, kita dapat lebih menghargai kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia.


Sumber:

(1) Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia: Faktor & Jenis-Jenisnya - Tirto.ID. https://tirto.id/persebaran-flora-dan-fauna-di-indonesia-faktor-jenis-jenisnya-gaKR.

(2) Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia, Pembagian Wilayah dan Jenis .... https://regional.kompas.com/read/2022/01/25/102500778/persebaran-flora-dan-fauna-di-indonesia-pembagian-wilayah-dan-jenis.

(3) Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Beserta Ciri-cirinya - Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2022/08/27/130000769/persebaran-flora-dan-fauna-di-indonesia-beserta-ciri-cirinya.

(4) Faktor yang Memengaruhi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia - Tirto.ID. https://tirto.id/faktor-yang-memengaruhi-persebaran-flora-dan-fauna-di-indonesia-giqZ.

(5) Faktor dan Zona Persebaran Flora & Fauna di Indonesia - Ruangguru. https://www.ruangguru.com/blog/persebaran-flora-dan-fauna-di-indonesia.

(6) Jelaskan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Persebaran Flora Dan Fauna .... https://gooddoctor.id/pendidikan/jelaskan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-persebaran-flora-dan-fauna.

(7) Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia - Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/06/174500569/persebaran-flora-dan-fauna-di-indonesia.

(8) Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia - Katadata.co.id. https://katadata.co.id/safrezi/berita/61cc2ed801659/persebaran-flora-dan-fauna-di-indonesia/.

Posting Komentar

Posting Komentar